The Coolest Design Festival in Town, CASA Indonesia

Bagi pecinta seni, desain dan arsitektur di Jakarta dan sekitarnya, pameran desain ini tidak boleh dilewatkan.

Inilah tempat pembuktian karya anak bangsa dan barometer perkembangan industri desain dan arsitektur di dalam negeri dan internasional; CASA Indonesia 2017, The largest and Most Comprehensive Living Exhibition Art, Architecture, Design & Living di Indonesia yang hadir untuk ke­8 kalinya.

Acara yang diselenggarakan oleh majalah CASA Indonesia ini diselenggarakan pada Kamis hingga ­Minggu, 1-4 Juni 2017 di Ballroom The Ritz­Carlton Jakarta, Pacific Place, dan dibuka untuk umum pada pukul 10.00-­22.00 WIB. Acara ini didukung penuh oleh Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dan didukung oleh Samsung Galaxy S8, FORME, Philips, dan Danapaint.

Acara pembukaan CASA Indonesia dan suasana pengunjung pameran CASA Indonesia 2017

Dihelat pertama kali pada 2010, CASA Indonesia sebelumnya dikenal luas dengan nama CASA By Bravacasa. Presentasi karya yang terkurasi dengan baik merupakan ciri khas dari pameran CASA Indonesia. Hal ini terlihat dari beragam instalasi desain, furniture, dan art yang menghadirkan keunikan dan keunggulannya masing­masing. Tak heran jika pameran ini selalu mencuri perhatian berbagai kalangan, tidak hanya kreator desain itu sendiri, tapi juga masyarakat luas. Terbukti dari jumlah peserta pameran dan pengunjung yang selalu meningkat setiap tahunnya. Pada 2016, CASA Indonesia berhasil mendatangkan lebih dari 30.000 pengunjung. Daya tarik tersebut membuat CASA Indonesia terus tumbuh menjadi ajang kreativitas bagi desainer dan bermetamorfosis menjadi suatu lifestyle tersendiri bagi tren asitektur dan interior.

Tampil dalam wajah baru, CASA Indonesia 2017 hadir sebagai sebuah ekshibisi sekaligus barometer perkembangan industri desain di dalam negeri maupun internasional. Mengusung tema Completeness and Beyond Happiness, CASA Indonesia kembali merayakan apresiasi karya kreator lokal untuk menciptakan karya yang sarat makna dan mampu membawa setiap pengunjung ke dalam imajinasi tanpa batas.

Booth Ambiance Afterhours

“Kami berharap dengan terselenggaranya CASA Indonesia 2017, akan membukakan pintu bagi para desainer lokal dan internasional untuk berkolaborasi dalam meningkatkan industri desain Indonesia. Berkontribusi pada bidang ekonomi kreatif merupakan suatu pencapaian kami untuk bangsa ini,” tutur Miranti M. Lemy, Editor in Chief CASA Indonesia Mengulang kesuksesan tahun lalu, CASA Indonesia Art, Architecture, Design and Living kembali menggandeng arsitek Cosmas D. Gozali sebagai Exhibition Director dan desainer interior Diana Nazir sebagai Creative Director. Nama­nama besar di bidang arsitektur dan interior ini berperan dalam menggubah CASA Indonesia Art, Architecture, Design and Living menjadi ruang atraktif hingga lebih dari sekadar pameran pada umumnya.

“Selalu bangga bisa menjadi bagian dari pergerakan desain melalui CASA Indonesia yang telah membukakan dunia nasional dan internasional untuk melihat kekuatan konten, kreativitas, kemampuan produksi, dan unique skill dari kreator di Indonesia. Kegiatan dengan konsistensi yang luar biasa ini telah mempresentasikan kemajuan dunia desain di Indonesia dari tahun ke tahun melalui karya terkurasi dari desain interior, produk, dan arsitektur. CASA Indonesia adalah panggung yang baik untuk terjadinya kolaborasi dan unsur komersial bagi desainer muda, konsultan desain profesional, produsen lokal­internasional, perguruan tinggi desain, dan juga masyarakat luas,” ujar Diana Nazir.


Salah satu produk dari Studiohiji

Artwork Mozaic Tile

Cosmas D. Gozali menambahkan, "Penyatuan kerajinan sebagai dasar budaya tradisional dengan teknologi di dalam desain akan menjadi kekuatan baru bagi dunia desain indonesia. "CASA Indonesia 2017 diikuti oleh lebih dari 60 tenant yang dapat memberikan inspirasi desain serta memanjakan para pengunjung dengan menampilkan beragam zona kreatif. Diawali dengan zona Designer's Showcase yang menampilkan instalasi imajinatif seperti pada pintu gerbang CASA Indonesia 2017 karya Cosmas D. Gozali dengan judul “Terperangkap Dalam Pikiran /­Capti Mente”.

Kemudian zona Cook and Design berupa instalasi seni ruang dan meja makan yang menyajikan berbagai solusi desain yang inovatif bagi kebutuhan interior. Bergeser pada zona CASA Indonesia lainnya, pengunjung dapat menyaksikan instalasi Architectural Project sebagai apresiasi perjalanan dunia arsitektur dan desain di Tanah Air. Di tahun ini, Samsung & Philips mempersembahkan salah satu instalasi istimewa yaitu Hystoria Video Tunnel yang menyajikan sejumlah video sejarah tokoh arsitektur, desain interior, dan desain produk.

Bapak Triawan Munaf Di Instalasi Seni Karya Raul Renanda


please login to comment.

RELATED NEWS

Stormtrooper Helmet Didandani 5 Seniman Indonesia

Stormtrooper Helmet Didandani 5 Seniman Indonesia

READ MORE
Live Art Installation karya Seniman Dunia dihadirkan di Neo Soho

Live Art Installation karya Seniman Dunia dihadirkan di Neo Soho

READ MORE