Inspirasi dari Vanilla Hijab untuk Perempuan

Inspirasi dari Vanilla Hijab untuk Perempuan

Selasar Stadion Aquatik, Gelora Bung Karno siang itu (2/5) berubah menjadi runway peragaan busana sebuah merek yang sangat dekat hijabers muda; Vanilla Hijab. Meja dan kursi makan ditata di sebelah kanan dan kiri sepanjang selasar yang tidak butuh waktu lama, telah dipenuhi para tamu yang semuanya mengenakan busana senada. 

Vanilla Hijab kini telah menjadi nama yang dicintai banyak pelanggan, yang rata-rata merupakan muslimah dan ibu muda. Vanilla kini menjadi nama besar, yang dimulai oleh Atina Maulia lewat media sosial instagram, pada tahun 2013.


Atina saat itu mengalami masa-masa sulit saat menjalani studi di Institut Teknologi Bandung, karena sakit yang ia derita. Karena keadaan, ia memutuskan untuk tidak melanjutkan studi dan kembali ke Jakarta. Saat itu, ia merasa harus melakukan sesuatu dan menghasilkan uang agar tidak membebani orangtuanya. 

Dibantu kakaknya, ia kemudian memulai berjualan kerudung dengan modal nekat, berburu kerudung di Thamrin City, dan meminjam beberapa kerudung dari pedagang disana, untuk difoto dan dijualnya secara online

Selanjutnya cerita Vanilla hampir semua kita tahu. Dengan harga kerudung yang sangat murah (mulai dari 50 ribu per pc), penjualan kerudung Vanilla Hijab di instagram laku keras. Vanilla kemudian menerapkan sistem penjualan yang unik dan antisipatif. Foto-foto produk akan diunggah lebih dulu, kemudian pada jam tertentu baru konsumen boleh memesan dengan format tertentu ke nomor whatsapp yang tersedia. 

Vanilla Hijab makin berkembang, dengan identitasnya yang tidak berubah: kerudung segiempat dengan harga yang sangat terjangkau, dan dengan foto-foto yang sangat menarik dan cantik. Kini kakak beradik ini sukses membangun bisnis online clothing line & hijab dengan karyawan hampir mencapai 100 orang, dengan penjualan mencapai 15 ribu potong hijab dan 6 ribu busana setiap bulannya. 

Di venue stadion Aquatik yang didekorasi dengan cantik, Vanilla Hijab meluncurkan 30 koleksi Vanilla Raya yang didominasi warna lembut dan dihiasi motif yang terinspirasi dari para perempuan Indonesia dengan berbagai kisah hidupnya. Vanilla berharap dengan kisah hidup masing-masing, perempuan Indonesia dapat saling menguatkan dan menginspirasi.

Tema 'Menyapa Senja' dipilih, sebagai bentuk refleksi dan memori dari annual show Vanilla yang pertama yang bertema Senja pada tahun 2016. Berangkat dari mimpi untuk menciptakan busana muslim dan hijab yang nyaman, modis dengan harga terjangkau dan tetap memenuhi syariat agama, Vanilla ingin koleksinya bisa dipakai oleh banyak orang. Koleksi Vanilla Raya hadir dengan menawarkan beragam model, mulai dari dress, blouse, tunik dan hijab yang dipasarkan melalui website dengan kisaran harga 350-450 ribu rupiah untuk busana dan 150-200 ribu rupiah untuk hijab.


Menurut Atina, bagi Vanilla bisnis bukan hanya tentang mencari keuntungan, tetapi tentang bagaimana kita mewujudkan apa yang orang lain inginkan. Seperti konsumen hijabers, mereka membutuhkan hijab yang cantik dan affordable. Karena itu Vanilla juga selalu mengembangkan aspek sosial bisnisnya, seperti membuat workshop bermacam-macam untuk para pemilik UKM dan pebisnis pemula. Vanilla pernah mengadakan roadshow workshop ini ke 3 kota, Jakarta, Bandung dan Surabaya.

Vanilla juga sering mengajak konsumen untuk berbagi, seperti membuat edisi khusus hijab untuk membantu korban di Suriah yang sedang terdampak musim dingin. 100% dari keuntungan penjualan paket musim dingin Suriah ini langsung kita salurkan, bekerjasama dengan lembaga zakat. Vanilla memiliki visi untuk menjadi wadah dan bersama mewujudkan perubahan dunia yang lebih baik. 


See also:
-- Product of The Week; Printed Cap by Ma.na -- Bangga Pakai Sport Apparel Lokal dengan Noore Sport -- Ketika Seorang Hijaber Tampil di Majalah Playboy.. -- Dian Pelangi at IFW 2017: Earth Colors for Modest Look --

Tags

please login to comment.

RELATED ARTICLES

Senayan City & JFW Hadirkan Area Belanja Terbesar Karya Desainer Indonesia

Senayan City & JFW Hadirkan Area Belanja Terbesar Karya Desainer Indonesia

Hadirnya Fashionlink x #BLCKVNUE terbaru ini sebagai milestone bagi sejajarnya karya desainer Indonesia dengan produk-produk dari label fashion unggulan dunia.

READ MORE
Gaya Moroccan Pastel Kolaborasi Jovian Mandagie & Ria Miranda

Gaya Moroccan Pastel Kolaborasi Jovian Mandagie & Ria Miranda

READ MORE