Lihat Karya Ayana Ife, Desainer Muslim Pertama yang Menjadi Kontestan Project Runway


Project Runway adalah sebuah acara reality show tentang fashion design di Amerika, yang menampilkan beberapa kontestan desainer yang akan berkompetisi untuk merancang busana dalam tenggat waktu, tema dan material tertentu. Project Runway hingga kini telah tayang selama enam belas musim dan memiliki reputasi sebagai acara reality show yang bergengsi, dengan deretan desainer terkenal yang (pernah) terlibat didalamnya seperti Heidi Klum, Tim Gunn, Michael Kors, Nina Garcia dan Zac Posen.

Pada musim terbarunya yang tayang perdana pada bulan Agustus 2017 lalu, Project Runway menampilkan sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya; salah satu kontestannya adalah muslimah berhijab yang menampilkan busana muslim/santun pada setiap episodenya. Ayana Ife, kontestan yang berasal dari Salt Lake City ini pun mewakili muslimah yang 

karya Ayana Ife di Project Runway season 16

"Saat pertama kali mengikuti Project Runway, tujuan utama saya tentu saja ingin memenangkan kompetisi desain ini. Dan acara ini merupakan sebuah eksposure yang luar biasa bagi saya, sebagai seorang desainer busana untuk pasar modestwear. Branding seperti ini yang saya inginkan, bukan hanya desainer busana muslim - khusus untuk muslimah- saja".

"Tetapi kini setelah saya berada di Project Runway, feedback yang muncul ternyata di luar dugaan saya."

Di sosial media, banyak sekali muslimah atau hijabers yang merasa sangat terinspirasi dengan Ife, dan merasa bahwa Ife benar-benar merupakan representasi mereka - para wanita muslim ini. "We feel like you’re normalizing Muslims — especially in our current political climate.” 

Teman-teman dan keluarganya pun sangat bersemangat ketika mengetahui bahwa Ife lolos menjadi salah satu kontestan Project Runway, sebuah kompetisi fashion bergengsi, setelah mendaftar beberapa kali (Ife mendaftar sebanyak 4 kali, dan 2 kali sempat diaudisi). Ife tentu saja memiliki ceruk fashion yang berbeda dibanding kontestan lainnya. Ia menciptakan busana yang disebutnya modest-but-chic clothing, tidak menampakkan kulit, tetapi desainnya cenderung mengikuti bentuk tubuh.

Lihat busana hasil desain Ayana Ife yang sangat menginspirasi berikut ini.