Pilah Sampah Plastik, Kirim Via GrabExpress Recycle

Kini sampah plastik yang sudah kita pilah di rumah dan kantor, bisa dikirim untuk didaur ulang melalui layanan GrabExpress Recycle.

Kepedulian untuk berbuat sesuatu bagi kelestarian lingkungan dan daya dukung alam yang lebih baik, membawa sebuah kerjasama yang sangat penting dan signifikan antara Danone-AQUA dan Grab. GrabExpress Recycle, sebuah layanan baru yang tersemat langsung pada platform Grab, pengguna dapat dengan mudah mengirimkan sampah bernilai ekonomis, terutama botol dan gelas plastik, ke bank sampah terdekat. Kemudian, sampah tersebut akan dibawa ke Recycling Business Unit (Unit Daur Ulang/RBU) milik Danone-AQUA untuk diproses menjadi bahan baku yang nantinya akan dibuat menjadi produk baru untuk digunakan dalam keperluan sehari-hari, misalnya botol plastik baru.


Kerja sama ini merupakan bagian dari komitmen Danone-AQUA dan Grab dalam mendukung program pemerintah untuk mengurangi sampah plastik di laut hingga 70% pada 2025 dan diluncurkan dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional yang diselenggarakan setiap 21 Februari. Program yang bersifat masif ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah bagi kelestarian lingkungan.

Menurut Laporan Indonesian Marine Debris Hotspots yang dirilis Bank Dunia, Indonesia menghasilkan 175.000 ton sampah dan sekitar 14% atau 24.500 ton per hari merupakan sampah plastik. Sayangnya, 81% sampah di Indonesia tidak dipilah dan belum dikelola dengan baik sehingga sulit untuk didaur ulang dan dapat berakhir di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) atau justru terbuang ke laut.

Sampah plastik sendiri merupakan permasalahan besar di Indonesia dan melalui program ini, diharapkan lebih banyak orang turut serta mengumpulkan, memilah dan mendaur ulang sampahnya. Kemitraan bersama Grab yang merupakan pengejawantahan komitmen #BijakBerplastik Danone-AQUA dalam hal pengumpulan, edukasi, dan inovasi kemasan ini dimaksudkan agar konsumen pun dapat menjadi bagian dari solusi untuk Indonesia.


Sementara Grab pun sejak tahun 2019 telah menerapkan operasional yang ramah lingkungan dan berperan aktif dalam upaya-upaya pelestarian lingkungan di bawah payung komitmen #LangkahHijau untuk layanan transportasi serta gerakan pengemasan makanan yang ramah lingkungan. Para mitra pengemudi Grab terlibat aktif dalam kolaborasi ini dan berperan sebagai Pahlawan Lingkungan. Para mitra pengemudi Grab bukan sekadar perantara dalam proses manajemen sampah sirkular ini, tetapi memegang peranan penting di dalamnya.

Para pengguna Grab perlu mulai memilah sampah plastik sejak di rumah untuk mengurangi dampaknya terhadap lingkungan. Setelah itu, mereka dapat memanfaatkan layanan GrabExpress Recycle di aplikasi Grab agar pengemudi dapat menjemput sampah tersebut. Baik konsumen maupun pengemudi Grab yang terlibat dalam inisiatif ini akan memperoleh berbagai bentuk reward, mulai dari promo pesan-antar sampai poin GrabRewards, serta tur sirkular bagi beberapa pengguna yang paling antusias, agar dapat lebih memahami masalah sampah di Indonesia. Bentuk reward yang berbeda-beda ini dimaksudkan untuk membangun kebiasaan daur ulang di Indonesia serta memperkenalkan manfaat ekonomi yang terdapat pada sampah-sampah bermanfaat tersebut.


Sampah plastik yang telah dikumpulkan melalui kerja sama ini akan memiliki siklus hidup baru. Botol plastik, misalnya, setelah dikumpulkan, setelah dikumpulkan kemudian diproses untuk diubah menjadi botol AQUA Life. Upaya untuk mengurangi resiko sampah mencemari lingkungan dan untuk memanfaatkan material yang sama secara berulang dalam proses produksi melalui layanan GrabExpress Recycle, diharapkan dapat mendorong perputaran ekonomi sirkular di Indonesia. Dengan demikian, sampah yang dikelola pun akan memberi nilai tambah ekonomi bagi jutaan masyarakat Indonesia.

See also:
-- IEF 2017; Moving Together in Fashion Ethic -- Pilah Sampah Plastik, Kirim Via GrabExpress Recycle --

Tags

please login to comment.

RELATED NEWS

#SamaSamaBelajar, Konten Edukasi Menjadi Unggulan di TikTok

#SamaSamaBelajar, Konten Edukasi Menjadi Unggulan di TikTok

Konten edukasi kini menjadi konten unggulan di TikTok, melihat video singkat sebagai masa depan platform edukasi.

READ MORE
60 Pelajar Terima Beasiswa Pendidikan Fair & Lovely

60 Pelajar Terima Beasiswa Pendidikan Fair & Lovely

Selain dukung 60 wanita muda berprestasi Indonesia melalui Fair & Lovely Bintang Beasiswa 2020, Fair & Lovely juga serahkan Lifetime Scholarship untuk putra-putri perawat Indonesia yang gugur akibat COVID-19

READ MORE