Ini Daftar Pemenang Pariwisata Halal Terbaik 2016. Sumbar Mendominasi!

Wisata Halal sudah menjadi salah satu unggulan yang dimiliki oleh Indonesia, dan satu sektor unggulan dari Kementrian Pariwisata yang menargetkan Indonesia menjadi destinasi halal nomor satu dunia di tahun 2019 nanti.

Ini bukannya tanpa alasan, karena wisata halal memang menjadi kebutuhan wisatawan muslim dunia. Laporan dari Euromonitor International pada World Travel Market di London menyatakan bahwa sedang terjadi booming halal tourism di Timur Tengah. Laporan tersebut juga menyebutkan adanya kebutuhan bagi maskapai yang menerapkan standar halal, dalam penyediaan makanan & minuman, panggilan waktu sholat, program religi dalam tayangan in flight broadcast, dan Al Quran dalam saku kursi pesawat. 

Berdasarkan laporan dari Thomson Reuters, di 2014 muslim di seluruh dunia menghabiskan 142 milliar dollar untuk traveling (diluar haji dan umrah). Ini merupakan pasar dan kebutuhan yang luar biasa besar, dan Indonesia mempunyai potensi baik dari luar negeri maupun wisatawan domestik muslim, sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia. 

Dengan latar belakang ini, sejak bulan Juni yang lalu Kemenpar menggelar Kompetisi Pariwisata Halal 2016 (KPHN 2016) yang meliputi 15 kategori. Kompetisi ini pertama kalinya diselenggarakan tahun ini, Kemenpar telah mengumumkan para pemenang pada hari Rabu (21/9) kemarin. 


Berikut daftar pemenang KPHN 2016:

1. Airport Ramah Wisatawan Muslim Terbaik 

Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (Banda Aceh, Aceh)

2. Hotel Keluarga Ramah Wisatawan Muslim Terbaik

The Rhadana (Kuta, Bali)

3. Resort Ramah Wisatawan Muslim Terbaik

Novotel Lombok Resort & Villas (Lombok Tengah, NTB)

4. Biro Perjalanan Wisata Halal Terbaik

Ero Tour (Sumatera Barat)

5. Website Travel Ramah Wisatawan Muslim Terbaik

Wonderful Lomboksumbawa  (NTB)

6. Destinasi Bulan Madu Ramah Wisatawan Muslim Terbaik

Kawasan Lembah Sembalun (Lombok timur, NTB)

7. Operator Haji & Umroh Terbaik

ESQ Tours Travel (Jakarta Selatan)

8. Destinasi Wisata Halal Terbaik

Sumatera Barat

9. Destinasi Kuliner Terbaik

Sumatera Barat

10. Destinasi Budaya Ramah Wisatawan Muslim Terbaik

Aceh

11. Sentra Kuliner Halal Terbaik

Kantin Salman ITB Bandung (Bandung, Jawa Barat)

12. Pusat Belanja Ramah Wisatawan Muslim Terbaik

Botani Square (Bogor, Jawa Barat)

13. Restoran Halal Terbaik

Rumah Makan Lamun Ombak (Padang, Sumatera Barat)

14. Daya Tarik Wisata Terbaik

Masjid Raya Baiturrahman (Banda Aceh, Aceh)

15. Kuliner Halal Khas Daerah Terbaik

Ayam Taliwang Moerad (NTB)



Jembatan Limpapeh, Bukittinggi


Ketua Tim Percepatan dan Pengembangan Pariwisata Halal (TP3H)  Riyanto Sofyan mengatakan, para pemenang KPHN 2016 ini akan  mewakili  Indonesia ikut  dalam ajang World Halal Tourism Award (WHTA) 2016 yang akan berlangsung di Abu Dhabi, Uni Emeriat Arab (UEA) pada  Desember 2016 mendatang.  “Di ajang WHTA 2016,  Indonesia diharapkan dapat berprestasi kembali atau setidaknya meraih prestasi yang sama pada WHTA 2015 dengan meraih 3 awards: World's Best Halal Tourism Destination (Lombok), World's Best Halal Honeymoon Destination (Lombok), dan World's Best Family Friendly Hotel (Sofyan Betawi Hotel Jakarta),”  kata Riyanto Sofyan. 


