Dari Botol Plastik Bekas Hingga Jadi Koleksi Pakaian

Danone-AQUA dan H&M Indonesia perkuat inisiatif Bottle2Fashion membangun solusi inovatif atas sampah plastik di Indonesia dan mengedukasi dunia

From fast fashion to sustainable fashion. Fashion berkelanjutan sejak dekade ini bukan lagi wacana atau rencana bagi produsen fashion ritel dunia, H&M. Brand ini dituding sebagai salah satu penyumbang sampah fashion terbesar, dengan praktik fast fashion-nya, terus mengeluarkan produk baru dalam waktu yang singkat. Tetapi secara perlahan dan pasti H&M membuktikan komitmen keberlanjutan bisnisnya, dengan inisiasi produk-produk fashion yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Seperti koleksi H&M Conscious yang menggunakan material dari serat organik yang ramah lingkungan, dari sumber-sumber berkelanjutan, ataupun material daur ulang. Dan baru saja H&M meluncurkan inisiatif Bottle2Fashion yang berkolaborasi dengan Danone-AQUA, diwujudkan dalam produksi koleksi pakaian anak-anak yang terbuat dari botol plastik bekas yang didaur ulang. Selanjutnya koleksi tersebut akan dipasarkan di situs dan gerai penjualan H&M yang tersebar di seluruh dunia, termasuk di Eropa, Amerika Serikat, Asia, Afrika, dan negara-negara di Oseania.

koleksi Bottle2Fashion, 20% serat polyester daur ulang botol plastik, 80% organic cotton

Bottle2Fashion merupakan bagian dari kampanye global "Cleaning-Up For The Future", yang bertujuan untuk mengedukasi konsumen, termasuk anak-anak, untuk mulai peduli terhadap isu sampah plastik di lautan dan turut serta menjaga kebersihan lingkungan demi masa depan yang berkelanjutan.

Inisiatif bottle2fashion merupakan bentuk kemitraan Danone-AQUA dan H&M Indonesia untuk memperkenalkan proses produksi yang sirkular dengan memanfaatkan botol plastik bekas sebagai bahan baku yang lebih berkelanjutan dan memanfaatkannya kembali menjadi produk fashion yang dapat dikenakan sehari-hari. Diinisiasi sejak tahun 2017 bersamaan dengan peresmian Alliance for Marine Plastic Solutions Forum (AMPS) oleh Kementeriaan Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sebagai bentuk komitmen kedua perusahaan dalam mendukung upaya Pemerintah Indonesia mengurangi 70% sampah di lautan pada tahun 2025, serta upaya menekan pencemaran plastik hingga mendekati nol pada tahun 2040.

“Melalui inisiatif bottle2fashion yang dibangun bersama H&M Indonesia selama ini, Danone- AQUA berhasil mengumpulkan 129 ton botol plastik bekas dari Kepulauan Seribu dan pesisir Jakarta. Inilah wujud nyata pencegahan sampah plastik masuk ke lautan, yang juga merupakan manifestasi dari gerakan #BijakBerplastik kami,” ujar Ratih Anggraeni dari Danone Indonesia. “Bersama mitra LSM, kami pun melibatkan masyarakat, anak usia sekolah, dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat untuk mulai memilah sampah dan membawanya ke bank sampah masyarakat, bank sampah sekolah, maupun pengumpul sampah plastik yang turut kami berdayakan, sebagai bagian dari ekosistem pengumpulan dan daur ulang.”

Botol plastik bekas terkumpul kemudian seluruhnya dibawa ke Recycling Business Unit (RBU) dampingan Danone-AQUA di Tangerang Selatan untuk dipilah kembali, dicacah, dan dibersihkan. Selanjutnya, cacahan plastik dikirim ke fasilitas produksi H&M Indonesia untuk diproses menjadi serat poliester dan diubah menjadi berbagai produk fashion yang dipasarkan di hampir seluruh gerai H&M di seluruh dunia.

limbah botol PET - pellets hasil pelelehan botol PET - serat polyester - menjadi material kain setelah dicampur dengan serat katun 

“Kami sangat bangga akhirnya bersama Danone-AQUA dapat meluncurkan kampanye Cleaning-Up for the Future ini, untuk mewujudkan visi menjadi 100% sirkular sekaligus menggunakan sumber daya terbarukan. Koleksi pakaian anak-anak berbahan dasar hasil daur ulang botol plastik bekas ini juga merupakan upaya mencapai ambisi H&M untuk 100% menggunakan material daur ulang dan berkelanjutan pada tahun 2030,” ungkap Communications Manager, H&M Indonesia, Karina Soegarda.

Keseluruhan rantai pasok dari koleksi pakaian anak-anak ini mencerminkan upaya Danone- AQUA dan H&M Indonesia yang secara konsisten menciptakan solusi inovatif atas isu sampah plastik di lautan secara holistik, di mana manfaatnya tidak hanya bagi Indonesia, tapi dapat dirasakan oleh seluruh dunia. Kampanye ini juga mengirimkan pesan bahwa solusi yang inovatif dan berdampak luas, hanya dapat tercapai melalui kolaborasi multipihak yang dibangun bersama pelaku industri yang lain, komunitas, LSM, institusi pendidikan, media, dan pemerintah. 

Di Indonesia, koleksi ini tersedia di ID.HM.COM, juga di 12 toko H&M yang tersebar di Jabodetabek, Surabaya, Bandung, dan Bali. 

See also:
-- 5 Desainer Tampilkan Busana Syari Bertema Hutan dan Hujan -- IEF 2017; Moving Together in Fashion Ethic -- Dari Botol Plastik Bekas Hingga Jadi Koleksi Pakaian -- Tencel Dukung Industri Fashion Ramah Lingkungan --

Tags

please login to comment.

RELATED NEWS

Wardah Fashion Journey Commits to Support Indonesian Fashion Designers

Wardah Fashion Journey Commits to Support Indonesian Fashion Designers

READ MORE
Datang Lagi! Koleksi Eksklusif Doraemon x Desainer Indonesia

Datang Lagi! Koleksi Eksklusif Doraemon x Desainer Indonesia

READ MORE