Motif Victorian Klasik Pada Koleksi Syar'i Lina Sukijo

Motif Victorian Klasik Pada Koleksi Syar'i Lina Sukijo

Ramadhan in Style 2017 yang diselenggarakan oleh Indonesia Fashion Chamber dan Gandaria City pada bulan Ramadhan ini, tidak sekedar menggelar pilihan busana untuk kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri, tetapi juga sebagai bentuk komitmen untuk mengembangkan industri modest wear (busana santun) Indonesia, dengan menampilkan tren dan ragam gaya modest wear yang makin beragam dan fashionable. Bagi desainer dan pemilik label modest wear, ajang ini sebagai sarana untuk meningkatkan kompetensi produk dan memperkuat fondasi bisnis.

Ragam gaya modest wear terkini ditampilkan di panggung Ramadhan in Style, karya lebih dari 40 desainer dan label Indonesia yang sangat terkurasi, mulai dari exclusive dress and evening gown, casual, etnik kontemporer, smart casual, busana syar'i hingga street wear. Tidak banyak desainer yang mengusung koleksi syari, dan salah satu desainer yang menampilkannya adalah Lina Sukijo. 

Sebagai desainer, mungkin nama Lina Sukijo belum terlalu dikenal di kalangan pecinta fashion terutama di Ibukota. Lina yang memiliki label Madinah Syari sebelumnya sudah berkecimpung lama sebagai dress maker dan mendesain busana muslim, tetapi baru khusus menekuni busana syari sejak sekitar 2 tahun lalu. Berbasis di Batam, Lina mengembangkan bisnis busana muslim di daerah yang ternyata peminatnya pun tidak kalah antusias dibanding dengan di kota-kota besar. Pelanggannya tidak hanya datang dari Batam, Riau dan sekitarnya, tetapi juga dari Malaysia dan Singapura yang sangat mudah dijangkau dari Batam. 

Hingga saat ini Lina masih banyak menerima dan mengerjakan desain kustom, pesanan dari konsumen perorangan. Tetapi disamping itu, ia juga membangun label Madinah Syari untuk mengakomodasi koleksi siap pakainya, dan agar lebih mudah dikenal dan menjangkau pasar yang lebih luas. Madinah Syari juga menjadi sarananya berdakwah melalui busana muslim, dan ingin lebih mengenalkan busana muslim syari ke negeri tetangga. 

Debut pertama Lina Sukijo di lanskap fashion ibukota dimulai dari perkenalannya dengan HijabersMom Community, yang kemudian membukakan jalan untuk Madinah Syari berpartisipasi dalam event MUFFEST 2017, April 2017 lalu. Desain busana syari-nya yang berkarakter kemudian terpilih untuk tampil di mini runway Ramadhan in Style, Sabtu 9 Juni 2017 lalu. 

 


Lina menampilkan mini koleksi berupa 6 set busana muslim 2 potong, long dress longgar dan khimar panjang. Bertema 'Classic Fair', koleksi ini dengan indah menyuguhkan busana syari yang dipercantik dengan aksen potongan-potongan lace bermotif victorian yang sangat khas, berwarna maroon yang kontras dengan material utama ceruti yang populer untuk busana syari. Aksen victorian lace ini menjadi focal point pada koleksi, motif klasik khas yang biasanya bisa ditemukan pada motif-motif wallpaper atau dekor bergaya klasik. Aksen ini ditempatkan secara apik di beberapa bagian busana seperti di bagian depan, hem, atau lengan dengan teknik bordir, sehingga terlihat menyatu dengan sempurna. 

Pilihan warna maroon yang klasik diangkat karena Lina juga terinspirasi dari sepotong kue red velvet yang sempat fenomenal, kue campuran coklat dan pewarna bit merah yang manis dan legit. 


Menurut Lina, Madinah Syari memiliki ciri khas pada khimarnya yang berbentuk meruncing ke bawah -bukan lagi oval seperti busana syari kebanyakan-, untuk menciptakan siluet vertikal yang membuat tubuh tampak lebih jenjang dan proporsional. "Menggunakan busana syari yang serba panjang dan longgar biasanya membuat look pemakainya terlihat makin bulat dan pendek, sehingga saya mengakalinya dengan potongan khimar yang sangat meruncing, membuat siluet yang lebih vertikal", jelasnya. 

Kini busana hasil rancangannya makin dikenal, dan konsumen bisa melihat koleksinya melalui instagram @madinah_boutique. 

please login to comment.

RELATED ARTICLES

Eugeneffectes, The Harajuku Muslim is Back!

Eugeneffectes, The Harajuku Muslim is Back!

READ MORE
60 Looks from SHAFIRA for This Eid Mubarak

60 Looks from SHAFIRA for This Eid Mubarak

READ MORE