'Korea' Jadi Kata Kunci yang Paling Dicari Online Shoppers!

Wow, saya masih surprise dengan fakta ini. Kata kunci 'Korea' ternyata (masih?) jadi pencarian utama para buyers/online shoppers di platform belanja online, Shopee sepanjang 1 tahun terakhir.

Ini terungkap dalam data dan statistik yang dirilis mobile-commerce (m-commerce) terbesar di Asia Tenggara, Shopee. Shopee merayakan ulang tahun pertamanya dengan pencapaian kinerja bisnis yang signifikan, pertumbuhan transaksi sebesar 43% setiap bulannya. Shopee hadir secara serentak di enam negara Asia Tenggara dan Taiwan satu tahun yang lalu, tepatnya 1 Desember 2015. Di Indonesia, kini sudah ada 7 juta pengguna aplikasi ini yang merupakan jumlah terbesar dibanding negara lainnya. Total transaksi di Indonesia juga mencapai 40% dari seluruh transaksi Shopee. Wow, Indonesia memang masih jadi surganya online shop.

Reinal LuRegional Managing Director, Shopee Indonesia

Mengapa dan bagaimana Shopee bisa meraih angka-angka luar biasa tersebut dalam kurun satu tahun saja? Ternyata, positioning Shopee yang sejak awal langsung menyasar dan fokus di m-commerce, sehingga fitur-fiturnya pun sangat mengerti mobile-user behavior. Navigasi yang simpel dan sangat mudah, kemudian Shopee juga menghadirkan fitur hashtag untuk pencarian. Pengguna akan lebih mudah dan cepat untuk mencari atau melihat-libat barang yang diminatinya. Selain itu, yang merupakan fitur unggulan adalah in-app chat. Calon pembeli bisa langsung chat dengan seller di aplikasi, tanpa harus menutup dan pindah ke aplikasi chat lainnya.


Nah, di awal tadi saya sempat menyinggung salah satu fakta statistik perilaku belanja online. Korea masih menjadi kata kunci pencarian terbanyak, masih banyak lagi fakta-fakta statistik yang menarik yang menunjukkan perilaku belanja online kita.

  • Sebelum tidur, browse online shop dulu.
    Nah, ini pasti kita juga melakukan ya. Jadi peak hours berbelanja online, adalah saat-saat menjelang tidur malam, antara pukul 21.00 hingga 23.00. Pe-we banget kan, sudah santai berbaring di kasur, lalu buka-buka online shop dan melihat-lihat barang bagus, siapa tahu ada yang nyangkut (dan murah!). Waktu puncak yang kedua adalah saat istirahat makan siang, jam 11 - 13 siang. Lunch break, makan siang cuma 5 menit, sisanya browsing olshop doooong ;) 
  • Lebih dari separuh pembelanja online, menghabiskan waktu lebih dari 31 menit untuk browsing di aplikasi Shopee.
    Jadi, hampir semua online shoppers itu membuka e-commerce ataupun m-commerce setiap hari lho. Dan setiap harinya, rata-rata menghabiskan 31 menit atau lebih untuk berbelanja online. Yaa, pasti lebih banyak browsingnya yaa, banding-bandingin harga, trus kalau di Shopee, chat dengan sellers. Namanya juga smart shoppers, hehe..  
  • Chat dengan seller itu penting!
    Jadi, faktanya adalah 75% pengguna Shopee melakukan chat lebih dulu dengan seller sebelum bertransaksi. Chat ini merupakan tahap penting, karena kita akan merasa aman kalau bisa berhubungan langsung dengan penjual. Benar kan? 3 alasan utama untuk chat dengan seller, adalah untuk mengetahui detail produk, mengetahui ketersediaan barang dan juga mengetahui kredibilitas penjual. Jadi para seller, kalau ada chat dari calon pembeli, jangan sampai diabaikan yaa.  
  • Laki-laki = Shoppingholic juga.
    So, jadi yang namanya belanja online itu identik dengan cowok sudah gak berlaku yaa. Sekarang, cowok juga hobi banget belanja online. Faktanya, di Shopee jumlah buyers/users cowok sudah hampir sama dengan cewek, tetapi persentasenya masih sekitar 40 - 60 (cewek masih sedikit lebih banyak lah). Eh tapi, untuk urusan chatting sama seller, male buyers chat as much as female buyers. Ceritanya sama-sama smart shoppers. Cuma yang jomplang banget, kalau cowok itu gak suka nawar, dibanding cewek. Bayangin, jumlah female buyers yang nawar 5.5x lebih banyak dibanding male! Nah, bisa disimpulkan sendiri kan?
  • 'Korea' disusul dengan 'Kaftan'.
    Jadi.. yang bisa nyaingin kata kunci Korea adalah... Kaftan! Jadi buat calon seller yang masih belum ada clue mau jualan apa, jualan Kaftan deh, masih banyak dicari! Tapi, hebat juga ya Korea dengan produk kebudayaannya di segala lini yang digila-gilai generasi muda seantero Asia. Baju Korea, kosmetik, dan apalagi sih... oya, Opa Korea! 

Jadi itu sebagian fakta perilaku belanja online, terutama di kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Menarik ya, dan cocok banget kan? Kini belanja apapun memang lebih gampang, just a click away. Tapi jangan sampai kebablasan yaa, karena nyari uangnya itu gak cuma 'a click away' lho, tapi 'a whole time, effort and energy', well, mostly. Ya nggak sii? 


please login to comment.

RELATED NEWS

L’Oréal Science Fair 2017; Girls & Science Are Perfect Match!

L’Oréal Science Fair 2017; Girls & Science Are Perfect Match!

READ MORE
Cool Dual, Smartphone Dual Camera Hasilkan Foto Layaknya Kamera Profesional

Cool Dual, Smartphone Dual Camera Hasilkan Foto Layaknya Kamera Profesional

Menekankan soal dual kamera 13+13MP yang nyata, dan teknologi dual kamera 2.0, Cool Dual adalah terobosan di segmen menengah

READ MORE