(Ditunda) HeForShe Run 2020

Ketimpangan gender masih menjadi permasalahan di berbagai negara. Penindasan terhadap perempuan yang disebabkan stereotip dan budaya patriarki terus terjadi di berbagai tempat, mulai dari rumah tangga, sekolah, sampai dengan instansi dan perusahaan. Tgl 8 Maret ditetapkan sebagai Hari Perempuan Internasional, untuk terus menggaungkan kesadaran pemenuhan hak-hak perempuan.

Untuk menyerukan suara perempuan untuk mewujudkan kesetaraan gender ini, UN Women dan IBCWE menyelenggarakan kembali HeForShe Run 2020 yang sedianya akan diselenggarakan di The Breeze, Bumi Serpong Damai, Tangerang pada 8 Maret 2020 bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional. Namun dengan mempertimbangkan eskalasi kasus COVID-19 di Indonesia, acara ini ditunda.

HeForShe Run merupakan gerakan yang diselenggarakan sebagai bentuk dukungan laki-laki terhadap perempuan (He for She). Gerakan ini mengajak para anak laki-laki sampai dengan pria dewasa untuk mengajak masyarakat sebagai agen perubahan agar tercapainya kesetaraan gender. HeForShe Run telah mengajak ratusan ribu laki-laki di berbagai negara, termasuk Presiden Joko Widodo, para CEO, dan advokat global dari semua lapisan masyarakat untuk mewujudkan kesetaraan gender.

Kesetaraan gender dalam hal ini bermakna secara harfiah, yaitu tidak adanya derajat lebih tinggi di antara perempuan dan laki-laki termasuk hilangnya penindasan terkait gender. Faktanya, hingga saat ini, kesetaraan antargender masih belum terwujud. Perempuan masih lekat dengan stereotipe, pandangan negatif, pembedaan aturan dan norma, dan terbatasya dalam mendapatkan kesempatan yang setara dengan laki-laki. Seluruh orang di muka bumi memiliki peran dan kewajiban untuk mewujudkan dunia yang setara.

Gerakan HeForShe, diharapkan dapat memberikan efek mempercepat mewujudkan kesetaraan gender. Keluarga memiliki peran besar terhadap perubahan. Laki-laki dan perempuan memang saling melengkapi pun harus mengisi peran satu sama lain. Oleh karena itu, kesetaraa gender harus segera diwujudkan secara menyeluruh.


See also:
-- 23 Fashion District 2019 Angkat Sustainable Fashion -- Jakarta Halal Things 2018 -- Perempuan Berdaya, Perempuan Pencipta Perubahan -- Blue City of Ramadhan di Central Park --

Tags

please login to comment.

RELATED NEWS

Melihat Wajah Islam Dunia Kini di International Islamic Fair 2016

Melihat Wajah Islam Dunia Kini di International Islamic Fair 2016

Event internasional ini akan diselenggarakan pada 20-23 Oktober 2016 di JIExpo, Kemayoran Jakarta.

READ MORE
Edukasi Sampah untuk Anak lewat Pameran “Laut Kita Masa Depan Kita”

Edukasi Sampah untuk Anak lewat Pameran “Laut Kita Masa Depan Kita”

READ MORE