Sofie's Power Outer

Sofie's Power Outer

Desainer yang sukses dikenal salah satunya dari karakter kuat yang ditampilkannya secara konsisten pada setiap rancangannya. Karakter tersebut biasanya tersampaikan dengan baik dan menjadi imaji yang melekat di benak konsumen fashion. 

Parameter tersebut tentu saja ada pada Sofie, desainer senior yang kini menjadi anggota National Board Indonesian Fashion Chamber (IFC). Rancangan Sofie selalu menyiratkan dan mengekspresikan sisi ketangguhan seorang wanita -ataupun pria-, melalui garis-garis struktur yang tegas, material-material yang disesuaikan dengan garis tampilan tersebut, dengan warna-warna yang cenderung monokrom dan klasik. Sofie pernah mengatakan, bahwa dalam mendesain ia hampir selalu merujuk pada fashion di negara-negara 4 musim, yang menjadikan coat sebagai pakaian wajib yang harus dimiliki. 

Rujukan tersebut juga tidak hanya sebatas inspirasi, karena ia memiliki beberapa buyers di luar negeri yang secara reguler membeli busana rancangannya. Tampilan androginy yang kokoh, berlapis (layering), dengan kemeja, blouse dan luaran-luaran panjang kemudian menjadi highlight pada setiap desain yang dibuatnya. Bukan itu saja, Sofie juga memiliki kekuatan pada pola dekonstruktif, dengan garis-garis potongan yang tidak konvensional, yang membuat setiap busananya distingtif, memiliki look yang berbeda yang susah kita temukan di tempat lain.

 

Pada pembukaan Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2018, Kamis 19 April 2018 Sofie menampilkan koleksi busana muslim wanita, lengkap dengan hijab/headwear. Koleksi ini masih termasuk dalam tema rancangannya untuk tahun 2018 yang memasukkan unsur material tenun, disamping material lain seperti wool, katun dan polyester. Yang menjadi perhatian, tentu saja beragam coat dan outer yang selalu menjadi elemen utama penyusun koleksinya. Coat tebal hingga tipis, namun tetap disesuaikannya dengan iklim Indonesia yang tropis. Bergaya openfront (terbuka di bagian depan), cinched (ikatan di pinggang), hingga asimetris/one sleeved. Coat dengan pola-pola dekonstruktif ini yang selalu menjadi incaran para penyuka fashion yang berburu koleksinya.

Meskipun tidak hanya coat, koleksi Sofie lainnya seperti blouse, kemeja panjang, celana palazzo hingga sarung tenun yang dijual di boothnya juga laris diborong konsumen. Koleksi Sofie dijual dengan harga cukup terjangkau, untuk coat berbahan lebih tipis bisa dimiliki mulai harga 500 ribu rupiah, hingga coat-coat tebal berbahan tenun dan wool yang lebih mendefinisikan figur pemakainya seharga 1.75 juta rupiah. 

It's that statement coat, that give definition and power to the whole look. 

   

  

please login to comment.

RELATED ARTICLES

JFW 2017: The Forefront of Rebellious in Modestwear, Rani Hatta

JFW 2017: The Forefront of Rebellious in Modestwear, Rani Hatta

READ MORE
Energi Muda ACAKACAK yang Menggerakkan 'Perubahan' dan Kebaruan dalam Fashion

Energi Muda ACAKACAK yang Menggerakkan 'Perubahan' dan Kebaruan dalam Fashion

READ MORE