Siswa SMK NU Banat Menang Kompetisi Fashion Asia


Sebuah kompetisi fashion bergensi di wilayah Asia Tenggara, Sakura Collection Asia Students Awards telah diselenggarakan sejak  2013. Kompetisi ini bertujuan sebagai misi budaya untuk mengenalkan lebih jauh kebudayaan Jepang, melalui fashion. Kompetisi desain untuk siswa bidang fashion design ini telah berlangsung setiap tahun di Indonesia sejak 2015 dan secara bersamaan digelar di empat negara Asia lainnya, yakni Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Selain sebagai media untuk mengembangkan talenta muda dalam merancang busana bertema Jepang, kompetisi ini juga bertujuan mempererat hubungan bilateral antara Indonesia dan Jepang dalam bidang pendidikan dan budaya.

Tahun ini, Sakura Collection Asia Students Awards 2018 Indonesia berhasil dimenangkan oleh siswa SMK, yaitu Nia Faradiska sebagai Juara I. Nia merupakan siswa SMK NU Banat Kudus, SMK jurusan Tata Busana yang telah menjadi rujukan nasional. Nia menampilkan koleksi bertema “Koinobori”, dan rekannya yang jusa siswa SMK NU Banat, Farah Aurellia berhasil menjadi juara ketiga dengan koleksi bertema “Kyoto”.

Nia menjadi juara pertama, unggul dari 300 peserta lebih yang berasal dari sekitar 20 sekolah fashion , 19 belas diantaranya adalah perguruan tinggi jurusan Fashion Design ternama di Indonesia dan SMK NU Banat adalah satu-satunya peserta sekolah menengah kejuruan yang mengikuti kompetisi ini. Dari sketsa yang terkirim dipilih 10 finalis untuk merealisasikan sketsa rancangan yang kemudian ditampilkan pada Grand Prix Final Sakura Collection Asia Students Awards 2018 untuk dinilai juri pada akhir Januari lalu di Discovery Kartika Plaza Hotel, Bali. 

Prestasi ini membuktikan bahwa kualitas siswa SMK tidak kalah dengan kualitas mahasiswa sekolah mode perguruan tinggi.


Sebagai juara pertama, selain mendapatkan hadiah uang tunai, trofi, dan sertifikat, Nia Faradiska memperoleh kesempatan melakukan perjalanan ke Jepang untuk magang di Bunka Fashion College (Bunka Gakuen) yang merupakan sekolah fashion terbaik ke-6 sedunia, pada tanggal 26 Februari sampai 4 Maret 2018. Selain itu, sebagai juara pertama menampilkan hasil rancangannya yang terinspirasi dari bendera ikan Koi, yaitu ornamen perayaan Hari Anak Laki-laki di Jepang yang diaplikasikan dalam bordir dan origami serta desain komposisi kontras dalam acara Sakura Collection 2018 di panggung Hosho Nohgakudo di Tokyo bersama para pemenang dari negara Asia lainnya. 

Prestasi yang dicapai oleh kedua siswa SMK NU Banat ini membuktikan bahwa karya siswa SMK tak kalah saing. SMK NU Banat terpilih sebagai sekolah rujukan nasional untuk SMK bidang Tata Busana di seluruh Indonesia. Sekolah yang berada di Kudus, Jawa Tengah ini merupakan salah satu dari 15 SMK yang dibina oleh Bakti Pendidikan Djarum Foundation.

Untuk mendukung peningkatan mutu tenaga pendidik SMK bidang Tata Busana dan menunjang pertumbuhan industri fashion di tanah air yang membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang handal dan memiliki keahlian yang mengikuti perkembangan industri fashion yang dinamis, Bakti Pendidikan Djarum Foundation melakukan pembinaan terhadap SMK NU Banat.

Peningkatan mutu SMK bidang Tata Busana yang dilakukan mencakup tenaga pendidik, kurikulum, pola pendidikan, infrastruktur, serta pendampingan secara berkelanjutan. Antara lain melalui ProgramPendampingan berkonsep inkubasi yang bekerjasama dengan praktisi di industri mode, serta mendukung kelompok usaha bersama dari siswa maupun alumni SMK NU Banat dalam mendirikan brand modest wear Zelmira. Bahkan, karya siswa-siswi dan alumni SMK NU Banat telah dipasarkan ke publik melalui pameran dagang dan fashion show taraf internasional, Centre Stage-Asia Fashion Spotlight 2016 di Hong Kong dan Hong Kong Fashion Week 2018. Kiprah SMK NU Banat membuktikan bahwa slogan SMK Bisa! bukan hanya sekadar slogan. Karya siswa-siswi SMK pun dapat diperhitungkan dalam industri fashion nasional, bahkan internasional.

please login to comment.

RELATED NEWS

The Executive Rancang Seragam Resmi Indonesia pada Asian Games 2018

The Executive Rancang Seragam Resmi Indonesia pada Asian Games 2018

READ MORE
Koleksi Hari Raya Zalora, Datang Lebih Awal

Koleksi Hari Raya Zalora, Datang Lebih Awal

READ MORE