Sebagaimana disampaikan oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Indonesia optimisitis dapat menjadi destinasi pariwisata halal nomor satu dunia pada 2019. “Indonesia memang sangat potensial menjadi destinasi wisata halal paling unggul di dunia. Mengapa? Karena memiliki keragaman destinasi dan kekayaan budaya nusantara dan hal semacam itu merupakan modal utama yang tidak dimiliki negara lain. Kita juga semakin yakin dengan tingginya kesadaran masyarakat dan industri pariwisata nasional terhadap perlunya pariwisata ramah wisatawan muslim atau muslim  friendly  tourism,” kata Menpar Arief Yahya.


Penyelenggaraan KPHN 2016 yang baru pertama kali ini  disambut gembira oleh masyarakat terutama para pemangku kepentingan (stakeholder) pariwisata; daerah atau destinasi pariwisata dan industri pariwisata. Hal ini terlihat dari jumlah peserta KPHN 2016 yang semula ditargetkan hanya 100 peserta, namun jumlah pendaftarnya  mencapai 117  hingga akhirnya TP3H dan juri KPHN 2016  menetapkan 111 nominator untuk 15 kategori.


“Antusiasme masyarakat juga terlihat pada saat Kemenpar dan TP3H melakukan voting terbuka melalui website www.halaltourism.id atau tautan: http://www.mlife.id dan http://svy.mk/2bZnYK2,    sejak 26 Agustus  hingga 15 September 2016  untuk memilih 111 nominator favorit,  jumlah peserta mencapai 115.462 atau jauh melampaui target semula yang hanya 50 ribu,” kata Riyanto Sofyan yang pada kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada  111 peserta yang telah menjadi nominator dan calon peserta sebelumnya yang telah ikut mendaftar namun belum berhasil terpilih menjadi nominator serta kepada   seluruh voters dan masyarakat yang memberikan perhatian dan dukungannya untuk KPHN 2016.   Ketua Tim TP3H  berharap  kompetisi pariwisata halal nasional dapat diselenggarakan setiap tahun ini akan memacu laju pertumbuhan dan perkembangan pariwisata halal di Indonesia.


Riyanto Sofyan  mengatakan, ada tiga aspek penting dalam penilaian KPHN 2016; pertama, profil destinasi atau usaha dan komitmen pada kepatuhan untuk memenuhi kebutuhan wisatawan muslim, sertifikasi halal untuk produk makanan dan minuman, penyediaan fasilitas kemudahan untuk beribadah, dan komitmen yang tergambar dalam kebijakan, struktur organisasi, kepemimpinan, sistem operasional. Kedua key achievements; menggambarkan performance destinasi atau usaha, data pasar dan perkembangannya, capaian dan target pasar, kepuasan konsumen, kinerja keuangan, sistem prosedur dan pembinaan SDM. Dan ketiga adalah karakteristik unik yang merupakan inovasi dan terobosan produk dan pelayanan yang sesuai pada komitmen pemenuhan kebutuhan wisatawan muslim.


please login to comment.

Filia Kartika Dewi

baru tau ada tempat pariwisata halal, ini baru keren !!


RELATED NEWS

Chick n Roll Mendapatkan Sertifikat Halal dari LPPOM MUI

Chick n Roll Mendapatkan Sertifikat Halal dari LPPOM MUI

READ MORE
Sosialisasi Gaya Hidup Halal Melalui Halal Lifestyle Expo & Trend 2017

Sosialisasi Gaya Hidup Halal Melalui Halal Lifestyle Expo & Trend 2017

READ MORE