Psoriasis dan Terapi Untuk Mengurangi Dampaknya

Apa yang anda tahu tentang psoriasis? Banyak yang mengetahui psoriasis sebatas jenis penyakit kulit yang cukup langka. Nyatanya, 3-4% populasi manusia ternyata pernah atau mengidap psoriasis, bukan jumlah yang sedikit kan?

Semua tentang psoriasis dijelaskan dalam sebuah event yang diselenggarakan Avène Indonesia pada 8 Juni 2017 di Jakarta untuk mengenal lebih dekat penyakit ini. Sebelumnya, jarang sekali pengetahuan dan pemahaman tentang psoriasis disampaikan kepada masyarakat. 

Psoriasis merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh autoimun, atau kondisi sel kekebalan tubuh yang menyerang sel yang sehat. Secara umum, ditandai dengan munculnya bercak merah meradang di kulit, penebalan dan rasa gatal/perih. Bila sisik ini dilepaskan maka akan timbul bintik pendarahan di kulit dibawahnya.

Beberapa fakta mengenai penyakit ini yang harus dipahami adalah bahwa psoriasis tidak dapat disembuhkan karena genetik, tapi gejalanya dapat diminimalisir agar tak mengganggu pasiennya. Penyakit ini dapat dipicu oleh rangsangan eksternal seperti alkohol, merokok, debu, bulu binatang, dimana setiap orang berbeda-beda pemicunya. Lalu berikutnya, psoriasis dapat mempengaruhi setiap bagian dari tubuh penderita, ini bisa menjadi terkena di bagian kulit kepala, tangan, kaki, hidung, bibir atas dan bahkan alat kelamin.

Avène Indonesia menunjuk Dr. Syarief Hidayat SpKK, President Asian Academy of Dermatology and Venereology dan President Persatuan Dokter Specialist Kulit Indonesia (PERDOSKI) juga owner dari ESHA Klinik secara khusus untuk menangani kasus Indadari di Indonesia, “Sebanyak tiga persen populasi dunia menderita penyakit psoriasis. Mungkin itu angka yang terlihat kecil tapi perlu diketahui, berapa banyak populasi orang di dunia yaitu 7,3 milliar jiwa.

Penyakit ini tidak menular tapi dapat menyerang siapa saja. Kemungkinan penyakit ini disebabkan oleh sistem imunitas tubuh dan faktor gen. Meski dipengaruhi oleh faktor internal, faktor eksternal juga bisa memicu terjadinya psoriasis. Beberapa faktor eksternal diantaranya adalah infeksi, luka, HIV, stress, berat badan, merokok, alkohol, serta perubahan hormon.” 


Pada acara kali ini juga dihadirkan Indadari Mindrayanti, istri dari komedian kondang Caesar yang menderita penyakit psoriasis akibat auto imun. Indadari telah menjalani pengobatan selama beberapa waktu dengan Dr. Syarief dan baru-baru ini mengikuti terapi andalan Avène Hydrotherapy Centre selama 3 minggu di Prancis. 

“Ibu Indadari merupakan pasien ESHA Klinik Karawang yang direkomendasi oleh Avène Indonesia untuk menjalani perawatan masalah psoriasis nya di klinik saya. Psoriasis ini terbagi ke dalam 9 tipe yaitu Psoriasis Plak, Kuku, Mukosa, Scalp, Gutata, Inverse, Pustular, Eritroderma, dan Arthritis. Indadari ini termasuk mengidap masalah Psoriasis Gutata yaitu berupa bintik-bintik ruam menyerupai tetesan air. Untuk Indadari ini saya menggunakan emollient dari produk Avene yaitu Xeracalm AD Cream dan Xeracalm AD Cleansing Oil, ditambah Avene Thermal Spring Water dan Cicalfate.

Kemudian dikirimkan oleh Avene Indonesia selama 3 minggu guna menjalani perawatan di Avene Hydrotherapy Centre. Hasil yang didapat setelah kembali ke Indonesia sangat baik yaitu tingkat kesembuhan 82% disertai dengan medical record yang jelas dan selanjutnya akan dilakukan pengobatan kembali di Indonesia di bawah penanganan saya,” lanjut Dr. Syarief. 

Indadari telah menderita psoriasis selama 8 tahun sebelum adanya undangan sponsor berobat secara gratis oleh Avène Indonesia untuk menjalani terapi Avène di perancis selama 3 minggu. Avene Hydrotherapy treatment merupakan salah satu jenis perawatan medis di Avène Hydrotherapy Centre – sebuah pusat riset dan perawatan medis terpadu milik Avène yang secara khusus didedikasikan untuk fokus ke penanggulangan isu seputar dermatologi guna menemukan solusi bagi perawatan kondisi kulit seperti atopic dermatitis, eczema, psoriasis, bekas luka bakar, post-cancer, ichthyosis, dan sebagainya.

“Saya merasakan perubahan nyata atau konkrit setelah selesai menjalani terapi di Avène Hydrotherapy Centre selama 3 minggu di kota kecil Avène, Perancis. Perawatan tersebut memberikan penjelasan lebih dalam mengenai penyakit ini dan bagaimana cara menanggulangi serta mencegah kemunculan kembali,” ujar Indadari Mindrayanti pada saat Jumpa Pers. “Hingga sekarang, seperti yang terlihat di layar TV, perbandingan kondisi kulit pre-terapi dan post-terapi sangat nyata dan konkrit. Saya senantiasa menggunakan Avène dan melanjutkan treatment menggunakan rangkaian produk XeraCalm AD juga Cicalfate untuk kulit sensitif saya, karena saya percaya produk ini merupakan jawaban seluruh masalah kulit sensitif bagi masyarakat Indonesia, tak terkecuali apakah mereka terkena penyakit psoriasis seperti saya, atau memiliki kulit sensitif secara umum”.

