Langkah Baru ISWI Fashion Academy di Dunia Mode Indonesia

Perintis sekolah mode di Indonesia, Asride ISWI mengumumkan branding baru menjadi ISWI Fashion Academy disertai pembukaan kampus baru dan serangkaian aktivitas kreatif.

Langkah Baru ISWI Fashion Academy di Dunia Mode Indonesia

Jumat, 15 Maret 2019, atrium utama Plaza Semanggi tampak ramai, dipenuhi oleh para tamu dengan perhatian utama pada panggung bertuliskan 'ISWI Fashion Academy'. Banyak dari wajah-wajah para tamu tersebut tidak asing, dan merupakan tokoh-tokoh senior fashion seperti Ibu Pia Alisjahbana, Ibu Lily Rilantono, Soraya Haque, Ferry Sunarto, dan Ari Tulang. Suasana 'reuni' sangat terasa pada event yang hangat ini.

Ketika membahas sekolah mode, terutama di Jakarta, kita akan teringat pada Esmod, Binus, La Salle, atau sekolah fashion lainnya yang beberapa tahun ini kerap berpartisipasi dalam berbagai event fashion. Hampir tidak pernah kita mendengar Akademi Seni Rupa dan Desain Mode (Asride) ISWI. Padahal, Asride ISWI adalah sekolah mode formal pertama di Indonesia bahkan di Asia Tenggara, yang berdiri pada tahun 1981, jauh sebelum desain fashion belum populer di Indonesia.

Banyak sekali desainer fashion terkenal dan pekerja mode yang terkenal tangguh di industri mode adalah lulusan dari Asride ISWI. Namun sayangnya, nama Asride ISWI semakin tidak terdengar semenjak harus pindah kampus dari pusat kota di daerah Thamrin ke lahan yang lebih luas di pinggiran Jakarta, tepatnya di perumahan Taman Modern, Cakung. Hal tersebut dilakukan sebagai syarat dan ketentuan kampus dengan strata D3.

Asride ISWI mengalami penurunan jumlah dosen dan mahasiswa karena kendala lokasi yang terlalu jauh dari pusat kota dan jauh dari tempat-tempat strategis bagi proses pembelajaran dunia mode. Nama Asride ISWI tenggelam diantara nama-nama sekolah mode lainnya yang lebih dikenal di industri mode Indonesia. Padahal, industri mode saat sedang sangat berkembang pesat dan masih membutuhkan lebih banyak lagi orang-orang kompeten di bidang mode, seni, dan kerajinan. Dan ISWI sejak dulu terbukti kualitasnya, hampir 100% lulusan Asride ISWI langsung terserap di dunia kerja, bahkan beberapa perusahaan selalu menunggu atau indent untuk memperkerjakan mahasiswa yang baru lulus. 

Dengan kondisi tersebut, para stakeholder dan pengurus ISWI pun merasa perlu untuk melakukan terobosan dan melakukan langkah-langkah signifikan untuk kembali 'mengangkat' ISWI kembali.  Mereka adalah Noella Andriyani Rilantono yang akrab dipanggil Bubu Ui Birowo yang saat ini menjabat sebagai Ketua YPWI -yayasan yang menaungi ISWI-, Devi Waluyo seorang Advokat sebagai wakil ketua, Dra Nani Sunarni, M.Pd seorang dosen ahli dibidang pola jahit perorangan dan desainer handal Lenny Agustin yang saat ini menjadi Pembantu Direktur III ISWI. 

  

  

Bersama jajaran dosen dan staf mereka bergerak bersama dan membangun branding baru untuk sekolah mode ini, menjadi ISWI Fashion Academy dan membuka kampus baru (kampus B) yang berada di mall Plaza Semanggi lantai 1 mulai tahun ajaran 2019/2020. Bukan upaya yang mudah tentunya, untuk mewujudkan langkah besar ini. Lenny Agustin, Ui Birowo dkk juga harus berkonsolidasi dengan para alumni ISWI lainnya untuk membuat serangkaian aktivitas dalam rangka pengenalan ISWI Fashion Academy ini kepada masyarakat luas.

Serangkaian workshop dan short course diadakan sebagai rangkaian pembukaan kampus baru ISWI Fashion Academy. Short course di bidang fashion dan creative craft ini melibatkan sejumlah desainer dan craftmaker handal, seperti Fashion Drawing bersama Amalia (dosen fashion senior), Basic Sewing hingga Pro Sewing bersama Nani Burhan dan Sukmawati, Basic Fashion Sketcher bersama desainer Adi Barlan, Papercaly accessories bersama Lenny Agustin, dan masih banyak lagi.

Acara peluncuran nama baru ISWI Fashion Academy dan peresmian kampus B, diselenggarakan pada hari Jumat, 15 Maret 2019 di Atrium Plaza Semanggi, dan dimeriahkan dengan instalasi serta presentasi fashion dari 4 siswa ISWI Fashion Academy dan para alumni Asride ISWI. 

  

Tags

please login to comment.

RELATED ARTICLES

Meet This Hottest Brand; All The Horses

Meet This Hottest Brand; All The Horses

Menawarkan celah baru gaya dan karakter yang percaya diri dan feminin, in a whole new look.

READ MORE
Tren Tekstil yang Mempengaruhi Dunia Fashion

Tren Tekstil yang Mempengaruhi Dunia Fashion

Para pengusaha bidang tekstil harus lebih dekat, terbuka dan mampu menjawab kebutuhan dunia fashion Indonesia yang kini sedang marak dan berkembang pesat.

READ MORE