Cinematic Virtual Show ANFA 2020 Tampilkan Bakat Baru Fashion Indonesia

ANFA rutin diselenggarakan sebagai sebuah komitmen untuk terus mencetak bakat-bakat baru dalam industri fashion Tanah Air untuk mengharumkan nama Indonesia.

Harper’s Bazaar Asia NewGen Fashion Award (ANFA) merupakan ajang kompetisi desainer muda yangdigelar secara rutin sejak tahun 2013 di kawasan Asia, oleh majalah Harper’s Bazaar Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Singapura. Harper’s Bazaar India turut bergabung di tahun 2018. Di tahun 2019, Harper’s Bazaar Vietnam juga ikut bergabung mengirimkan desainer muda berbakatnya.

“ANFA diselenggarakan bertujuan untuk menemukan dan melahirkan desainer-desainer fashion yang bisa bersaing dengan desainer-desainer muda Asia dan siap terjun di bisnis fashion Tanah Air,” ujar Ria Lirungan, Editor in Chief Harper’s Bazaar Indonesia.

Di Indonesia, ANFA telah melahirkan sejumlah nama besar di industri fashion, seperti Peggy Hartanto dan Sheila Agatha Wijaya (Sean & Sheila) di tahun 2013, Cynthia Fransisca dan Audrey Chairunissa di tahun 2015, William Utama (pemenang Grand Final ANFA 2016) dan Wilsen Willim di tahun 2016, Michelle Kristiani Tjong (runner-up Grand Final ANFA 2017) dan Alifia Maqnuum di tahun 2017, Andandika Surasetja (runner-up Grand Final ANFA 2018) dan Frederika Cynthia Dewi di tahun 2018, hingga Kelly Vallerie (pemenang Grand Final ANFA 2019) dan Dea Yuliana di tahun 2019.

Memasuki tahun ketujuh, ANFA tetap digelar di tengah pandemi Covid-19. ANFA 2020 hadir dengan format alternatif dengan visualisasi berupa visual motion yang akan ditampilkan melalui mode live streaming di kanal YouTube Harper's Bazaar Indonesia pada 8 Agustus 2020 lalu, pukul 20.00 WIB. Visual motion yang ditampilkan merupakan hasil kolaborasi dengan multimedia artist, Eldwin Pradipta berkonsep Cinematic Virtual Fashion Show dan akan menyampaikan setiap kisah pada setiap busana para desainer bertalenta tersebut dengan visual yang indah.

Penyelenggaraan ANFA tahun ini, situs e-commerce JD.ID menjadi sponsor utama dengan menyampaikan misi yang selaras untuk industri mode Indonesia. Mengusung kampanye #Dijaminori guna mendukung dan menghargai hasil karya para insan kreatif, termasuk desainer dengan hanya memasarkan produk orisinal rancangan desainer Indonesia dan bukan produk tiruan. Kolaborasi Harper's Bazaar Indonesia dengan JD.ID juga akan diikuti oleh peluncuran koleksi kapsul dari para alumni ANFA, pemenang, dan finalis terpilih ANFA 2020 lewat program ANFA Online Festival. Seluruh koleksi yang nanti akan dirilis untuk festival tersebut akan diproduksi secara khusus oleh perusahaan tekstil terkemuka, Sritex yang ikut mendukung ANFA 2020. 

Ajang Asia NewGen Fashion Award, selalu melibatkan para tokoh-tokoh terkemuka di industri fashion Indonesia sebagai juri untuk menilai karya finalis. Selain melakukan penjurian juga membimbing untuk menyempurnakan koleksi dan memberikan arahan tentang pengembangan bisnis dalam industri fashion secara global. Tahun ini, para sosok terkemuka di industri mode Indonesia diantaranya Christine Barki dan Stephanie Susilo dari JD.ID, Didi Budiardjo, Jeremy Quek (Commercial Director PT. Sri Rezeki Isman TBK), Ria Juwita, Sebastian Gunawan, Ria Lirungan (Editor in Chief Harper's Bazaar Indonesia), dan Michael Pondaag (Head of Stylist Harper's Bazaar Indonesia).

“Kreativitas, daya pakai, daya jual, hanger appearance, dan styling adalah faktor penting yang harus peserta ANFA perhatikan agar menjadi daya tarik bagi juri. Dalam kompetisi ANFA ini, kami sebagai juri menilai dari beberapa sudut pandang, salah satunya yaitu mencari peserta yang berkualitas, mempunyai keberagaman kreativitas dan keunikan dari desain itu sendiri. Bagaimana keberagaman itu menjadi satu kesatuan yang harmoni yang mempunyai daya pakai dan daya jual. Dalam proses design, ada yang namanya finishing yaitu kualitas design tersebut (kerapihan dalam jahit, pemilihan bahan yang cocok dan jatuhnya garment tersebut). Maka dari itu, proses finishing seperti pun termasuk dalam penilaian kita,” ujar Sebastian Gunawan, Fashion Designer.

