Tak Perlu Beli, Kini Bisa Sewa Busana Desainer di Style Theory

Sebuah revolusi konsumsi fashion di Indonesia, dimana fashion premium tak lagi dibatasi kepemilikan.


Berapa sih harga busana karya desainer dengan koleksi yang terbatas saat ini? Memang sangat bervariasi, tetapi paling tidak kita bisa mengambil rata-rata, sekitar 2 hingga 5 juta untuk busana premium siap pakai. Harga yang cukup mahal, bagi rata-rata kelas menengah di kota besar Indonesia. 

Sebuah solusi untuk menjawab kebutuhan dan keinginan kita untuk menggunakan busana rancangan desainer, tanpa biaya yang mahal, kini telah tersedia. Style Theory merupakan aplikasi penyewaan busana desainer berbasis langganan, yang didirikan di Singapura pada Mei 2016. Kini, Style Theory telah melebarkan layanannya di Indonesia, sejak akhir tahun 2017 lalu. Layanan sewa busana desainer ini sebenarnya sudah banyak dilakukan, seperti di Amerika. 

Style Theory didirikan oleh Chris Halim dan Raena Lim, menyadari bahwa koleksi busana desainer yang harganya cukup mahal, hanya bisa dinikmati oleh segelintir orang, dan akhirnya lebih sering idle/tidak terpakai di lemarinya. Konsep ini sebenarnya mirip dengan aset sharing, sehingga bisa mengoptimalkan nilai dari aset tersebut, dan juga bisa dinikmati oleh lebih banyak orang. 

Style Theory kini bermitra dengan Go-Send by Go-Jek, dan bisa melayani area Jabodetabek tanpa biaya kirim ekstra kepada konsumen. Sekarang, semua orang bisa memakai baju desainer yang mereka inginkan, dengan melihat dan memilih di antara ratusan koleksi yang tersedia di aplikasi. Konsumen tinggal menerima dan mengembalikan baju tersebut, tanpa perlu memikirkan tentang pencucian atau laundry. Style Theory bekerjasama dengan premium Laundry, Pressto yang memastikan bahwa busana yang terkirim selalu dalam kondisi prima seperti baru.

Ini merupakan sebuah revolusi konsumsi fashion di Indonesia, dengan bantuan teknologi digital. Sebelumnya koleksi busana desainer di Style Theory didominasi oleh label dan desainer dari luar negeri, namun kini konsumen bisa juga memilih koleksi desainer Indonesia dan Style Theory ingin lebih banyak lagi desainer Indonesia yang bergabung. Untuk pertama kalinya, Style Theory berkolaborasi dengan 3 desainer Indonesia pada Jakarta Fashion Week 2019, mengakomodasi beberapa gaya yang berbeda mulai dari kontemporer, resort hingga modest street wear. 

Mengusung pesan 'Fashion Freedom', show ketiga desainer ini merepresentasikan ekspresi dan pilihan-pilihan fashion yang tidak terbatas yang bisa dimiliki seseorang. Tidak dibatasi oleh kepemilikan, ruang, waktu, dan bahkan terbebas dari penilaian dan pengakuan dari lingkungan. 

Ketiga desainer tersebut adalah Rani Hatta, Paulina Katarina dan Day and Night. Rani Hatta kita kenal dengan desain street style modest wear yang smart, clean dan casual, sedangkan Paulina Katarina dengan desainnya yang feminin, dengan beragam siluet mulai chic easy wear hingga klasik dan timeless. Day and Night, tentu saja dengan konsep desain every day ready-to-wear yang modern dan unik.