Risa Maharani dengan Koleksi Ikatten Tampil di Center Stage Hongkong

Risa Maharani merupakan Alumni SMK NU Banat, Kudus, Jawa Tengah, yang pada bulan Mei lalu berhasil menjuarai ZOYA Modest Young Designer Competition (MYDC) pada ajang Muslim Fashion Festival Indonesia (MUFFEST) 2018. Dengan prestasinya tersebut, Risa mendapat kesempatan untuk menampilkan karyanya pada pameran dagang skala internasional, Centre Stage - Asia's Fashion Spotlight 2018 di Hong Kong.

Prestasi tersebut membuktikan karya siswa SMK dapat diperhitungkan dalam ranah fashion nasional, bahkan internasional. Kiprah alumni SMK NU Banat tak lepas dari peran Bakti Pendidikan Djarum Foundation. SMK NU Banat merupakan salah satu dari 16 SMK yang dibina oleh Bakti Pendidikan Djarum Foundation. SMK NU Banat terpilih sebagai sekolah rujukan nasional untuk SMK bidang Tata Busana di seluruh Indonesia.

Centre Stage-Asia's Fashion Spotlight merupakan pameran dagang skala internasional berbasis B2B yang diikuti peserta lebih dari 22 negara dan dihadiri oleh buyer dari 1.100 perusahaan asal 25 negara meliputi benua Asia, Eropa, dan Amerika. Centre Stage-Asia's Fashion Spotlight diselenggarakan oleh Hong Kong Trade Development Council (HKTDC) yang merupakan penyelenggara ajang bergengsi Hong Kong Fashion Week. Dengan mengusung tema “Tomorrow Lab”, Centre Stage-Asia's Fashion Spotlight 2018 digelar pada awal September 2018 di Hong Kong Convention and Exhibition Centre.

 

(Risa dan koleksinya)

  

Untuk mengikuti Centre Stage-Asia's Fashion Spotlight 2018, desainer muda berusia 20 tahun ini membuat koleksi ready-to-wear yang merupakan debutnya memakai label yang diambil dari namanya sendiri: Risa Maharani (sebelumnya Risa menjadi desainer label milik SMK NU Banat, Zelmira). Terinspirasi oleh kata ikatten yang berarti mengikat yang diperkenalkan di Eropa pada tahun 1980an oleh Prof. A.R Hein, Risa mengangkat tema IKATTEN. Ia menuangkan tema tersebut dalam konsep urban style yang menonjolkan permainan warna dan teknik manipulasi bahan sehingga menghasilkan rancangan yang berkarakter kuat. Risa menampilkan koleksinya di pameran zona Allure yang khusus untuk kategori produk dengan craftsmanship.

Berpartisipasi dalam Stage-Asia's Fashion Spotlight 2018 mendukung langkah Risa untuk menekuni industri fashion dalam negeri sekaligus merambah pasar global. “Kesempatan untuk mengikuti pameran ini dipastikan menjadi pengalaman sangat berharga bagi saya yang mulai menggeluti bisnis ready to wear yang penuh tantangan.

Saya belajar seluk-beluk mempersiapkan koleksi ready to wear yang mengarah ke B2B, mempelajari selera pasar luar negeri, dan mengetahui apakah koleksi yang saya buat bisa diterima oleh buyer internasional. Ternyata koleksi yang saya bawa mendapat apresiasi yang positif dari para pembeli (buyers) yang mengunjungi stan pameran saya, sambutan positif tersebut memberi semangat bagi saya sebagai desainer yang masih baru di industri ini,” papar Risa. Kiprah alumni SMK NU Banat ini membuktikan bahwa slogan SMK Bisa! bukan sekadar slogan.

Tags

please login to comment.

RELATED NEWS

Keindahan Padu Padan Tenun Gaya, Untuk Ramadhan & Idul Fitri

Keindahan Padu Padan Tenun Gaya, Untuk Ramadhan & Idul Fitri

READ MORE
Street Style ala Fetty Rusli yang Klasik, Girly dan Cantik

Street Style ala Fetty Rusli yang Klasik, Girly dan Cantik

READ MORE