Sosialisasi Tren Fashion Muslim dalam Road to MUFFEST Surabaya dan Jogja

Perhelatan Muslim Fashion Festival (MUFFEST) Indonesia akan kembali diselenggarakan oleh Indonesian Fashion Chamber (IFC) bersama Dyandra Promosindo sebagai organizer serta community partner HijabersMom Community dan Hijabers Community pada tanggal 19-22 April 2018 di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta.

MUFFEST 2018 akan menghadirkan exhibition (pameran dagang) dengan konsep ritel atau B2C (Business to Customer) sekaligus mengarah pada B2B (Business to Business) untuk konsumen ritel maupun buyer dan fashion show yang menampilkan keragaman karya desainer dan brand fashion muslim di Indonesia, mulai dari gaya konvensional, kontemporer, hingga syar’i yang sesuai dengan Indonesia Trend Forecasting (Muslim Fashion Trend) 2019/2020.

Menuju hari-H nanti, Indonesia Fashion Chamber mengadakan kegiatan pra-event di 6 kota di Indonesia, “Road to MUFFEST 2018” dengan didukung penuh oleh Total Almeera yang merupakan detergen halal pertama di Indonesia sebagai sponsor Official Halal Detergent MUFFEST 2018.

Road to MUFFEST Surabaya

Road to MUFFEST kali ini menyapa Surabaya pada hari Sabtu, 24 Februari 2018 dan Jogja pada 3 Maret 2018 lalu. Di Surabaya, acara untuk publik yang bertempat di Atrium Tunjungan Plaza Surabaya ini dibuka oleh Alphiana Chandrajani selaku Ketua IFC Chapter Surabaya dan menghadirkan narasumber yaitu Ali Charisma selaku National Chairman IFC serta Stephen Christano selaku Product Category Manager-Bukrim Dishwashing.

“Industri fashion muslim di Surabaya sebagai kota terbesar kedua di Indonesia mengalami perkembangan cukup pesat. Melalui Road to MUFFEST 2018 yang diselenggarakan di Surabaya diharapkan dapat mengarahkan para desainer dan pelaku usaha fashion muslim khususnya di Jawa Timur untuk memperkuat pondasi bisnis dan kreativitasnya  sehingga dapat menggarap pasar lokal lebih optimal dan merambah ke pasar internasional,” ujar Alphiana Chandrajani.

Hal senada disampaikan pula oleh Dibya Hody, PIC dari IFC Chapter Surabaya untuk acara ini, “Dengan kehadiran acara Road to MUFFEST 2018 sangat membantu perkembangan dunia fashion di Surabaya, terutama untuk perkembangan trend busana muslim. Surabaya sebagai hub fashion Indonesia wilayah bagian Timur sangat mengerti kebutuhan akan acara besar seperti MUFFEST untuk perkembangan industri mode terutama busana muslim di Surabaya dan Indonesia Timur.”

“Perkembangan fashion muslim di Indonesia tumbuh sangat cepat, sebesar 7% setiap tahun. Sehingga Indonesia disebut-sebut akan menjadi kiblat fashion muslim dunia. Total Almeera sebagai detergen yang sangat peduli terhadap perawatan pakaian dan perkembangan fashion muslim di Indonesia turut mendukung perhelatan MUFFEST dengan menjadi sponsor Official Halal Detergent MUFFEST 2018 dan mendukung secara penuh rangkaian acara sosialisasi MUFFEST 2018 yaitu Road to MUFFEST dan Catch Your Style di kota-kota besar di seluruh Indonesia,” tutur Stephen Christano, di Surabaya.

  


Road to MUFFEST Jogja

Kegiatan tak kalah seru juga terjadi di Hartono Mall, Jogja pada Sabtu, 3 Maret 2018 lalu. Di kota ke-empat penyelenggaraan Road to MUFFEST ini, dibuka oleh Phillip Iswardono selaku Ketua IFC Chapter Yogyakarta dan menghadirkan narasumber yaitu Lenny Agustin selaku MarComm& Public Relation Division IFC, Nuniek Mawardi selaku Ketua IFC Chapter Bandung, serta Vera Simatupang selaku Product Category Manager-Total Ameera Powder Detergent.

Pada kesempatan ini Lenny Agustin juga menjelaskan mengenai Trend Fashion Muslim 2019/2020 yang sedang disusun oleh Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), sebagai salah satu acuan tren fashion yang bisa digunakan oleh para desainer. “Diharapkan MUFFEST bukan hanya menjadi ajang bagi pelaku modest wear di Jakarta saja, namun dapat menampilkan potensi dari seluruh Indonesia. Maka, dilakukan sosialisasi MUFFEST untuk menjangkau masyarakat lebih luas supaya dapat memunculkan dan mengangkat desainer atau brand di kota dan daerah lain sehingga industri modest wear di masing-masing daerah dapat terus tumbuh. Termasuk sosialisasi Trend Fashion Muslim agar masyarakat sebagai konsumen maupun pelaku industri modest wear yang berada di Jakarta dan kota-kota lain memiliki pengetahuan yang sama tentang perkembangan trend sehingga bisa bersaing secara sehat,” tutur Lenny Agustin.

“Seperti visi dan misi IFC untuk ikut andil program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di seluruh sektor, yaitu menjadikan sektor industri fashion lebih besar. Sesuai cita-cita Indonesia sebagai pusat busana muslim di dunia tahun 2025, dengan demikian sudah selayaknya event MUFFEST didukung dan dipromosikan bersama-sama secara besar-besaran. Busana muslim merupakan suatu kebutuhan saat ini, dan busana muslim telah mengalami perkembangan, baik dari sisi design, cutting, style, maupun keberagaman gaya, tanpa meninggalkan kaidah berbusana muslim. Untuk itulah, kreativitas fashion designer sangat dibutuhkan supaya busana muslim dapat terus dikembangkan sehingga diterima oleh pasar secara luas. Di Yogya, industri dan trend busana muslim sangat berkembang terlihat dari minat masyarakat, baik sebagai konsumen maupun produsen, termasuk pelaku fashion baru yang terus bermunculan,” ungkap Phillip Iswardono, selaku Ketua IFC Chapter Yogyakarta.

  

Bertepatan dengan kegiatan Road to MUFFEST 2018 di enam kota, secara bersamaan diselenggarakan acara “Catch Your Style” yang bertujuan untuk mengapresiasi pemakai busana muslim berkonsep OOTD (Outfit of The Day) di sejumlah kota besar di Indonesia. Khusus Catch Your Style akan diadakan di beberapa kota tambahan, yaitu Medan, Denpasar, Pontianak, Malang, Banda Aceh, dan Semarang. Tim desainer yang mewakili IFC Chapter Surabaya dan Yogyakarta bersama tim MUFFEST 2018 akan berkeliling ke beberapa tempat umum di masing-masing kota untuk memilih OOTD busana muslim yang paling menarik. Pemenang Catch Your Style akan mendapatkan golden ticket untuk menghadiri acara MUFFEST 2018 serta bingkisan menarik dari Total Almeera, dan ditampilkan di media sosial (Youtube & Instagram) MUFFEST 2018.

Sampai jumpa di Road to MUFFEST di kota selanjutnya.



Tags

please login to comment.

RELATED NEWS

#23FashionDistrict Akan Jadi Ikon Fashion Tahunan Bandung

#23FashionDistrict Akan Jadi Ikon Fashion Tahunan Bandung

READ MORE
Bekraf Creative Labs Menggelar Cikini Fashion Festival

Bekraf Creative Labs Menggelar Cikini Fashion Festival

READ MORE