Pre-Ramadhan Hype; Ria Miranda 6 Launchings in A Week!

Pre-Ramadhan Hype; Ria Miranda 6 Launchings in A Week!
Kalau ada catatan rekor 'desainer dengan peluncuran produk terbanyak dalam satu bulan/satu minggu', Ria Miranda pasti akan menjadi pemegang rekor ini. Dalam waktu 7 hari terhitung sejak dua minggu jelang Ramadhan, peluncuran koleksi label riamiranda tercatat sebanyak 6x dengan koleksi yang berbeda-beda! Baik yang berupa kolaborasi dengan peritel maupun yang dilakukan sendiri oleh manajemen Ria Miranda. Sebuah pencapaian yang spektakuler, dan rasanya belum pernah terjadi sebelumnya.

What's the big deal about launching a collection? Pada saat desainer merilis sebuah koleksi, berarti publik sudah bisa membeli produk-produk (yang sudah ditunggu-tunggu) tersebut. Bisa jadi dari jauh hari sebelumnya sudah ada presentasi/bocoran/teaser/promosi tentang apa yang akan diluncurkan pada suatu waktu tertentu, untuk membangun partisipasi dan antisipasi publik terhadap sebuah koleksi. Pada saat rilis tersebut, berarti desainer atau pihak penjual telah siap dengan stok barang yang akan dijual. And in this case, we talk about thousands pieces. 

Pada minggu ketiga bulan Mei (dua minggu jelang Ramadhan), label riamiranda melakukan 6 kali peluncuran produk, yaitu koleksi Ramadhan riamiranda x blibli.com, riamiranda x rumahayu, riamiranda x Sophie Paris, riamiranda untuk Galeries Lafayette, dan peluncuran koleksi reguler di seluruh butik dan toko online riamiranda. Sebagai gambaran, untuk koleksi yang dijual oleh Blibli.com saja, disiapkan 4500 potong busana dan yang lebih mencengangkan, semuanya habis dalam 30 menit pertama peluncuran. Oh, did I mention that these pieces range from 1 juta  - 3 juta rupiah?! 

Pada peluncuran bersama Blibli.com pada 15 Mei 2017 tersebut, antusiasme pelanggan loyal riamiranda (yang biasa disebut rmlc) memang sangat terasa. Mereka hadir beramai-ramai dan semuanya mengenakan busana riamiranda yang sangat khas, dan begitu kanal penjualan online dibuka pada pukul 16.00, semuanya langsung menyerbu laptop station yang disediakan maupun membuka platform belanja online tersebut di mobile phone.

 

Ria Miranda x Blibli.com


Pada saat peluncuran bersama Rumah Ayu, yang diadakan pada hari Rabu 17 Mei 2017, suasana serupa juga terlihat meskipun kapasitasnya lebih kecil. Pada koleksi Ramadhan dengan tema Himalayan ini, Ria Miranda berkolaborasi dengan Sarah Sofyan, pemilik sekaligus creative director Rumah Ayu menghasilkan koleksi busana dan scarf yang sangat terbatas. Berbeda dengan desain Ria Miranda biasanya, Himalayan tampil dengan warna-warna dominan yang rich n deep, seperti biru navy, teracotta, hijau dan maroon, dengan tetap dikombinasikan dengan motif-motif khas Ria Miranda dengan corak motif berwarna pastel.

Rumah Ayu merilis koleksi Himalayan dalam 2 batch, pertama pada saat hari peluncuran tersebut dengan jumlah busana sebanyak 450 potong, dan batch kedua akan hadir pada minggu pertama/kedua bulan Ramadhan nanti. Koleksi ini berupa tunik dan dress yang semuanya berukuran all size, sebanyak 8 desain dengan range harga busana 900 ribu hingga 1.5 juta, dan koleksi square scarf seharga 425 ribu. Seperti biasa, koleksi Himalayan ini juga langsung habis diserbu penggemar riamiranda pada hari pertama peluncurannya.

'Himalayan', Ria Miranda x Rumah Ayu 2017

  


Cerita hampir senada terjadi pada kolaborasinya dengan Galeries Lafayette, pada 20 Mei 2017. Ria Miranda pasti berkomitmen untuk menghadirkan koleksi yang berbeda pada setiap kerjasamanya dengan berbagai pihak. "Alhamdulillah, Ramadhan kali ini banyak sekali kolaborasi dengan beberapa brand, namun setiap koleksi yang ditampilkan di tiap kolaborasi pun memiliki style yang berbeda, dan pasti ada porsi spesialnya masing-masing", ujar Ria.

Meskipun masih bertema Sans Titre -tema besar riamiranda untuk Ramadhan kali ini-, Ria tetap membuat sebuah rangkaian desain khusus dan terbatas yang hanya bisa didapatkan di department store asal Prancis ini. Melalui label riamiranda SIGNATURE, dihadirkan Sans Titre pour Galeries Lafayette yang memang dari sisi looks akan terlihat lebih elegan dengan detail embroidery dan payet. Menggunakan bahan dengan kualitas yang lebih tinggi dengan sentuhan kristal swarovski, koleksi busana kaftan, tunik, dress hingga tops sebanyak sekitar 13 gaya dengan pattern spesial siap diburu oleh para pecinta Ria Miranda. 

  

Di setiap event launching ini, selalu terlihat pemandangan yang sama, puluhan penggemar/pengguna loyal riamiranda yang bisa kita lihat dari busana yang mereka kenakan. Mereka merupakan sebagian kecil dari Ria Miranda Loyal Customer yang jumlahnya ribuan dan berada di banyak kota di Indonesia. Basis konsumen loyal yang luar biasa inilah yang menjadi konsumen tetap pada setiap peluncuran koleksi riamiranda, sekaligus menjadi 'jaminan' bahwa apapun produk yang dikeluarkan oleh Ria Miranda, akan diserap habis oleh pasar. 

Penggemar loyal ini rata-rata memiliki pengetahuan produk yang sangat baik, dan menjadi 'duta riamiranda' yang sempurna di media sosial. Untuk setiap koleksi yang diluncurkan, mereka akan membeli paling tidak satu produk (biasanya lebih), terutama untuk koleksi terbatas (seperti yang dituturkan beberapa pelanggan kepada penulis, red). Koleksi terbatas biasanya adalah koleksi yang hanya dijual di peritel tertentu, baik di department store maupun e-commerce. Perburuan koleksi terbatas pun terasa paling seru dan intens pada setiap hari pertama peluncuran, karena setiap orang akan berusaha mendapatkan produk yang paling baru, paling pas dengan selera pribadi, ataupun yang akan menjadi item paling langka. 

Selepas hari peluncuran, riuhnya 'bursa' koleksi riamiranda ini akan berlanjut di ranah online, baik di media sosial maupun di grup-grup pertemanan. Swap (pertukaran) atau menjual kembali produk menjadi hal yang sangat lumrah, hingga datangnya momen mereka akan berkumpul kembali, silaturahmi dan pastinya, foto bareng. ;)

This is to mark the new hype in modest fashion industry, and new record obviously. Congrats Ria Miranda!

please login to comment.

RELATED ARTICLES

Penjiplakan, Tantangan Besar Bisnis Busana Muslim

Penjiplakan, Tantangan Besar Bisnis Busana Muslim

Penjiplakan, dengan skala dan intensitasnya kini adalah ancaman besar bagi industri fashion muslim Indonesia yang bahkan belum sampai pada tahap matang ini.

READ MORE
Ketika Seorang Hijaber Tampil di Majalah Playboy..

Ketika Seorang Hijaber Tampil di Majalah Playboy..

READ MORE