Tawaran dan Energi Baru Anggia Mawardi

Tawaran dan Energi Baru Anggia Mawardi

Pelataran rumput yang luas dihiasi bean bags berwarna-warni menjadi latar sore yang cerah di Peta Park, sebuah ruang publik yang relatif baru di Bandung. Sebuah bangunan semi terbuka dengan eksterior berbentuk trapesium bersusun menjadi sentral perhatian, tetapi tidak mengurangi cantiknya taman luas hijau yang ditata rapih disekitarnya. 

Sore tersebut cuaca cerah dan bersahabat, masih ada sisa sinar matahari hangat sehingga dinginnya Bandung tidak terlalu mengusik. Di taman inilah Anggiasari Mawardi, seorang desainer fashion asal Bandung menggelar show tunggal pertamanya. 

Anggia bukan nama baru di ranah modest fashion. Beberapa tahun terakhir, dengan nama label Anggia Handmade, Anggi rutin mengikuti berbagai event ekshibisi maupun fashion show besar di ibukota. Sebuah milestone dicapainya pula pada tahun 2016 lalu, ketika ia berhasil mengadakan fashion show di Paris, pada pergelaran 'Paris Glam Couture' yang merupakan program Independen, bersamaan dengan Paris Fashion Week Spring Summer 2017. 

Selama ini Anggia Handmade banyak mengeluarkan koleksi busana pesta, dress semi glamor dengan warna-warna bold yang terang dan berani, dengan bermacam detail dan aksen yang tidak pernah ketinggalan. Desain full dress dengan cropped coat bahkan pernah menjadi signature collection-nya. Tetapi pada show tunggalnya kali ini, Anggia benar-benar memberikan penawaran koleksi yang berbeda, yang baru dan menampakkan kematangan desain Anggia setelah lebih dari 6 tahun menjadi desainer dan mengembangkan label ini. 


Peta Park menjadi catwalk yang sempurna bagi koleksi baru Anggia ini. Para model muncul dari dalam bangunan berfasad trapesium ini, kemudian berjalan di sepanjang 'runway' jalan setapak permanen yang sudah tersedia, sedangkan penonton berada pada salah satu sisi runway. Langit biru cerah serta taman dengan desain modern yang menjadi latar artistik yang menambah cantik semua koleksi yang dipresentasikan.

Genap 50 koleksi ditampilkan, meliputi 15 busana daily-casual, 15 busana semi formal, 15 busana koleksi Ramadhan-Lebaran dan 5 look spesial yang dibawakan khusus oleh 5 sosialita Bandung. 

Perancang yang juga berprofesi sebagai dokter gigi ini memutuskan untuk membuat koleksi daily casual, sesuatu yang sebelumnya belum pernah dilakukannya. Evening/Special Occasion dress adalah karakter yang sudah melekat pada Anggia Handmade, tetapi ia mencoba untuk memberi tawaran baru, untuk memperluas dan mengetes pasar. Koleksi daily casualnya berkisar pada warna-warna -yang disebutnya warna- pagi, semburat alam ketika matahari pagi bersinar, warm & light. Hijau, biru, coklat, kuning yang semuanya dalam tone muda, seperti warna pastel yang mentah. Paduan warna tersebut dalam desain dan gaya yang simpel, clean, aksen sederhana, sehingga sangat kontras dengan apa yang selama ini kita kenal dari Anggia.

    

    

Begitupun dengan koleksi sequence selanjutnya yang banyak menampilkan two pieces, atasan dan celana. Paduan material semi-jacquard, linen dan brokat ditampilkan untuk gaya lebih formal, sangat pas sebagai professional dan office wear. Warna monokrom hitam-putih dan biru navy dipilih dengan siluet yang rapih dan clean look. Material brokat atau lace dengan motif yang teratur dipilih untuk memberikan alternatif pilihan busana kantor yang tidak harus selalu polos. 

Untuk kategori party dress Anggia memilih warna serba putih dengan beberapa look memiliki aksen subtle gold, dengan siluet A line. Deretan party dress ini juga disiapkan sebagai koleksi lebaran, dengan beberapa dipadukan dengan busana pria. 

Perjalanan dan pencapaian Anggia ini bisa menjadi inspirasi bagi emerging desainer lainnya. Anggia memutuskan untuk menggelar show tunggal, bukan tanpa pertimbangan dan persiapan matang. Ia benar-benar mempertimbangkan apakah koleksinya memang layak dan akan bisa diterima oleh publik, dengan memberikan tawaran gaya baru dan keluar dari zona nyamannya selama ini. Untuk show dan koleksi ini, ia juga berkonsultasi dengan desainer senior lainnya, sehingga desainnya bisa memberikan warna baru bagi perkembangan modest fashion di Indonesia. Selamat untuk Anggia Handmade!  

    


Tags

please login to comment.

RELATED ARTICLES

Modest, Streetwear & Rebel dalam DNA Rani Hatta

Modest, Streetwear & Rebel dalam DNA Rani Hatta

READ MORE
Saptodjodjokartiko SS 2019; An Extraordinary Fashion Presentation

Saptodjodjokartiko SS 2019; An Extraordinary Fashion Presentation

READ MORE