Berlokasi di Avène, Perancis, kini Avène Hydrotherapy Centre melayani sekitar 2.800 pasien dari seluruh dunia setiap tahun, guna menangani penyakit kulit advanced. Avene Hydrotherapy Centre ini menawarkan peralatan medis terdepan yang dikombinasikan dengan mutu dan efisiensi air panasnya (thermal water). Pada tahun 2010, komitmen Avène Hydrotherapy Centre terhadap mutu dihargai pada tahun 2010 sebagai Hydrotherapy Centre pertama yang sepenuhnya didedikasikan untuk dermatologi, sehingga mendapatkan penghargaan Aquacert HACCP Thermalisme® Certification. 

Jantung rangkaian produk Avène dapat ditemukan dalam sebotol Avène Thermal Spring Water. Dari mata air Saint Odile Spring di kaki pegunungan Cévennes, tersaring melalui tanah dan bebatuan selama lebih dari 50 tahun, mengalir turun ke kedalaman 1.500 meter sembari bersentuhan dengan mikro-organisme purba Aqua Dolomiae sehingga air diperkaya dengan mineral dan elemen dengan komposisi yang harmonis.

Kandungan calcium/magnesium dengan rasio maksimal pada Avène Thermal Spring Water menjamin keseimbangan kondisi kulit agar selalu optimal, memiliki kandungan mineral yang rendah serta silika, menghasilkan air yang lembut dan toleransi tinggi untuk kulit sehingga kulit dapat ditenangkan berkat zat aktif yang berasal dari mikroflora unik, yang telah terbukti dapat bekerja untuk mengatasi penyebab radang dan gatal.



Avène XeraCalm AD

Produk kunci Avène yang menyembuhkan atau mengurangi psoriasis adalah rangkaian XeraCalm AD, yang terdiri dari XeraCalm A.D Lipid-Replenishing Cleansing Oil dan XeraCalm A.D Lipid- Replenishing Cream. Jajaran produk XeraCalm sudah melalui tes SCORAD (tes khusus guna menangani penyakit psoriasis dan atopic dermatitis), dan hasil tes tersebut sudah diterbitkan di beragam jurnal kedokteran dunia.

Diformulasikan sesuai dengan aturan Sterile Cosmetics Avène, fungsi utama XeraCalm AD adalah untuk mengatasi permasalahan semua jenis kulit kering, gatal, iritasi, atopic, dan exzema. Produk ini aman digunakan semua umur mulai dari bayi hingga dewasa karena tanpa pewangi, bebas paraben, dan dikembangkan dengan menggunakan bahan aktif yang dipilih secara efisien, aman, nyaman, dan tidak berbahaya bagi pengguna dan lingkungan sekitar. 

Mengapa XeraCalm AD sangat efektif dalam menangani psoriasis? Karena kandungan inti i-Modulia (Hasil pengembangan dan penelitian ilmiah selama 12 tahun oleh Pierre Fabre Research Centre, dan merupakan intisari zat aktif yang terkandung dalam mikroflora Avène Thermal Spring Water guna membantu mengurangi rasa gatal, pembengkakan, dan menciptakan penghalang atau anti-mikroba pada lapisan kulit), Cer-Omega (Membantu menyehatkan dan memperkuat lapisan pelindung hidrolipid kulit, meningkatkan ketahanan kulit terhadap agresi dari luar), minyak mineral, gliserin (untuk fungsi melembabkan), dan Avène Thermal Spring Water (dengan fungsi yang bersifat menenangkan, anti-iritasi, anti inflamasi serta mengurangi sensasi ketidaknyamanan pada kulit).

Ragam variant dan tips penggunaan XeraCalm: 

 XeraCalm A.D Lipid-Replenishing Cleansing Oil adalah pembersih wajah dan tubuh tanpa busa untuk membersihkan dan melindungi kulit dari kekeringan. Produk ini diciptakan tanpa pewangi dan tidak perih di mata. Gunakan saat mandi pagi dan sore. Campur 5 pump Cleansing Oil ke bak mandi atau busakan di tangan sebelum diaplikasikan ke bagian kulit psoriasis.

 XeraCalm A.D Lipid-Replenishing Cream bermanfaat untuk menutrisi kulit dalam jangka waktu lama, mengurangi rasa gatal pada kulit, merangsang pertahanan kulit, dan mengoptimalkan kenyamanan kulit. Gunakan setelah mandi pagi dan sore. Aplikasikan Cream pada area kulit kering di wajah atau tubuh sesering mungkin.

“Kami banyak menerima pertanyaan dan permintaan untuk mendaftar agar bisa berangkat ke Avène Hydrotherapy Centre di Perancis agar psoriasis dapat ditangani, tetapi manfaat kesembuhan dari Avène sendiri sebetulnya dapat dirasakan di negara Indonesia. Yaitu dengan Avène Thermal Spring Water dan rangkaian produk XeraCalm AD juga Cicalfate. Jadi masih ada harapan bagi para penderita psoriasis di Indonesia untuk sembuh tanpa harus berangkat jauh dan mengeluarkan biaya besar ke Perancis,” ujar Devi, Perwakilan dari Avène Indonesia.


please login to comment.

RELATED NEWS

Ada Batik, Songket dan Ikat di Kemasan Pepsodent Baru

Ada Batik, Songket dan Ikat di Kemasan Pepsodent Baru

READ MORE
#Menstruactive: Tetap Aktif dan Unstoppable Selama Menstruasi

#Menstruactive: Tetap Aktif dan Unstoppable Selama Menstruasi

READ MORE