Katakan 'Iya Boleh' Bisa Membantu Anak Mengembangkan 5 Karakter Unggul

Sejak awal kehidupannya, anak-anak harus tumbuh dalam lingkungan yang positif, yang bisa memberikan stimulasi secara optimal untuk tumbuh kembangnya. Lingkungan yang positif, artinya orangtua harus selalu mendukung dan permisif untuk eksplorasi apapun yang dilakukannya, sesuai usianya. 

Ini sejalan dengan kampanye yang sedang dilakukan oleh Dancow Advanced Excelnutri+ yang mengajak semua orang tua Indonesia untuk mengatakan 'Iya Boleh' kepada anak-anaknya, sebagai bentuk dukugan terhadap eksplorasi dan sosialisasi si kecil. 

Para ahli dan pakar tumbuh kembang dalam acara peluncuran kampanye yang telah memasuki tahun ke-3 ini, kembali menegaskan bahwa ada 3 faktor utama yang menentukan tumbuh kembang seorang anak, yakni Nutrisi, Stimulasi dan Cinta. Mengatakan 'Iya Boleh' akan memberikan rasa aman dan percaya diri pada anak, yang akan memberikan stimulasi optimal pada otaknya. Tentu saja, mengatakan 'iya boleh' yang disertai dengan pengawasan dan keikutsertaan orang tua untuk sebagai ungkapan rasa sayang.

“Stimulasi bermain akan merangsang kemampuan pendengaran, penglihatan, memori, kognitif, bicara, emosi, gerak kasar dan halus, yang akan mengembangkan semua potensi-potensi anak, sehingga kelak menjadi anak yang sehat, cerdas, kreatif dan berperilaku baik", jelas  Prof. Dr. dr. Soedjatmiko SpA (K), MSi, seorang pakar tumbuh kembang anak.

   

“Cara terbaik yang dapat dilakukan orang tua adalah ikut terlibat dalam proses eksplorasi dengan lebih banyak mengatakan ‘Iya Boleh’ kepada si Kecil. Jika para orang tua mendorong si Kecil untuk bereksplorasi secara tepat, sesuai dengan usia dan tahap perkembangannya, tentu ini akan membantu si Kecil untuk mengembangkan lima potensi karakter penting, yaitu Berani, Cerdas, Kreatif, Peduli, dan Pemimpin,” tambah Ratih Ibrahim, Psikolog Klinis.

Untuk menjadi Anak Unggul Indonesia yang sehat, cerdas, dan berkarakter, Dancow Advanced Excelnutri+ percaya ada lima karakter penting yang perlu dikembangkan oleh orang tua kepada si Kecil sejak usia dini, yaitu: 

1. Berani

Eksplorasi merupakan salah satu cara untuk si Kecil berinteraksi dengan lingkungan, sehingga keberanian dan rasa percaya dirinya dapat berkembang dengan baik. Rasa percaya diri yang sehat merupakan salah satu dasar dalam mengembangkan berbagai potensi lainnya, seperti problem-solving, decision-making, dan keterampilan sosial

2. Cerdas

Melalui eksplorasi yang tepat, sesuai dengan tahap perkembangannya, aspek kognitif si Kecil dapat terstimulasi melalui berbagai kegiatan dalam proses eksplorasinya.

3. Kreatif

Ketika terpapar pada berbagai stimulus dan situasi melalui kegiatan eksplorasi, imajinasi dan kreativitas si Kecil dapat berkembang dengan baik.

4. Peduli

Melalui aktivitas bersama teman lain atau orang dewasa, si Kecil belajar berinteraksi, berbagi, mengenal dan memahami perasaan orang lain, menunggu giliran, serta meningkatkan toleransinya.

5. Pemimpin

Untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan, penting untuk si Kecil memiliki sikap disiplin dan kemandirian yang baik. Eksplorasi mengasah kemampuan si Kecil untuk mengambil kontrol akan berbagai hal di sekitarnya.

See also:
-- 4 Unsur Yang Bisa Dipenuhi Ayah dalam Tumbuh Kembang Anak -- Katakan 'Iya Boleh' Bisa Membantu Anak Mengembangkan 5 Karakter Unggul -- Modul 'Iya Boleh' Untuk Panduan Kembangkan 5 Karakter Unggul Anak Indonesia -- New Moms, Yuk Gabung di Komunitas Orami Birth Club --

Tags

please login to comment.

RELATED NEWS

Formula dan Kemasan Baru Produk Perawatan Bayi dari Corine de Farme

Formula dan Kemasan Baru Produk Perawatan Bayi dari Corine de Farme

READ MORE
Perlindungan Optimal pada 1000 hari Paling Krusial pada Bayi

Perlindungan Optimal pada 1000 hari Paling Krusial pada Bayi

READ MORE