Enigmatic, Semangat Malang Fashion Week 2020

Kolaborasi peragaan busana dari puluhan desainer Malang ini memanfaatkan beragam lokasi di kota Malang

Malang memiliki banyak sekali sumber daya kreatif di bidang fashion, yang secara aktif dikembangkan oleh kolaborasi dari asosiasi desainer, lembaga dan pemerintah daerah setempat. Salah satu yang telah rutin diselenggarakan, dan menjadi kebanggaan mode kota ini adalah Malang Fashion Week, yang diadakan setiap tahun sekali.

Tahun ini menjadi ketiga kalinya Malang Fashion Week dilangsungkan, meskipun seperti event lain, harus dilaksanakan secara virtual. Penyelenggara terlebih dahulu melakukan taping (pengambilan gambar) dari peragaan busana koleksi desainer, tentu saja dengan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat dan kemudian ditayangkan secara virtual perdana pada tanggal penyelenggaraan yaitu 6 hingga 8 November 2020. Fashion show secara virtual ini mampu menarik lebih banyak penonton dan memperkenalkan para desainer sekaligus rancangannya kepada masyarakat luas.

Andy Sugix


Rima

Tujuan utama dari pelaksanaan Malang Fashion Week adalah memajukan industri fashion di Kota Malang pada khususnya serta Indonesia pada umumnya, dilakukan bersama sama oleh pemerintah serta lembaga swasta yang lain. Berikutnya adalah mendukung program Pemerintah kota Malang, untuk mempertahankan dan menguatkan lagi predikat kota Malang sebagai kota kreatif di Indonesia yang berstandar global, serta tujuan berikutnya adalah sebagai wahana bersama bagi para pelaku industri kreatif khususnya kolaborasi antara desainer, dengan pengrajin / UMKM, antara desainer muda dengan desainer senior, juga antara desainer lokal dengan desainer nasional maupun Internasional, dalam mendesain dan membuat karya-karya yang luar biasa.

Malang Fashion Week kali ini, tidak hanya menampilkan presentasi karya dalam bentuk fashion show, melainkan juga menyelenggarakan Webinar Nasional "Fashion in New Normal Era", Live IG Fashion Talk dengan desainer inspiratif, Lomba Fashion Illustration, dan Lomba Face Icon.

Malang Fashion Week 2020 menghadirkan 51desainer baik yang berasal dari kota Malang dan kota-kota lain di Indonesia, serta 3 desainer tamu yaitu Ali Charisma dari Bali; Gregorius Vici dari Semarang; dan Azlan dari Kuala Lumpur, Malaysia. Fashion Webinar Nasional tentang Fashion di Era New Normal, menghadirkan 3 pembicara yaitu, Andien yang sudah memulai bisnisnya pada bidang fashion, Ane Avantie dan Ali Charisma yang keduanya merupakan desainer top Indonesia.