Stormtrooper Helmet Didandani 5 Seniman Indonesia

Salam untuk Star Wars fanboys di seluruh Indonesia! 

I know this December must be super exciting for all of Starwars mania here, for anticipation of Rogue One - A Star Wars Story. Walaupun film ini bukan prekuel atau seri dari Star Wars saga, tetapi keseruannya pasti tetap sama. Yes, film ini memang terlepas dan tidak berhubungan dengan seri Star Wars, dan tidak ada tokoh dari Saga yang terlibat dalam film ini, tidak ada 'force', tetapi masih berada dalam dunia Star Wars yang sama. Rogue One: A Star Wars Story akan hadir di bioskop seluruh Indonesia pada tanggal 14 Desember 2016, menceritakan kisah perjuangan para rebellion yang bersatu dalam misi penting mencuri rencana Death Star dari kuasa Empire.

Nah, dalam rangka menyambut film action-adventure terbaru dari LucasFilm ini, Walt Disney Studios Indonesia berkolaborasi dengan deretan seniman lokal dan penggemar Star Wars di Indonesia.  Salah satunya adalah tantangan Stormtrooper Helmet. Bergerak dari komitmen untuk mendukung talenta lokal dan semangat para rebellion yang bertekad untuk memperjuangkan hal yang mereka yakini, Disney Studios menggandeng lima seniman Jakarta untuk menceritakan kisah tentang perjalanan mereka menginspirasi dunia melalui karya seni. Cerita mereka ini dituangkan dalam media yang sangat iconic; Stormtrooper Helmet

Naela Ali, Sanchia, Tahilalats, Aidil dan Kims

Kelima seniman tersebut adalah Sanchia (@sanchimilikiti), Angga Kims (@kimswell), Aidil Fakhri (@theaedel), Nurfadli Mursyid (@tahilalats) dan Naela Ali (@naelaali). Mereka mewakili beragam bentuk seni ilustrasi, desain grafis, mural hingga komik.

Merepresentasikan semangat berjuang para rebellion, kelima seniman ini memiliki cerita dan 'perjuangan' masing-masing yang dituangkan secara personal diatas helm Stormtrooper. Sanchia, mengatakan bahwa proses pembuatan helm ini merupakan momen yang indah, karena ia membuatnya bersama sang putri tercinta yang berusia 3 tahun. "Saya memilih pom-pom sebagai bahan utama karena Stormtrooper dekat dengan image yang menakutkan. Melalui karya ini saya berharap dapat mengubah pandangan anak-anak akan karakter Stormtrooper dan menjadikannya lebih bersahabat."

Kims, salah satu pionir grafiti di Indonesia menggambarkan perjalanan seni mural dalam helmnya. "Dalam desain ini saya banyak bereksplorasi dengan perpaduan warna dan penggunaan media stiker untuk menunjukkan bentuk perlawanan terhadap sistem, dan secara garis besar karya ini adalah ilustrasi upaya saya mengubah sesuatu hal yang biasanya dianggap negatif menjadi positif."

Aidil yang merupakan seorang ilustrator dan desainer grafis, mengungkapkan konsepnya yang menggambarkan pergumulannya sebagai seniman dalam memperjuangkan hasil karya seni yang sesuai harapan. "Desain yang saya buat ini juga melambangkan antisipasi saya terhadap Rogue One, bagaimana saya memvisualisasikan perjuangan para pejuang rebellion dalam mencuri blue print Death Star."

Nurfadli atau yang lebih dikenal sebagai tahilalats memutuskan untuk terjun ke dunia komikstrip sebagai lahan berkreasinya. "Saya membuat doodle art dalam karya Stormtrooper helmet ini, yang menggambarkan perjuangan anak muda Indonesia dari Sabang sampai Merauke dalam upaya membangun industri kreatif dengan selalu berkarya dan berkolaborasi. Ide ini berasal dari masih banyaknya karya kreatif lokal yang lebih dikenal di luar negeri daripada di dalam negeri."

Sedangkan Naela Ali adalah seorang illustrator, desainer grafis yang banyak berkreasi pada produk atau benda pakai. "Stormtrooper helmet ini menggambarkan perjuangan seorang rebellion yang berusaha untuk menjadi diri sendiri dalam mencapai tujuan hidupnya. Desain ini menggambarkan karakter saya yang selalu menebarkan kegembiraan pada semua orang yang melihat karya saya."


Stormtrooper Helmet yang artistik ini bisa kita lihat di area pameran Rogue One: A Star Wars Story di Main Atrium Pacific Place Mall, Jakarta. Pameran yang sangat megah ini berlangsung dari tanggal 28 November hingga 8 Januari 2017, bertepatan dengan waktu liburan anak-anak. Selain kelima karya seniman tersebut, adapula mural Star Wars karya seniman mural Crack, instalasi tokoh dan berbagai elemen Star Wars yang luar biasa, dan area interaktif lainnya. Masyarakat dan pengunjung bisa merasakan langsung atmosfir film ini dan menikmati beragam pengalaman menarik selama muslim liburan, dan semua ini gratis. Jangan lupa menyaksikan filmnya, dan berfoto di area pameran ini ya!



 


please login to comment.

RELATED NEWS

I Bislacchi – A Tribute To Fellini

I Bislacchi – A Tribute To Fellini

READ MORE
45 Perupa Memaknai Indonesia; Pameran Seni Rupa Pertama di Plaza Indonesia

45 Perupa Memaknai Indonesia; Pameran Seni Rupa Pertama di Plaza Indonesia

Seniman yang berpartisipasi mulai dari Nasirun, Djoko Pekik, hingga mantan dosen dan mahasiswa ISI

READ MORE