Asuransi untuk UMKM dari Ralali.com dan Futuready


Perkembangan UMKM Indonesia masih harus diperhatikan dan dikawal, dengan dukungan melalui kehadiran berbagai sektor, salah satunya melalui sektor asuransi properti hingga usaha. Hal ini diperlukan karena pelaku UMKM hanya bergantung pada usaha yang dimiliki sebagai sumber pemasukan. Lebih dari itu, berbagai ancaman baik internal seperti bisnis yang tidak berjalan maupun eksternal seperti bencana alam menjadi ancaman bagi kelangsungan usaha.

Fakta mengemukakan hanya 8%1 dari 63 juta UMKM yang mengenal digitalisasi. Beragam dukungan guna mendorong UMKM lebih melek digital dilakukan untuk pengembangan usaha, inilah yang mendasari kerjasama antara Ralali.com sebagai the next generation of B2B platform dan Futuready, platform digital asuransi pertama di Indonesia untuk fokus memberikan perlindungan demi kemajuan usaha UMKM melalui ragam produk asuransi dari mikro hingga makro.

Produk-produk asuransi yang dihadirkan secara eksklusif melalui kolaborasi ini berdaya manfaat bagi pelaku UMKM, mulai dari Asuransi Kebakaran, Asuransi Business Interruption, dan Asuransi Pendidikan Anak. Kehadiran variasi produk asuransi dengan harga terjangkau ini adalah bentuk upaya Ralali.com dan Futuready dalam memberikan kesamaan hak bagi pelaku UMKM demi proteksi hidup dan usaha mereka.

Alexander Lukman, Chief Operating Officer Ralali.com menuturkan “Kami selama 6 tahun terus melakukan inovasi berbasis teknologi agar ekosistem digital kami menjadi solusi untuk menjawab permasalahan atau kebutuhan UMKM. Tahun 2018 Ralali.com telah menghadirkan layanan fintech yang memberikan bantuan permodalan, pembayaran, investasi dan tentunya asuransi bagi keberlangsungan serta penguatan usaha. Kerjasama ini tujuannya ingin melayani, memberikan proteksi, paling tidak untuk 1 juta UMKM di Indonesia sepanjang 2020.”

Kolaborasi ini menjadi wujud nyata dari misi Ralali.com: memberikan kemudahan dalam pemenuhan kebutuhan usaha (sourcing), pengembangan (scaling) dan penguatan usaha (sustaining). Yang menjadi prioritas dalam kolaborasi ini adalah memberikan kemajuan dan perkembangan bisnis UMKM di Indonesia melalui perlindungan sektor properti hingga kesehatan.

Alvin Aulia Akbar, SVP of Financial Business Ralali.com memaparkan, “Saat Ralali.com berinteraksi dengan UMKM, kami menemukan setidaknya 60-70% usaha merupakan 'single income business'. Jadi ketika sang ayah atau sang ibu sakit atau mengalami kesulitan, seluruh keluarga terancam kehilangan pendapatan. Apabila ini terjadi terus menerus terjadi, bayangkan bagaimana UMKM dapat tetap mengoperasikan usahanya, tanpa mengetahui solusinya. Berkolaborasi dengan Futuready, kami ingin UMKM dapat melakukan prevensi atas segala kemungkinan yang terjadi, yang berdampak ke keluarga bahkan usahanya, yakni dengan memanfaatkan produk asuransi Futuready yang diakses melalui aplikasi Ralali.com”.

Asuransi Fire, produk unggulan besutan kolaborasi Ralali.com dan Futuready merupakan satu-satunya asuransi di Indonesia yang dapat memberikan perlindungan untuk properti usaha bergerak contohnya gerobak. Hal ini didorong dengan kondisi di lapangan yang menunjukan UMKM Indonesia didominasi oleh pelaku usaha mikro sejumlah hampir 98.7%2 atau setara 62.106.900 unit usaha. Asuransi Fire untuk pelaku usaha dapat dinikmati hanya dengan harga premi senilai Rp 5.000,-.

Dan apabila pemilik usaha tidak dapat menjalankan usaha karena sakit maka dengan memiliki Produk Asuransi Business Interruption Insurance, mereka akan menerima santunan. Asuransi ini menjadi penting guna menjamin pelaku UMKM tetap memiliki pemasukan meskipun usaha atau toko tidak beroperasi sementara Produk lainnya yang berfokus untuk UMKM adalah Asuransi Pendidikan bagi anak pelaku usaha, untuk memberikan proteksi pendidikan sehingga tidak terkena dampak jika mengalami kondisi bisnis yang macet atau di luar rencana. Produk asuransi lainnya yang turut ditawarkan bagi UMKM adalah Asuransi Jiwa ‘Manfaat Pengembalian Premi’, yang dialokasikan secara otomatis sebagai tabungan dan dapat diklaim dengan syarat tidak terjadi klaim terhadap asuransi selama 3 (tiga) tahun.

“Hal ini sejalan dengan proposisi Futuready yaitu menjadi licensed guardian atau pelindung yang berlisensi bagi customer sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat Indonesia akan produk asuransi yang pada akhirnya akan meningkatkan penetrasi produk asuransi di Indonesia”, ujar Keet Peng Onn selaku CEO Futuready.

“Sesuai dengan proposisi Futuready sebagai pionir pialang asuransi digital di Indonesia, seluruh proses mulai dari pembelian hingga pengiriman polis dihadirkan dengan teknologi yang membuat customer experience menjadi lebih positif. Sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan persepsi masyarakat akan kemudahan mendapat asuransi itu sendiri”, sambung Gretel Grisselda, Head of Corporate Business Development Futuready.

Edukasi solusi usaha dalam bentuk asuransi ini kedepannya akan dilakukan melalui Sobat Agent yang merupakan freelancer yang terhubung dengan aplikasi BIG Agent di dalam ekosistem digital Ralali.com. Program CSR akan terlebih dahulu dilakukan dalam bentuk pemberian polis sebanyak 750 dari produk kolaborasi Futuready dengan Ralali.com kepada Sobat Agent. Harapannya Sobat Agent yang merasakan manfaat dari menggunakan berbagai produk asuransi tersebut, dapat dengan mudah mengenalkan produk asuransi kepada UMKM di lapangan.

See also:
-- Mengenal The Plant Base, Skincare Inovatif dari Korea -- 3-14 Desember 2021, Hujan Promo Blibli 12 Hari! -- Menikmati JFW 2018 -dan Belanja Koleksi Runway!- Melalui E-Commerce Platform -- Blibli Bersama Ekosistemnya Rayakan Annive12sary --

Tags

please login to comment.

RELATED NEWS

Clarks Kembali Hadir di Indonesia (dan Lihat Koleksi Barunya!)

Clarks Kembali Hadir di Indonesia (dan Lihat Koleksi Barunya!)

READ MORE
#NgeMallDariHape Lebih Seru dengan Kerjasama iLotte dan Traveloka

#NgeMallDariHape Lebih Seru dengan Kerjasama iLotte dan Traveloka

READ MORE