Tren Tekstil yang Mempengaruhi Dunia Fashion

Para pengusaha bidang tekstil harus lebih dekat, terbuka dan mampu menjawab kebutuhan dunia fashion Indonesia yang kini sedang marak dan berkembang pesat.

Tren Tekstil yang Mempengaruhi Dunia Fashion

Tren fashion, yang sering kita lihat di majalah-majalah dan referensi fashion utama, selalu berganti seiring musim mode, yang mengacu pada kota-kota pusat fashion dunia. Tren tersebut, selain tentu saja secara garis besar dipengaruhi oleh pergantian musim (semi-panas dan gugur-dingin), bisa kita lihat pada panggung fashion week dunia, sehingga banyak orang menganggap bahwa desainer-lah penentu utama tren fashion dunia. 

Padahal, apa yang kita lihat sebagai lanskap fashion ini, berhulu pada bahan baku utama industri ini, yaitu tekstil. Para pemain industri tekstil lah yang menjadi penentu utama, apa yang akan diluncurkan oleh industri fashion ke pasar. 

Di Indonesia, industri  tekstil dalam negeri secara umum masih belum berperan signifikan terhadap kemajuan fashion lokal, karena banyak hal. Bahkan, industri tekstil Indonesia dianggap memasuki masa antiklimaks, karena tidak dapat berkompetisi dengan serbuan tekstil impor. 

Padahal, di sebelahnya -yang sangat dekat- industri fashion Indonesia sedang menunjukkan gairah dan peningkatan yang signifikan, bahkan fashion menjadi salah satu sektor unggulan di bidang ekonomi kreatif yang berpotensi menjadi penyumbang PDB utama bagi Indonesia. 


Masih kurang sinkronnya antara fashion dengan tekstil, disebabkan kebijakan 'konvensional' dari banyak pelaku industri tekstil di Indonesia yang hanya melayani konsumen besar, atau menggarap pasar ekspor. Padahal, industri fashion Indonesia masih didominasi oleh pelaku UKM dan para desainer yang skala produksinya masih terbatas. 

Kesulitan yang dihadapi oleh industri fashion lokal antara lain akses yang terbatas untuk mendapatkan bahan-bahan tekstil berkualitas, jumlah minimum order yang besar dan keterbatasan pilihan tekstil untuk mengacu pada tren internasional. 


Hal inilah yang hendak dijawab oleh PT. Lucky Print Abadi (Lucky Tex), dengan misinya untuk mendukung sepenuhnya industri fashion Indonesia. PT. Lucky Print Abadi yang tergabung di Lucky Textile Group melihat sebuah potensi kebangkitan di balik belum adanya sinergi yang berkesenimbungan antara pelaku industri fashion dengan pelaku industri tekstil. Inovasi demi inovasi dilakukan untuk menghadirkan material kain yang berkualitas, untuk dunia fashion dan tekstil. 

Perusahaan ini juga mendirikan Lucky Design Studio,satu divisi yang terdiri dari para designer kreatif yang setia mengikuti perkembangan tren tekstil dan fashion baik dari Asia, Eropa maupun Amerika. Kini Lucky Design Studio setiap tahunnya mengeluarkan 2 kali Trend Fabric Forecast (Spring Summer dan Fall Winter), yaitu arahan tren dari hasil riset online, event Trend Fashion Exhibition maupun market survey, yang digunakan sebagai acuan memproduksi koleksi fabric.

Hasil analisa dan survey tren tersebut dituangkan dalam bentuk Lucky Trend Book, yang menjadi referensi bagi customer dan industri fashion pada umumnya. Tren tahunan yang dikeluarkan ini juga menjadi salah 'inovasi' dalam industri tekstil Indonesia, bahwa tekstil pun sebagai komponen fashion memiliki trennya tersendiri, yang secara dinamis menjadi bagian pula dari tren fashion Indonesia. 

Lucky Tex melakukan strategi branding yang non-konvensional. Sebelumnya pelaku industri tekstil cenderung bergerak 'di balik layar', tidak terlalu bersinggungan dengan lanskap dan publik fashion. Lucky Tex melihat bahwa brand tekstil harus lebih terbuka dan menjawab kebutuhan para desainer yang menjadi pelaku fashion. Sekaligus memposisikan brand tekstil tidak hanya sebagai penyedia kain, tetapi juga menjadi penentu tren fashion, untuk mensupport industri kreatif, retail dan garmen.

Lucky Tex kini secara aktif berkolaborasi dengan desainer Indonesia, seperti menyelenggarakan Lucky Trend Fashion Show, yang secara rutin sudah terselenggara dua kali, pada 2017 di Cendrawasih Office Park dan tahun 2018 di Indonesia Fashion Week berkolaborasi dengan brand Danjyo Hyoji.

Yang terbaru, Lucky Tex berkolaborasi dengan desainer Phangsanny mempersembahkan pagelaran busana dengan tema: Equilibre (keseimbangan – keharmonisan) sebuah tema yang akan mengingatkan kita untuk selalu menjaga keseimbangan, keselarasan dan keharmonisan antara tehnologi dan alam. Dengan sub tema konsep: Soulmatra, Creativolution, dan Ecomorphosa. Selain Phangsanny, Lucky Tex juga mengajak sekolah-sekolah mode Indonesia, yaitu Esmod dan Binus Northumbria untuk berpartisipasi mempresentasikan koleksi yang menggunakan tekstil dari Lucky Tex. 

    

Terbuai by Phangsanny


  

Phangsanny for Lucky Tex

Penyelenggaraan Fashion Show Lucky Trend ini diharapkan dapat menjadi jembatan, antara akademisi, pelaku industri fashion dan pelaku industri tekstil untuk bisa bersinergi dan berkembang bersama. Ini merupakan bentuk dari harapan PT. Lucky Print Abadi untuk bisa turut membina dan mendukung desainer Indonesia agar bisa berkembang dan go international di masa mendatang. Pada saat yang sama ikut mengangkat dan memajukan industri tekstil Indonesia.

Tags

please login to comment.

RELATED ARTICLES

Check these Jackie O's Inspired Modest Collection from Majesté

Check these Jackie O's Inspired Modest Collection from Majesté

READ MORE
Ekspresi Budaya dalam Syar'i, Koleksi 7 Desainer Hijabersmom Community

Ekspresi Budaya dalam Syar'i, Koleksi 7 Desainer Hijabersmom Community

READ MORE