9 Fakta Menarik dari Pameran World of Ghibli Jakarta


Sudah tahu kan kalau Studio Ghibli saat ini sedang menghadirkan pameran super megah, The World of Ghibli, di Jakarta? Dedikasi dan rasa cinta para fans setia Studio Ghibli menjadi alasan di balik kehadiran The World of Ghibli Jakarta Exhibition ini. Pameran Studio Ghibli pertama di Asia Tenggara dan terbesar di dunia ini diselenggarakan di Ritz Carlton, Pacific Place Ballroom dari tanggal 10 Agustus – 17 September 2017.

The World of Ghibli Jakarta Exhibition bertujuan untuk merealisasikan imajinasi dan dunia animasi Studio Ghibli melalui instalasi unik dan menarik, yang tak terduga. Dari ilustrasi yang menggambarkan ide mengagumkan sang animator sampai terwujud dalam proses produksi film, hingga sosok Totoro dan Cat bus dalam ukuran aslinya, Howl's Moving Castle, dan pesawat terbang kebanggaan Hayao Miyazaki yang akan membawamu masuk jauh dalam dunia magis Ghibli.

 

Karena harga masuk pameran yang lumayan mahal (250-300 ribu untuk weekday, 300-350 ribu saat weekend), kamu bisa merencanakan dan nabung dulu sebelum datang dan menyaksikan langsung pameran spektakuler ini. Sebelumnya, berikut 8 fakta menarik tentang The World of Ghibli Jakarta kali ini.

1. Pameran ini mengambil area seluruh ballroom yang ada di Ritz Carlton Pacific Place, jadi memang gede banget areanya.

2. Pameran ini disebut oleh Studio Ghibli sebagai yang terbesar di dunia (wow!!) dan yang pertama kali diadakan di Asia Tenggara. Luar biasa kan?

3. Disini kita akan dibuat terpana dengan kehadiran instalasi-instalasi yang berukuran super besar, dari beberapa karakter dari film-film Studio Ghibli. Seperti Howl’s Moving Castle setinggi 8,5 meter, Robot Laputa raksasa, Bath House dari Spirited Away, toko Kiki's Delivery Services, juga life-sized Totoro yang super empuk!

4. Sekitar 90% dari instalasi disini dibuat oleh seniman Indonesia, yang langsung disupervisi dari Studio Ghibli. Luar biasa lho, karena hasil karya mereka ini sesuai standar bahkan lebih baik daripada instalasi yang dimiliki oleh Studio Ghibli di Jepang.

5. Beberapa instalasi bisa kita sentuh, bahkan masuk ke dalamnya. Tetapi ada juga instalasi yang tidak boleh disentuh. Tetap perhatikan petunjuk para Usher yang ada di lokasi ya.

6. Disini kita juga bisa melihat sejarah lengkap dari Studio Ghibli, sketsa dan ilustrasi orisinil yang dibuat oleh para animator disana. Jadi, yang ini pasti asli dan dibawa langsung dari Studio Ghibli Jepang.

7. Terimakasih kepada penyelenggara di Indonesia, Kaninga Production, di pameran ini kita boleh mengambil foto-foto pameran dan instalasinya. Memang ada area yang tetap tidak diperbolehkan untuk foto, yaitu di area Journey of Ghibli dan sketsa asli dari Studio Ghibli. 

8. Selama pameran, akan diputar 22 film animasi Studio Ghibli di CGV Blitz Pacific Place. Jadi jangan lupa lihat jadwal pemutarannya di worldofghibli.id ya

9. Buat fans beratnya Ghibli, mereka menyediakan tiket VIP seharga 3 juta rupiah. Dengan akses VIP ini kamu bisa masuk ke pameran ini setiap hari lho, tetapi tiket ini tidak bisa dipindahtangankan.

 

Replika pesawat kebanggaan Hayao Miyazaki - Om Bob, seniman yang membuat Howl's Moving Castle

Ini waktu yang pas banget untuk bernostalgia kembali dengan film-film Studio Ghibli, yang sudah berdiri sejak 1985 dan menghasilkan 22 film yang tetap relevan hingga saat ini dan disukai banyak orang di seluruh dunia. Sebelumnya saya juga penasaran, kenapa Studio Ghibli sangat terkenal dan punya penggemar sendiri. Kalau sudah nonton film-filmnya, kita bisa melihat kalau animasi yang dibuat Studio Ghibli ini memang sangat khas, dengan sudut pandang yang unik tentang hubungan antar manusia, otherworldly creatures (film-filmnya selalu melibatkan makhluk-mahkluk imajinasi yang sangat detil), dan bangunan-bangunan berkarakter yang selalu mendapat tempat di hati penonton baik anak-anak maupun dewasa. 

Selain ceritanya yang memiliki nilai-nilai positif, hampir semua dari animasi yang diciptakan oleh studio Ghibli disketsa dan digambar dengan tangan. Ini juga yang merupakan kekuatan dari Studio Ghibli. Kalau menurut Sherina yang juga fans berat Studio Ghibli, musik dalam setiap filmnya begitu indah dan memukau, sangat menginspirasi.

Nah di pameran inilah Studio Ghibli ingin mengajak kita semua untuk menikmati satu demi satu, setiap animasi dan kerja keras dibalik film-film mereka, dalam detil yang memukau. Dari sketsa ke animasi, dan dari animasi diwujudkan dalam realitas. Sebuah sajian yang sangat langka, dan saya yakin, sangat bernilai untuk dikunjungi.


please login to comment.

RELATED NEWS

L’Oréal-UNESCO For Women In Science: Advancing Women Participation in Science

L’Oréal-UNESCO For Women In Science: Advancing Women Participation in Science

READ MORE
Melihat Wajah Islam Dunia Kini di International Islamic Fair 2016

Melihat Wajah Islam Dunia Kini di International Islamic Fair 2016

Event internasional ini akan diselenggarakan pada 20-23 Oktober 2016 di JIExpo, Kemayoran Jakarta.

READ MORE