Menggabungkan 3 Kekuatan Kreatif (JFW, Brightspot & IdeaFest) dalam ID Creative Week

Tahun ini, 3 event kreatif ini tetap berjalan masing-masing, tetapi dengan promosi dan kampanye bersama

Bagaimana bila 3 ajang kreatif ternama di Jakarta berkolaborasi? Tentu menjadi sebuah kekuatan yang luar biasa. Jakarta Fashion Week, Brightspot dan IdeaFest masing-masing sudah memiliki branding yang kuat, dan menjadi ajang yang paling diminati di bidangnya. Sebuah kesan yang bukan didapat dalam waktu satu malam, ketiga ajang ini sudah malang melintang selama lebih dari setengah dekade.

Jakarta Fashion Week menginjak tahun ke-11, Brightspot merayakan tahun ke-9, sedangkan IdeaFest memasuki tahun ke-7 dengan penyelenggaraannya yang ke-5. Tahun ini, ketiga titan ini bersinergi menciptakan wadah yang menaungi insan kreatif Indonesia secara lebih komprehensif, dengan mengusung nama ID Creative Week.

Dengan menggabungkan kekuatan, memang sorotan yang didapatkan akan bertambah besar. Jika digabungkan, setiap tahunnya ketiga ajang ini mengumpulkan nyaris 110.000 pengunjung dan 700 pelaku industri kreatif dalam 250 segmen acara, serta melibatkan lebih dari 1250 awak media nasional dan internasional. Belum lagi didukung aset situs resmi dan media sosial ketiganya yang setia dikunjungi, setidaknya 500.000 pasang mata akan menyaksikan ID Creative Week melalui situs resmi, Instagram, Twitter, dan Facebook ketiga ajang pendirinya.


Jakarta Fashion Week sendiri merupakan sebuah pekan mode yang sudah memiliki gaung tersendiri di Asia Tenggara. Disetir oleh grup media Femina Group, pekan mode ini menampilkan sikap netral dan jaringan nasional serta internasional yang kuat. Sejak meluncurkan program Indonesia Fashion Forward di tahun 2012, ajang ini semakin mantap menyalurkan bakat-bakat nasional ke panggung global, dan menyediakan inspirasi dari desainer internasional untuk skena mode nusantara.

Sama halnya Brightspot yang merupakan sebuah event platform jual-beli yang menghadirkan lebih dari 150 tenant yang terkurasi dari ratusan pendaftar dan menarik lebih dari 60,000 pengunjung dalam empat hari pelaksanaannya. Brightspot terbukti dapat mengedepankan karya enterpreneur muda, bisnis start up brand lokal di bidang fesyen, F&B, dan gaya hidup.

“Dengan spirit yang sama, ID Creative Week adalah langkah nyata untuk mendukung bisnis industri kreatif di Indonesia. Brightspot adalah sebuah perayaan untuk individu-individu yang telah mempunyai keberanian merealisasikan impian mereka jadi sebuah output kreatif yang akhirnya membantu merubah kultur kontemporer di negara kita. Hal ini juga yang menjadi tema Brightspot tahun ini ‘Imaginarium’ dengan imajinasi kita bisa berkreasi, dan kreatifitas adalah sebuah komoditi berharga dan unik. Kita juga percaya bahwa berkolaborasi selalu membawa hasil yg lebih. Nilai-nilai ini juga melekat di Jakarta Fashion Week dan IdeaFest. Dengan ID Creative Week, saya berharap berita mengenai kreatifitas dari Indonesia bisa bergaung di seluruh dunia,” ujar Anton Wirjono, Founder Brightspot.

IdeaFest, sesuai dengan tajuk ajangnya, menyediakan platform untuk pertukaran ide. Agendanya diwarnai dengan puluhan kelas, seminar, dan diskusi menarik terkait industri kreatif dan perkembangan teknologi yang terkait. Setiap tahunnya, key opinion leaders dan speakers yang paling dicari berlomba membagikan ilmunya di IdeaFest.

Bisa dibilang, ID Creative Week menjadi sebuah nama besar, 'satu minggu kreatif' yang didalamnya berlangsung ketiga 'must attend event' bagi insan kreatif ini. 

Di tahun pertama ini, Svida Alisjahbana sebagai Chairwoman dari Jakarta Fashion Week sekaligus CEO Femina Group didapuk sebagai pengemban pertamanya. Tentunya penunjukkan ini punya alasan kuat, di antaranya pengalaman dan jaringan yang dimiliki Jakarta Fashion Week dalam mengembangkan industri kreatif selama sebelas tahun ini.

"Tahun depan, disesuaikan pula dengan target yang sedang menjadi fokus, maka Anton Wirjono dari Brightspot atau Ben Subiakto dari IdeaFest akan menggantikan saya. Setiap tahun akan diadakan rotasi, supaya program ini tidak stagnan, terus berevolusi menghasilkan variasi," papar Svida.

ID Creative Week tahun ini akan dimulai dengan Jakarta Fashion Week yang dibuka tanggal 20 Oktober 2018, disusul dengan Brightspot di tanggal 25 Oktober 2018, dan IdeaFest di tanggal 26 Oktober 2018. Agenda acara yang saling bersinggungan ini didukung dengan lokasi acara yang terbilang dekat, Jakarta Fashion Week di Senayan City, Brightspot di Pacific Place, dan IdeaFest di Jakarta Convention Center.

please login to comment.

RELATED NEWS

Trunk Show & Pop Up Store dari 8 Desainer Negara-Negara ASEAN

Trunk Show & Pop Up Store dari 8 Desainer Negara-Negara ASEAN

READ MORE
Happy 27th Anniversary, Plaza Indonesia!

Happy 27th Anniversary, Plaza Indonesia!

READ MORE