Komposisi Baru Denim untuk Hijabers

Flamoush ingin memberikan lebih banyak pilihan gaya kasual dan fun dengan denim untuk hijabers yang berjiwa muda, aktif dan tak terbatas

Komposisi Baru Denim untuk Hijabers

Denim, dengan karakteristik material dan warnanya, akan selalu menjadi staple item, atau pakaian wajib dalam lemari kita. Denim yang bagus, akan semakin terlihat keren semakin lama dipakai. Denim juga menjadi paduan yang paling pas untuk segala item fashion lainnya, karena karakter material yang cenderung tebal dan kuat, serta ragam warna biru yang menetralkan. 

Bagi brand atau produsen ternama yang biasa memproduksi denim, biasanya hanya akan berfokus pada item-item jeans klasik; celana jeans mulai dari skinny, straight, jegging, flare, high-waist dan lain-lain. Pilihan yang terbatas, terutama untuk para hijabers. Kebutuhan ini dilihat oleh produsen pakaian denim yang telah puluhan tahun mengolah dan memproduksi denim melalui brand C2 Denim, dengan menciptakan sebuah brand 'Flamoush'. Bermula dari pemikiran bahwa para hijabers membutuhkan busana kasual yang tidak membatasi, sesuai dengan jiwa muda mereka yang bergerak aktif, dinamis, dan tetap berpakaian sesuai kaidah. 

Konsep ini kemudian diberi nama Denim Reboot, dan menggandeng desainer Hannie Hananto untuk menciptakan koleksi perdana yang diperkenalkan ke publik pada panggung Jakarta Fashion Week 2019. Karakter Hannie Hananto yang playful, berani bermain dengan corak, potongan dan bold, menggabungkan maskulinitas material denim dengan karakter busana modest.

Untuk mencapai kelembutan, kenyamanan dan kelenturan yang diinginkan, maka digunakan bahan denim yang leih ringan dengan serat yang terbuat dari bahan alami seperti katun dan campuran katun-viscose. Kedua serat alami ini sangat baik menyerap keringat dan cocok untuk daerah tropis, terlebih untuk busana muslim yang cenderung menggunakan material yang lebih banyak. 

  

   

Produk denim yang sudah jadi diproses melalui laundry khusus yang menangani bahan denim melalui berbagai proses seperti penambahan enzim, bio wash, crinkle resin, dsb. Pada tahap akhir, penambahan patchwork dan teknik handpaint maupun sablon dilakukan pada produk, yang menambah karakter playful yang diinginkan. 

Meskipun material denim yang dihasilkan lebih ringan, namun penggunaan denim head-to-toe (kecuali kerudung) tetap cenderung terlihat 'penuh', apalagi dengan cutting yang serba longgar. Untuk membuat tampilan yang lebih 'ringan', kita bisa padankan denim dengan bahan lainnya, dengan warna-warna yang tidak mencolok. 

Flomoush menjadi satu dari sedikit brand ritel berbasis penjualan di Department Store yang turut berpartisipasi dalam JFW 2019. Kolaborasi ritel dengan desainer bisa menciptakan pasar yang makin aware dan menghargai produk lokal, dan semakin meningkatkan kualitas dari produk ritel yang melimpah di pasaran. Flamoush kini sudah tersedia di banyak toko Matahari dan Yogya Dept. Store. 



(foto-foto: JFW Official)

Tags

please login to comment.

RELATED ARTICLES

JFW 2017; 4 Brand, 4 Applique Detailing in 'Fervent'

JFW 2017; 4 Brand, 4 Applique Detailing in 'Fervent'

READ MORE
Barli Asmara for Batik Jambi

Barli Asmara for Batik Jambi

READ MORE