IEF 2017; Moving Together in Fashion Ethic

Ethical Fashion adalah sebuah pendekatan pada desain, sumber dan pembuatan pakaian yang memaksimalkan keuntungan untuk masyarakat dan komunitas, serta meminimalkan dampak (buruk) terhadap lingkungan. Gerakan ini bermakna upaya mengambil peran aktif dalam pengentasan kemiskinan, penciptaan lapangan kerja yang berkelanjutan, serta mengurangi dan menangkal masalah lingkungan. 

Kesadaran akan pentingnya fair trade dalam bisnis fashion telah mendorong semakin gencarnya pergerakan aktivis global dalam mengkampanyekan isu tersebut, seperti yang dilakukan organisasi Fashion Revolution. Para desainer dan brand yang selama ini menjadi sasaran tembak pun mulai berbenah diri, misalnya dengan meluncurkan program ramah lingkungan. Bukan hanya melalui gerakan sosial, tetapi kampanye melalui buku-buku dan film.

Beberapa buku yang membahas hal ini diantaranya berjudul 'To Die for; Is Fashion Wearing Out The World?', dan buku 'Overdressed; The Shockingly High Cost of Cheap Fashion'. Salah satu film yang banyak mendapat perhatian dan membuka mata dunia adalah 'The True Cost' (2015) garapan Andrew Morgan yang memaparkan tentang persaingan antar label fast fashion yang semakin ketat sehingga mereka membutuhkan kontraktor yang dapat memproduksi lebih cepat, lebih banyak, dan lebih murah. 

Kepedulian terhadap ethical fashion pun bergulir di kalangan desainer dan brand di tanah air. Untuk menerapkan etika fashion sepenuhnya bukan perkara hal yang mudah mengingat terlalu banyak mata rantai yang berada di luar kendali kita. Namun, setidaknya, para desainer dan brand di Indonesia mulai melakukan langkah-langkah kecil namun berkelanjutan yang mengarah pada fashion ethics. Seperti memperhatikan upah dan tempat kerja yang layak bagi pekerja, menggunakan material hasil perajin lokal, serta mengurangi limbah yang merusak lingkungan sekitar.

Salah satu langkah nyata untuk menerapkan ethical fashion dan mengkampanyekan hal ini,  Indonesian Fashion Chamber bekerjasama dengan Traya Indonesia akan menyelenggarakan International Ethical Fashion (IEF), suatu gerakan yang mendukung penuh fair trade dan industri fashion yang sustainable khususnya di Indonesia. International Ethical Fashion akan digelar dalam format event yang pertama kalinya pada 17–20 November 2016 di Jakarta Convention Center (JCC). 


IEF yang pertama ini akan menghadirkan 16 fashion show yang memperlihatkan keragaman ready to wear yang berbasis pada konsep lokal, sustainable, dan ethical hasil karya desainer dan brand lokal dari berbagai gaya, mulai dari urban contemporery, smart casual, evening wear, hingga moslem wear. Termasuk pula tekstil, aksesori, dan pendukung industri mode lainnya. 

Dalam rangkaiannya IEF akan menggelar pula exhibition (pameran dagang) dengan menghadirkan lebih dari 250 brand yang mempertemukan para kreator fashion di negeri ini dengan para customer dan buyer potensial dari berbagai negara. Serta ditunjang dengan program Fashion Talk dan Seminar yang bertujuan mengedukasi dan mengenalkan tentang etika fashion ke khalayak lebih luas.  

International Ethical Fashion berorientasi pada langkah pengembangan industri mode di tanah air yang menekankan pada aspek kepedulian terhadap bisnis fashion yang etis, memperhatikan tanggung jawab terhadap lingkungan dan sosial, meningkatkan pemberdayaan pada konten lokal untuk terwujudnya keberlangsungan industri mode di Indonesia. 


Menjelang pelaksanaan IEF, telah diselenggarakan pula Ethical Fashion Talk dan Media Gathering dengan mengusung tema “Moving Together in Fashion Ethic”. Acara ini menghadirkan para praktisi dan pemerhati industri mode sebagai pembicara, yakni Sadikin Gani, pengamat Ethical Fashion; Ali Charisma, National Chairman IFC; Lenny Agustin, pelaku fashion (Ketua IEF) ; Euis Saedah, Dekranas; dan Bai Soemarlono,  pelaku fashion. 

please login to comment.

RELATED NEWS

'Merayakan' Hijab bersama Aidijuma x World Hijab Day

'Merayakan' Hijab bersama Aidijuma x World Hijab Day

READ MORE
PESONA Ramadhan Fashion Delight 2017 Tampilkan Koleksi Khusus Ramadhan dan Lebaran

PESONA Ramadhan Fashion Delight 2017 Tampilkan Koleksi Khusus Ramadhan dan Lebaran

READ MORE