UV Index Sedang Tinggi-tingginya, Jangan Pernah Skip Sunscreen

Anessa, brand beauty sunscreen dari Jepang hadir dengan Triple Defense Technology untuk perlindungan sempurna dari sinar UV

Sudah lebih dari 6 bulan kita banyak -hampir selalu- beraktivitas di rumah saja, apakah ada yang berubah? Pasti banyak ya, dan situasinya pun akan berbeda-beda setiap orang. Dari pembicaraan di sosial media, banyak pula dari kita yang kondisi kulitnya improving, karena lebih punya banyak waktu untuk self-care dengan melakukan perawatan wajah sendiri di rumah, atau 'skinkeran'. Salah satu tahap penting perawatan wajah tersebut, adalah mengaplikasikan sunscreen setiap hari, walaupun kita di rumah saja. 

Benar, menggunakan sunscreen ini tidak boleh di skip lho, meskipun kita sedang berada di rumah ataupun tempat tertutup. Rumah ataupun apartemen kita pasti memiliki sirkulasi yang memungkinkan udara dan cahaya tetap bisa masuk, untuk memastikan lingkungan rumah yang sehat dan baik. Tetapi cahaya matahari yang bisa menembus ke dalam rumah juga mengandung snar UV yang akan menyebabkan penuaan dini dan kerusakan kulit. 

Apalagi akhir-akhir ini, terasa sekali kan cuaca atau hawa di siang hari yang sedang panas-panasnya? Bila kita memiliki aplikasi UV Index (atau terdapat juga di aplikasi cuaca lainnya), kita bisa melihat berapa UV Index di wilayah kita, pada waktu tertentu. Di Jakarta dan sekitarnya, pada beberapa hari awal di bulan Oktober 2020, UV Index di siang hari (12.00) tercatat pada angka 13.6. Angka tersebut menunjukkan index UV yang ekstrim tinggi. UV Index ini menunjukkan tingkat bahaya dari intensitas matahari. Di banyak kota di Indonesia, sering kita lihat UV Index mencapai angka 10 (very high) pada pukul 11 pagi, hingga 13 (extreme) pada pukul 12 siang.


Semakin tinggi UV Index, semakin tinggi pula resiko kulit mengalami sunburn. Bahkan di aplikasi tersebut, ketika UV index mencapai angka yang tinggi, maka akan ada notifikasi atau peringatan untuk mengaplikasikan sunscreen, mencari tempat berteduh dan menggunakan topi. Ini karena tingkat intensitas UV yang tinggi memang berbahaya bagi kulit.

Jadi walaupun kita berada di rumah sepanjang hari, jangan pernah meninggalkan sunscreen dalam tahap perawatan wajah ya. Selain itu, pilih sunscreen yang tepat untuk menangkal sinar UV, dan memiliki manfaat lebih untuk peawatan kulit wajah. Seperti Anessa yang sudah populer sebagai merek beauty sunscreen selama bertahun-tahun. Salah satu seri produknya yaitu Anessa Perfect UV Sunscreen Skincare SPF 50+ PA++++, dipercaya sebagai sunscreen No. 1 di Jepang selama 19 tahun berturut-turut dan kini hadir di Indonesia. Dengan konsep beauty sunscreen, Anessa merupakan sunscreen pertama di dunia dengan Triple Defense Technology dan manfaat perawatan kulit untuk mencegah penuaan dini yang aman digunakan untuk aktivitas sehari-hari, baik di dalam maupun di luar ruangan. Inovasi Triple Defense Technology yaitu Thermo Booster Technology, Aqua Booster EX Technology dan Super Waterproof menjadikan perlindungan UV lebih kuat saat terpapar sinar matahari, air dan keringat.


"Anessa merupakan produk dari Shiseido Group, hasil dari penelitian sinar UV selama lebih dari 100 tahun dengan tujuan agar wanita diseluruh dunia memiliki hubungan yang positif dengan matahari, namun kulit tetap cantik bersinar hari ini dan esok. Formula skincare yang terkandung di dalamnya mampu mencegah dampak buruk sinar UVA dan UVB pada kulit,” ujar Presiden Direktur PT Shiseido Cosmetics Indonesia, Jun Kinumaki pada saat virtual launch Anessa bulan September lalu.