Karya Denniel Richard

Hasil kurasi dari deretan juri berhasil menyaring beberapa nama desainer muda yang terpilih dan dianggap dapat menjadi desainer nama-nama besar selanjutnya di industri mode Indonesia maupun global. Dari lima belas (15) semi finalis yang diambil melalui seleksi dan penilaian Harper’s Bazaar Indonesia, terpilihlah delapan (8) finalis. Beberapa nama yang terpilih diantaranya adalah label Stoffe yang diusung Alyza Bachmid, Astrid Nadia dengan lini ANW, Clara Valicia dengan label eponim Clara Valicia, Gracelyn Liauw untuk label NM:GRLI, Stefani Evelyn dengan label Sevelyna, Tanah Le Sae yang diusung Denniel Richard, label Maison Monique Lovita oleh Monique Lovita, dan Aulya Akhsan Menswear oleh Saifudin Aulya Akhsan.

Tahun ini, ANFA 2020 mengusung tema Sustainability. Tema ini diambil untuk mengedepankan keperdulian terhadap lingkungan dengan menggurangi limbah fashion, salah satunya dengan cara upcyling, dan merombak busana yang tidak terpakai menjadi koleksi busana baru. Delapan (8) finalis desainer muda yang terpilih akan menampilkan lima hasil karya mereka sesuai tema dengan menggunakan karakter desain mereka masing-masing melalui rangkaian visual motion ANFA 2020.

Hasil kurasi dari para juri, Indonesia terpilih dua (2) orang pemenang yaitu Denniel Richard melalui label Tanah Le Sae dan Stefani Evelyn dengan label Sevelyna. Pemenang ANFA 2020, mendapatkan beberapa hadiah menarik, yaitu mendapatkan hadiah beasiswa 330 jam di Instituto di Moda Burgo Indonesia yang dipersembahkan oleh JD.ID, kedua pemenang juga akan dibuatkan koleksi kapsul ekslusif yang akan dilansir melalui JD.ID. Tidak hanya itu, kedua pemenang juga dapat mengikuti ajang kompetisi ANFA ke jenjang selanjutnya yakni di tingkat regional dan bersaing dengan desainer muda dari 5 negara di Asia yang turut menerbitkan majalah Harper's Bazaar. Telah terpilih juga Alyza Bachmid sebagai pemenang pilihan Plaza Indonesia yang meraih voucher belanja senilai Rp. 10.000.000,-.

karya Stefani Evelyn


karya Alyza Bachmid

“Rencana ANFA Indonesia ditahun 2020 adalah membawa finalis ANFA untuk bersaing dengan desainer dari beberapa negara dalam acara grand final ANFA 2020. Untuk melanjutkan komitmen Harper’s Bazaar Indonesia, hasil desain finalis terpilih dengan program mentoring yang komprehensif, mulai dari pembuatan business plan sampai ke pembuatan koleksi kapsul ekslusif yang akan dilansir melalui JD.ID,” ujar Iwet Ramadhan, Head of Business Growth MRA Media. 

ANFA memberikan tempat bagi para desainer muda untuk memperkenalkan koleksi mereka ke dalam dunia fashion. Diharapkan akan terus menjadi ajang untuk menemukan dan mewadahi desainer-desainer muda berbakat di negara peserta masing-masing dan ANFA Indonesia akan terus hadir mencatat prestasi serta membawa industri kreatif Indonesia ke dunia Internasional.

See also:
-- Menuju Industri 4.0 dengan Tenaga Kerja Kreatif -- Fashionlink x #BLCKVNUE, Designer's Store Kolaborasi Jakarta Fashion Week dan Senayan City -- Deretan Gaun Menawan Bak Gemerlap Langit & Kerlip Bintang Karya Hian Tjen -- Ria Miranda Membawa Modest Fashion ke Fashion Kode, Seoul Korea --

Tags

desainer   kompetisi   awards   ANFA   Asia  
please login to comment.

RELATED NEWS

6 Siswa Istituto di Moda Burgo Akan Tampil di JFW 2018

6 Siswa Istituto di Moda Burgo Akan Tampil di JFW 2018

Kali ini Istituto di Moda Burgo menggandeng Ali Charisma sebagai mentor khusus bagi para siswanya yang akan menampilkan karya di JFW 2018.

READ MORE
Gelar Tren Fashion dan Genjot Produksi Lokal di MUFFEST 2020

Gelar Tren Fashion dan Genjot Produksi Lokal di MUFFEST 2020

READ MORE