2019, Semakin Dekat Wujudkan Indonesia Pusat Fashion Muslim Dunia

Kementrian Perindustrian yang akan menjadi penyelenggara utama dari event besar ini

Menjadikan Indonesia sebagai pusat fashion muslim dunia, adalah salah satu program utama pemerintah Indonesia yang langkah-langkahnya dilakukan secara terpadu oleh beberapa Kementrian, yaitu Kementrian Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM, serta Kementrian Pariwisata. 

Kementerian Perindustrian memiliki tugas besar untuk mempersiapkan ekosistem industri fashion dalam negeri dan segala infrastrukturnya, sehingga para pelaku usaha fashion siap dengan produk yang akan dipasarkan. Tugas besar ini telah dijabarkan dalam program kerja yang diampu oleh Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah. Dan menjelang tahun 2019, Kementrian Perindustrian semakin dekat untuk mewujudkan visi besar menjadikan Indonesia sebagai kiblat fashion muslim dunia di tahun 2020.

Selain didukung dengan kekuatan pasar sebagai salah satu negara yang memiliki jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia, Indonesia juga sudah memiliki berbagai jenis industri fashion yang berdaya saing global.

“Peluang pasar domestik industri fashion muslim Indonesia mencapai US$ 20 milyar, menguasai 1,9% pasar fashion dunia dengan nilai ekspor US$13,29 milyar, dan termasuk 5 besar negara OKI eksportir fashion muslim. Hal ini menunjukkan bahwa peluang pasar fashion muslim global maupun domestik sangat besar dan yang harus diisi oleh industri fashion muslim tanah air, sehingga dapat meningkatkan kontribusi sektor fashion muslim bagi PDB nasional.”, jelas Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah, Gati Wibawaningsih.

Dirjen Industri Kecil dan Menengah, Gati Wibawaningsih

Gati mengatakan saat ini Industri fashion muslim di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan dengan pertumbuhan rata-rata konsumsi fashion Indonesia 18,2% per tahun. “Satu hal yang membanggakan bagi kita bersama adalah peningkatan prestasi Indonesia di dunia internasional yang sangat signifikan. The State of Global Islamic Economy Report 2017/2018 mencatat Indonesia sebagai runner up negara yang mengembangkan fashion muslim terbaik setelah Uni Emirat Arab. Padahal pada laporan tahun sebelumnya, Indonesia tidak termasuk dalam 10 besar. Hal ini menunjukkan bahwa selangkah lagi Indonesia dapat berada pada urutan pertama dan menjadi kiblat fashion muslim dunia.”, jelasnya.

Selanjutnya Gati menjelaskan bahwa market size fashion muslim terbesar adalah negara-negara OKI yaitu mencapai US$ 191 miliar, sementara Indonesia baru mengisi US$ 366 juta. “Hal ini menunjukkan bahwa kita harus bekerja keras untuk meningkatkan ekspor ke negara-negara OKI sehingga paling tidak kita mampu menguasai 30% nya.” paparnya.

Oleh sebab itu, Kementerian Perindustrian melalui Ditjen IKM memfasilitasi para desainer Indonesian Fashion Chamber (IFC) di kegiatan Fashion Show La Mode Sur La Seine à Paris yang diselenggarakan pada tanggal 1 Desember 2018 di kota Paris Perancis yang telah menggaungkan busana muslim karya desainer Indonesia di kota Paris. “Jadi, target yang ingin kami capai dari peluncuran kegiatan ini adalah meningkatkan nilai ekspor produk fashion nasional khususnya fashion muslim di pasar Eropa dan negara-negara OKI,” imbuhnya. 

Selanjutnya Kementerian Perindustrian dalam perhelatan ini juga meluncurkan International Muslim Fashion Festival, yaitu pameran fashion muslim yang akan dilaksanakan tahun 2019 dengan konsep pameran business to business (B to B) yang dihadiri oleh sekitar 250 undangan yang merupakan buyer potensial berasal dari berbagai negara seperti Italia, Australia, Jerman, Taiwan, Korea, Amerika Serikat, Uni Emirat Arab, Spanyol, Inggris dan Rusia. Selain itu pada event ini juga akan dilaksanakan international conference, fashion show, dan talkshow.

Selama ini pemerintah telah gencar mendorong industri fashion di dalam negeri untuk terus meningkatkan market share Indonesia di pasar internasional. Oleh karena itu, agar mampu bersaing di kancah global, pemerintah juga terus berupaya memacu pertumbuhan industri fashion dengan meningkatkan kompetensi sumber daya manusia, agar bisa mencapai target jangka panjang dalam pengembangan industri fashion muslim yaitu Indonesia menjadi 3 besar eksportir fashion muslim ke negara OKI, industri fashion nasional menguasai pangsa pasar dalam negeri, industri fashion muslim menjadi kontributor dalam pembangunan ekonomi dan penyerapan tenaga serta menjadi kiblat fashion muslim dunia.

“Kementerian Perindustrian sangat konsen untuk mewujudkan Indonesia menjadi Kiblat fashion Muslim Dunia pada tahun 2020. Berbagai program telah kami laksanakan tahun 2018 ini antara lain Pendampingan dan sertifikasi SKKNI bagi penjahit busana muslim; Bimbingan Teknis dan Bantuan Alat Menjahit bagi WUB Busana Muslim; Capacity Building bagi IKM yang sudah existing; Kompetisi Modest Fashion Project (MOFP) start up; Indonesia Moslem Fashion Expo; Penyusunan Roadmap Pengembangan Industri fashion Muslim. Fasilitasi pameran dalam negeri (IFW, Muffest, Ramadhan Runway) dan luar negeri (CPM Moscow); dan Fasilitasi kegiatan La Mode Sur La Siene a Paris; serta Launching International Muslim Fashion Festival di Paris” jelas Gati.

Dapat diketahui Ditjen IKM juga telah menyiapkan berbagai kegiatan sebagai strategi pengembangan industri fashion muslim di tahun 2019 yaitu : Pendampingan dan sertifikasi SKKNI bagi penjahit busana muslim; Bimbingan Teknis dan Bantuan Alat Menjahit bagi WUB Busana Muslim; Capacity Building bagi IKM yang sudah existing; Kompetisi Modest Fashion Project (MOFP); Link and Match Desainer dengan Industri fashion Muslim; Link and Match Industri Tekstil dengan Industri fashion Muslim dan Desainer; Fasilitasi pameran dalam negeri dan luar negeri; International Muslim Fashion Festival; serta Impementasi Revolusi Industri 4.0 bagi industri fashion muslim. “Kami akan membentuk dan menginkubasi ekosistem bisnis fashion muslim. Kami akan membuat platform berbasis augmented reality dan artificial intelligence” ucap Gati.


See also:
-- Jaringan Ritel Macy Hadirkan Koleksi Modest Fashion -- 78 Desainer & Label Meriahkan Ramadhan Runway di Kota Kasablanka -- Semangat Milenial Muslimah dalam Hijab Celebration Day 2019 -- 2019, Semakin Dekat Wujudkan Indonesia Pusat Fashion Muslim Dunia --

Tags

please login to comment.

RELATED NEWS

Koleksi Ria Miranda x Blibli.com, 4500 pcs Habis Dalam 30 Menit Pertama Peluncuran!

Koleksi Ria Miranda x Blibli.com, 4500 pcs Habis Dalam 30 Menit Pertama Peluncuran!

READ MORE
Lihat Karya Ayana Ife, Desainer Muslim Pertama yang Menjadi Kontestan Project Runway

Lihat Karya Ayana Ife, Desainer Muslim Pertama yang Menjadi Kontestan Project Runway

READ MORE