Sentuhan Etnis Indonesia dalam Desain Hunian yang Mewah dan Modern


ID12, dua belas pemuda bangsa dengan profesi sama —desainer interior— mempersembahkan karya kolaboratif dalam bentuk pameran dwi-tahunan bertajuk THE COLOURS OF INDONESIA III: MAISON12. Pameran spektakuler ini mengisi seluruh ruang Atrium Senayan City, menyulapnya menjadi 4 area Apartemen, dan berlangsung selama sepuluh hari sejak 14 September 2018 hingga 23 September 2018 ini. 

“Salah satu jenis properti yang dalam situasi apapun dapat berkembang terus adalah apartemen. Oleh karena itu tema show unit apartemen tersebut kami beri nama MAISON12,” menurut Ary Juwono selaku the Chairman of The Colours of Indonesia menjelaskan tentang tema ini.

“Inspirasi utama Maison12 adalah menginfusi unsur-unsur Indonesia, tidak hanya pada pattern, tapi juga motif, aura dan detail, pada show unit satu kamar, dua kamar, tiga kamar, dan marketing gallery hunian vertikal apartemen,” tambah Ary Juwono.

MAISON12 terdiri dari Marketing Gallery ‘The Spirit of Sumba’ yang dikerjakan oleh satu desainer. ‘The Mystical Papua’ apartemen satu kamar yang diolah dua desainer, ‘The Voyage of Borneo’ apartemen dua kamar yang digarap oleh empat desainer, serta ‘The Soul of Java’ apartemen tiga kamar yang ditangani oleh lima desainer.


Tawaran Baru Hunian Vertikal

Inspriasi The Spirit of Sumba lahir saat Sumba tengah menjadi primadona seiring kecenderungan dunia pariwisata mengarah ke Indonesia Timur, saat ini. Ary Juwono terdorong untuk menciptakan atmosfir dalam nada kontras gelap terang yang mengalirkan nada harmonis dengan pusat lampu gantung pada Marketing Gallery di pameran ini. Area Marketing Gallery sekaligus menjadi pusat aktivitas harian dari penyelenggaraan pameran. Peluncuran produk, talkshow dari para peserta pameran akan berlangsung di area ini.


Eko Priharseno dan Reza Wahyudi menggarap gaya eklektik untuk apartemen satu kamar yang dinamakan The Mystical Papua. Inspirasinya datang dari keindahan Raja Ampat dan budaya Papua yang kental dan tegas hingga melahirkan adaptasi desain kontemporer eksperimental yang menjadi spesialisasi Eko dan Reza. Habitat Papua yang alami tergambar dalam elemen dekoratif lewat karya yang dekat dengan selera untuk kaum muda.


The Voyage of Borneo, mengusung unsur kerajinan yang menjurus ke arah desain yang lebih artsy dan modern. Merupakan signature style dari Prasetio Budhi, Yuni Jie, Sammy Hendramianto, dan Roland Adam. Motif keranjang Kalimantan karya Sandi Karman, seorang artis desainer grafis, ikut membantu membawa benang merah dari masing-masing karya desainer dalam apartemen dua kamar ini.

  

The Soul of Java, apartemen tiga kamar, lahir dari semangat berkolaborasi untuk memadukan gaya modern klasik kolonial yang luxury dengan craftmanship yang tinggi dari lima desainer. Keseharian desain Agam Riadi, Vivian Faye, Anita Boentarman, Joke Roos, dan Shirley Gouw yang kerap memadukan gaya klasik dengan gaya abad pertengahan untuk diterapkan dalam berbagai elemen interior dengan menjunjung khusus budaya etnis Jawa.




(foto-foto: Tim Muara Bagdja)


please login to comment.

RELATED NEWS

Bandung Creative Hub, Ruang Publik Bagi Industri Kreatif

Bandung Creative Hub, Ruang Publik Bagi Industri Kreatif

READ MORE
Hang Out Sehat dan Fashionable di Aula Store Bintaro

Hang Out Sehat dan Fashionable di Aula Store Bintaro

READ MORE