Jaringan Ritel Macy Hadirkan Koleksi Modest Fashion

Retail terbesar di Amerika, Macy, baru saja meluncurkan lini fashion modest pada bulan Februari ini. Ditujukan bagi para muslimah, pada peluncuran perdananya lini ini akan menyediakan berbagai koleksi maxi dress, ankle-length cardigan dan hijab. 

Koleksi tersebut akan tersedia di website Macy dimulai pada 15 Februari, dan belum diketahui apakah tersedia pula di seluruh jaringan Dept. Store Macy (mengingat saat ini pasar ritel yang sedang sangat lesu dan saham Macy yang masih jatuh). 

Langkah Macy untuk masuk ke pasar muslim yang terus berkembang ini menyusul merek-merek top Amerika lainnya seperti Nike yang mendesain hijab untuk olahraga, American Eagle yang juga mulai menjual hijab denim, dan DKNY yang lebih dulu meluncurkan koleksi Ramadhan beberapa tahun lalu.

Retail internasional pun turut meramaikan market muslim fashion di Amerika, seperti jaringan merek casual Uniqlo dan H&M, hingga merek luxury seperti Dolce & Gabbana dan Oscar de la Renta. Di segmen butik ada pula Louella, sebuah merek modest fashion milik atlet olimpiade Anggar, Ibtihaj Muhammad.  

Koleksi Macy Verona Collection menampilkan Amina Khan sebagai model

Bagaimanapun, Macy adalah sebuah jaringan ritel terbesar di Amerika, yang kini menawarkan berbagai varian busana santun dengan harga yang lebih terjangkau. Positioning seperti ini yang penting, seperti dituturkan oleh Sabiha Ansari, co-founder Konsorsium Konsumen Muslim Amerika (AMCC).

Masuknya Macy ke pasar modest fashion ini terjadi setelah saham Macy makin rendah dan menurun dalam beberapa tahun ini. "Sudah waktunya hal ini terjadi di Amerika, semoga Macy bisa melihat kesempatan ini di titik kejatuhannya, dan bisa menggugah retailer lain untuk mulai memperhatikan demografi (muslim) yang sedang berkembang ini", lanjut Sabiha.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa koleksi modest ini juga akan menjangkau pasar non-muslim yang menginginkan gaya santun yang fashionable, seperti para perempuan Yahudi dan Katolik yang selama ini pun kesulitan untuk menemukan banyak pilihan busana yang tertutup. Ia sangat menghargai pesan inklusivitas yang dilakukan oleh Macy disaat kondisi yang masih tidak terlalu menguntungkan bagi komunitas muslim dan juga para traveler muslim di Amerika. 

Macy belum bisa dimintai keterangan tentang bagaimana pasar muslimah ini bisa menjadi bagian dari strategi perusahaan, tetapi konsumen muslim diproyeksikan akan berbelanja lebih dari U$ 368 miliar untuk fashion pada tahun 2021 nanti, merujuk pada data terakhir State of the Global Islamic Economy Report dari Thomson Reuters. 


Lini modest fashion ini diberi nama Verona Collection, yang digagas oleh Lisa Vogl, seorang fashion fotografer muallaf lulusan Macy's Development Program untuk perempuan dan minoritas, sebuah program yang dimulai pada tahun 2011 lalu. 

Vogl menyatakan bahwa ia memulai untuk membuat sebuah bisnis online setelah mengalami kesulitan untuk mencari busana yang fashionable sekaligus tertutup, dan juga terjangkau harganya. Ia mendirikan butik offline Verona Collection pertama pada 2016 di Orlando, sebagai butik busana muslim pertama di mal. Kerjasama dengan Macy ini akan meningkatkan eksposure terhadap koleksi modest fashion ke skala yang lebih besar. 

Koleksi yang saat ini baru tersedia online di Macy dijual mulai dari $13 hingga $85.


(dirilis dari The Washington Post)

photo courtesy of Macy


Tags

please login to comment.

RELATED NEWS

45 Desainer Bergabung Menjadi Anggota Baru Indonesian Fashion Chamber (IFC)

45 Desainer Bergabung Menjadi Anggota Baru Indonesian Fashion Chamber (IFC)

READ MORE
Menuju Industri 4.0 dengan Tenaga Kerja Kreatif

Menuju Industri 4.0 dengan Tenaga Kerja Kreatif

READ MORE