Ekspresi 'Artsy' IKJ Graduation Show 2019

Ekspresi 'Artsy' IKJ Graduation Show 2019

Program Studi Mode Institut Kesenian Jakarta mengadakan Mode IKJ Graduation Fashion Show 2019 digelar pada 23 Juli 2019. Fashion show ini diisi oleh tiga belas mahasiswa yang resmi lulus jenjang S1. Pada akhir bulan Juli ini, Plaza Fakultas Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta diramaikan berbagai busana dengan tema yang unik.

Tema yang diajukan beragam, namun memiliki kesan futuristik dengan menghadirkan tampilan beragam dari eklektik, quirky, elegan hingga modest yang memberikan inspirasi bagi para perempuan berhijab. Busana yang ditampilkan beberapa adalah ready-to-wear dan dirancang menyesuaikan dengan pilihan gaya masyarakat metropolitan Indonesia. Masing-masing tema terinspirasi dari berbagai tempat, budaya, lukisan, sampai tokoh terkenal yang tersebar di berbagai pelosok dunia.

Elly Grace, salah satu mahasiswa Program Studi Mode IKJ, mengajukan tema berjudul “The Subtleness” yang terinspirasi dari stupa Candi Borobudur, Arupadhatu. Bentuk-bentuk stupa yang tampak kaku, namun membundar diterjemahkan menjadi koleksi busana yang futuristik dan wearable.

Tidak hanya candi yang menjadi inspirasi, Pelabuhan Peti Kemas Tanjung Priok juga dijadikan sebagai sumber ide yang disulap menjadi pakaian yang colorful. Koleksi pakaian “Stack of Beauty” karya Wilda Nadhila dikemas dengan potongan yang menutup tubuh, tetapi tetap memberikan kesan style sporty off beat urban look. Pakaian yang ditampilkan diciptakan untuk wanita yang mencintai seni dan budaya, bersifat dinamis, dan gemar untuk tampil beda.


Koleksi karya Amrina Rosyada Qomariyah terinspirasi dari arsitektur Masjid Tiban, Malang. Koleksi “EQUAL MIX” hadir dengan warna biru dan putih layaknya Masjid Tiban. Dengan potongan bergaya Timur Tengah dan India, serta kerah khas Cina, busana yang ditampilkan memberi kesan bersih, modest, dan sophisticated.

Koleksi “Eccentric Endearments” karya Natasya Jovanka hadir dengan perpaduan batik berwarna cerah dengan plaid. Koleksi ini terinspirasi dari proses Ma’tudan Membalun yang merupakan bagian dari Upacara Rambu Solo di Tana Toraja. Ma’tudan Membalun merupakan prosesi pembungkusan kain berlapis-lapis yang direpresentasikan dengan busana yang edgy dan etnik.