Keren dan Mutakhirnya Grha Unilever BSD Ini Bikin Iri

Yap, Kaskus and Google Indonesia, step aside please. Kalau pada tahun-tahun lalu beberapa ruang kantor atau gedung di Jakarta mendapat perhatian karena desainnya yang canggih dan bikin mupeng -seperti Kaskus, Google Indonesia, dan Nestle-, kini yang menjadi buah bibir adalah gedung baru Grha Unilever yang terletak di Green Office Park BSD City  Tangerang Selatan. 

Oh i'm sure you're already familiar with tons -yes i'm exaggerating- of pictures posted in many social media platforms. Dan buat yang tinggal di sekitar BSD pasti juga sudah kenal sekali dengan gedung baru dengan desain muka yang sleek, non-konvensional dan sangat eye catching ini. 

Grha Unilever sendiri baru diresmikan pada 21 Juni 2017 lalu, hanya 4 hari menjelang lebaran. Ini menjadi tonggak penting bagi sejarah Unilever di Indonesia, dengan menjadikan gedung yang dibangun di atas lahan 30.000 m2 dengan luas bangunan 50.000 m 2 ini dapat menampung sampai 1.350 karyawan ini sebagai head officenya di Indonesia. And by the way, Unilever sudah menjadi perusahaan FMCG di Indonesia selama lebih dari 83 tahun lho (a good sustainable market goods company means a good stock to invest ;)


Menurut Chief Executive Officer Unilever, Paul Polman, gedung baru ini menjadi simbol dari komitmen jangka panjang Unilever terhadap Indonesia sekaligus mencerminkan tekadnya untuk membuat standar-standar baru dalam segala sesuatu. Ada beberapa standar baru yang ditetapkan di Grha Unilever, papar Paul Polman. Pertama, Grha Unilever menerapkan standar tinggi dalam hal penggunaan teknologi ramah lingkungan serta penerapan konsep keberlanjutan. Kedua, kantor ini memiliki standar baru dalam hal penyediaan fasilitas yang bertujuan mengoptimalkan dan mendukung kesehatan dan kesejahteraan karyawan.

Standar baru yang ketiga terletak di aspek desain dan tata letak tempat kerja yang bertujuan membuat karyawan selalu dinamis dan bersemangat serta membangun jiwa entrepreneurship dalam diri mereka.

Lebih lanjut Presiden Direktur PT Unilever Indonesia Tbk Hemant Bakshi mengatakan, “Grha Unilever menyatukan karyawan dari 4 lokasi kantor pusat kami yang sebelumnya terpisah-pisah. Gedung ini dirancang dengan konsep untuk mendukung semangat kebersamaan, kolaborasi, saling melibatkan satu sama lain serta agility/ kelincahan dalam bekerja”.

Konsep ini diwujudkan antara lain pada desain ruang kerja yang tanpa sekat, tersedianya banyak area kerja bergaya informal – yang disebut collaboration area - tempat karyawan dapat berkolaborasi atau berdiskusi bersama dengan rekan-rekan kerjanya secara nyaman, serta atrium dengan grand staircase yang luas sebagai sarana bagi seluruh karyawan untuk berkumpul bersama dalam acara-acara khusus, sehingga kebersamaan dapat terus dipupuk (grand staircase iconic, this must be designed and built to cater the enthusiasm to take individual or large group photos, I knew it). 

“Tata letak ruang kerja di Grha Unilever juga mendukung konsep fleksibilitas dan kelincahan dalam bekerja (agile working), karena karyawan tidak terpaku harus bekerja di satu meja tertentu, yang diyakini dapat mengatasi kejenuhan karyawan, membuat mereka lebih terinspirasi dan lebih produktif. Ini semua merupakan wujud standar baru yang kami tetapkan untuk mendukung kedinamisan serta produktifitas karyawan,” papar Hemant Bakshi.

OK, now here's the deal, yang bikin semua orang iri dan ingin berkantor di gedung ini. Fasilitas dan establishment yang disediakan untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan karyawan serta menciptakan suasana kerja yang nyaman, antara lain:

- pusat kebugaran

- Zwitsal Day Care Centre, jadi untuk karyawan yang harus membawa balitanya, sangat dimudahkan disini.

- ruang laktasi. Unilever sejak dulu sudah dikenal ramah untuk ibu menyusui.

- TRESemmé salon, can you imagine mereka bisa nyalon dulu di kantor sebelum pulang atau meeting di luar?

- Magnum café

- Buavita Juice Bar

- perpustakaan

- entertainment room

- kantin dengan kapasitas 650 tempat duduk

- Masjid Al Muhajirin yang dapat menampung 600 orang, dan

- poliklinik serta farmasi.


Begitu masuk di atrium utama, yang pasti membuat saya terkagum-kagum adalah desain facade dan penghubung antar zona pada tiap lantai yang sophisticated, dengan bentuknya yang asimetris dan futuristik, dan tidak ada sudut yang tegak lurus. Beberapa fasilitas tersebut bisa kita langsung lihat di area atrium ini, seperti cafe, bar dan ruang duduk yang serba terbuka, bernuansa informal, playful dan hangat. Tidak serupa suasana formal dan profesional seperti di gedung perkantoran lainnya.  

“Berkaitan dengan konsep keberlanjutan yang disinggung oleh Paul Polman, Grha Unilever menerapkan konsep ‘green building’ yang telah mendapat sertifikasi Gold+ dari Green Mark Certification U sebagai bangunan dengan desain ramah lingkungan. Dengan konsep ini, kami berusaha memberikan pemahaman kepada karyawan akan pentingnya mengurangi jejak karbon pada lingkungan, dimulai dari diri sendiri. Selain itu, dengan inspirasi dari hijaunya alam Indonesia, gedung ini dirancang sedemikian rupa sehingga bagian dalam dan luar gedung seolah menyatu, membawa suasana teduh dan nyaman di lingkungan kerja,” papar Hemant Bakshi.


Tentang konsep green building ini, bisa dilihat dari waste treatment yang dimulai dari pemisahan tempat sampah untuk sampah dry paper, general (sampah anorganik) dan sampah organik. Sebuah kebiasaan baru untuk membuang produk daur ulang juga diterapkan dengan menyediakan tempat khusus untuk membuang sisa produk-produk makanan maupun personal hygiene, dengan dikelompokkan menjadi 3; paper & cartoon, plastic bottle, dan pouch & sachet

Bukan itu saja, desain gedung ini yang terdiri dari 4 zona memungkinkan (atau memaksa? ;)) karyawan untuk lebih banyak berjalan kaki untuk mobilitas dari satu divisi ke divisi lainnya. Lebih sehat bukan? 

Now millennials and job hunter out there, be ready to compete more to be hired as Unilever staff member, since you know all of THOSE FUN would definitely make a game changer. ;) 

please login to comment.

RELATED NEWS

L’Oréal Science Fair 2017; Girls & Science Are Perfect Match!

L’Oréal Science Fair 2017; Girls & Science Are Perfect Match!

READ MORE
Blueair New Classic; Pilihan Tepat Dapatkan Udara Bersih di Lingkungan Anda!

Blueair New Classic; Pilihan Tepat Dapatkan Udara Bersih di Lingkungan Anda!

READ MORE