Anessa lebih dari sekedar perlindungan sempurna dari sinar UV, Anessa memiliki manfaat perawatan kulit dengan lembut karena 50% kandungannya adalah skin care yaitu Super Hyaluronic Acid untuk menjaga kulit tetap lembut dan terhidrasi, serta Collagen yang menjaga kulit tetap kencang dan tampak bercahaya. Juga memiliki kandungan Tormentilla / Yellow Flower Extract, Kyoto Uji Green Tea Extract, dan Edelweiss Extract yang membantu mencegah penuaan dini.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Arini Astasari Widodo Sp.KK memaparkan bahwa sekitar sekitar 80% penuaan dini disebabkan oleh sinar UV, seperti bercak hitam, keriput, hilangnyaelastisitas kulit, tekstur kulit kasar, dan pelebaran pembuluh darah (telangiektasia). “Banyak orang yang merasa karena kulitnya tidak terpapar sinar matahari maka tidak perlu menggunakan sunscreen. Pajanan sinar UV dapat berasal dari sinar matahari langsung, dan sinar matahari tidak langsung, termasuk dari pantulan benda, pasir, salju dan lainnya. Sembilan puluh persen (90%) sinar UV dapat menembus awan dan UVA dapat menembus kaca jendela, sehingga berada di tempat teduh atau di dalam ruangan tidak berarti kita tidak memerlukan perlindungan dari sinar UV. Sinar UV dapat mengakibatkan penuaan, kulit terbakar, masalah pigmentasi kulit (flek kulit), memicu beberapa penyakit kulit yang sensitif terhadap cahaya UV, serta tumor jinak dan tumor ganas (kanker) kulit,” papar dr. Arini.

virtual launch Anessa

“Meski cuaca mendung, hujan atau berada di tempat teduh, perlindungan kulit harus tetap dilakukan. Sebuah penelitian memaparkan bahwa angka kejadian penuaan kulit yang disebabkan oleh sinar UVA meningkat selama beberapa dekade terakhir. Untuk itu penting mengaplikasikan sunscreen yang memiliki spektrum luas. Pilihlah sunscreen yang memiliki kandungan SPF dan PA yang cukup tinggi, angka SPF menggambarkan tingkat perlindungan sinar UVB, sementara PA menggambarkan perlindungan terhadap sinar UVA,” lanjut dr. Arini.

Sebagai perusahaan kecantikan yang telah hadir di dunia selama lebih dari 140 tahun, Shiseido Group melakukan penelitian dampak negatif dari sinar UV dari tahun 1915. Anessa yang diluncurkan di Jepang pada tahun 1992 merupakan kristalisasi dari hasil penelitian dan pengembangan Shiseido tentang perlindungan sinar UV selama lebih dari 100 tahun.

Anessa Perfect UV Sunscreen Skincare SPF 50+ PA++++ yang kini hadir di pasar Indonesia memiliki 4 varian produk, yaitu Perfect UV milk, Perfect UV Gel, Perfect UV Spray dan Whitening UV. Keempatnya memiliki tekstur yang ringan, baik dalam bentuk gel, milk dan spray. Ketika digunakan, sangat mudah dibaurkan ke seluruh wajah, tidak ada rasa lengket, tanpa white cast dan yang membuat nyaman, tidak ada rasa-rasa hangat tak nyaman yang ditinggalkan di wajah setelah memakainya, seperti yang terkadang kita rasakan ketika menggunakan sunscreen lainnya. 

Saat ini produk-produk sunscreen Anessa sudah bisa didapatkan di toko maupun dibeli secara online di official store Shopee, Watsons, Sociolla, Lazada, Tokopedia, JD.ID, dan Blibli.

See also:
-- Formula dan Kemasan Baru Produk Perawatan Bayi dari Corine de Farme -- Super Antioksidan Jadi Keunggulan Perawatan Anti-Aging Natur-E Face Series -- Rangkaian Skincare dan Kosmetik Halal dari Nameera Aquatic Botanical -- Millenials, Gunakan Kesempatan Ini untuk Jadi Anchor TV Profesional --

Tags

please login to comment.

RELATED NEWS

Rambut Sehat dan Lembut dengan NATUR Hair Conditioner

Rambut Sehat dan Lembut dengan NATUR Hair Conditioner

READ MORE
Masalah Kulit Wajah Paling Banyak Dihadapi: Jerawat

Masalah Kulit Wajah Paling Banyak Dihadapi: Jerawat

READ MORE