Tencel Dukung Industri Fashion Ramah Lingkungan

Seberapa penting kita memahami dan menerapkan fashion ramah lingkungan? Untuk melihat gambaran utuh tentang hal ini, betapa besar pengaruhnya bagi bumi dan kelangsungan hidup manusia, coba tonton film The True Cost, yang memetakan dengan baik apa dampak konsumsi fashion yang tidak terkendali. 

Salah satu wujud penerapan fashion ramah lingkungan, yaitu penggunaan serat tekstil ramah lingkungan dan pewarna alam. Beberapa produsen tekstil yang peduli terhadap fashion yang berkesinambungan, mengembangkan dan memperkenalkan tekstil yang ramah lingkungan. Salah satunya Tencel, brand serat untuk industri tekstil di bawah grup Lenzing.

Menonjolkan sumber bahan baku tumbuhan dan kemampuan biodegradasi, serat Tencel Modal dan Tencel Lyocell dapat meningkatkan kemampuan bernafas bahan dan memiliki muatan statis yang minim saat digunakan dalam bahan. Bahan-bahan yang dibuat dari serat Tencel dan Lyocell juga sangat lembut di kulit dengan fitur yang halus, kelembutan yang tahan lama, warna yang hidup dan mampu mempertahankan kualitas warna. 

Serat Tencel berasal dapat di aplikasikan dalam berbagai macam produk teksil, dari pakaian, pakaian dalam, denim sampai perlengkapan rumah, seperti handuk dan seprei. Portofolio brand produk Tencel mendefinisikan langkah evolusi baru terkait kebersinambungan, manfaat fungsional, kenyamanan alami dan melayani pemakaian sehari-hari atau pengaplikasian khusus.

Eco Fashion Week Indonesia 2018

Untuk lebih meningkatkan kepedulian publik terhadap fashion yang ramah lingkungan, untuk pertama kalinya Eco Fashion Week Indonesia (EFWI) 2018 diselenggarakan di Jakarta pada 30 November hingga 2 Desember 2018. Lenzing Group dengan produk unggulan Tencel, kali ini memberikan dukungan penuh untuk event ini. Selaras dengan visi dan misi dari EFWI, yakni untuk melestarikan kekayaan seni tekstil Indonesia melalui metode dan inovasi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. 

  

Lenzing Grup pada Eco Fashion Week 2018

Untuk membuktikan keunggulan serat Tencel, Lenzing mempersembahkan sebuah fashion show bertajuk ‘New Faces’ dalam rangkaian EFWI . Pagelaran yang bekerja sama dengan 15 desainer muda berbakat Indonesia ini akan menampilkan koleksi busana yang berbahan dasar Tencel. ‘New Faces’ menampilkan 11 desain pakaian kasual untuk wanita, 4 desain pakaian kasual untuk pria, 10 rancangan dengan tema Batik for Red Carpet, dan 15 desain haute couture. Fashion show ini juga merupakan kolaborasi Lenzing dengan EASE brand. EASE merupakan salah satu brand pakaian premium dari Indonesia, dimana mereka menggunakan 100% sustainable raw material untuk semua koleksinya.

Rita M.Darwis, Project Director EFWI 2018, mengungkapkan, “EFWI dipersembahkan untuk semua orang dan mengundang semua orang untuk terlibat di dalamnya. Entah itu pengamat, pelaku fesyen, desainer, media lokal dan internasional, pelaku bisnis dan pemerintah pusat dan daerah. Kami ingin menyulut dan menginspirasi siapapun yang hadir untuk mengubah perspektif fesyen mereka. Indonesia berpeluang menjadi salah satu produser slow fashion terbesar di dunia, namun kita perlu mendesain ulang praktik-praktik yang belum sustainable, termasuk di industri fesyen.”

Perhelatan yang digelar hingga 2 Desember ini menghadirkan karya fashion dari 30 orang desainer nasional dan internasional yang telah menerapkan konsep yang aman bagi lingkungan dan ethical production, baik dengan cara recyling, upcycling atau menggunakan bahan organik dan natural yang mampu meminimalisir jejak karbon. Selain fashion show dan workshop, Eco Fashion Week Indonesia 2018 juga akan menampilkan berbagai hasil kompetisi yang diikuti oleh komunitas serta penayangan festival film fashion.

  

Eco Fashion Week 2018


Tags

please login to comment.

RELATED NEWS

Jaringan Ritel Macy Hadirkan Koleksi Modest Fashion

Jaringan Ritel Macy Hadirkan Koleksi Modest Fashion

READ MORE
2019, Semakin Dekat Wujudkan Indonesia Pusat Fashion Muslim Dunia

2019, Semakin Dekat Wujudkan Indonesia Pusat Fashion Muslim Dunia

Kementrian Perindustrian yang akan menjadi penyelenggara utama dari event besar ini

READ MORE