Khalif Menjawab Tren Busana Pria Indonesia

Khalif Menjawab Tren Busana Pria Indonesia

Sebuah brand yang baik adalah yang mampu melihat, memahami fenomena, kecenderungan, tren, yang ada dan berkembang di masyarakat, dan menerjemahkannya menjadi produk yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pasar yang dituju.

Ivan Gunawan meluncurkan Khalif (bisa juga dibaca kholif, karena merupakan transliterasi dari 'خ'), sebuah brand busana pria yang berkarakter everday menswear, simple, kekinian dan santun. Dalam dunia fashion, lahirnya brand baru merupakan sebuah hal yang biasa, prasayarat dari arti fashion itu sendiri, yang terus berkembang dan menawarkan sesuatu yang baru.

Namun banyak aspek dari lahirnya brand Khalif, yang menarik kita cermati.

Khalif diciptakan oleh Ivan Gunawan, desainer yang telah memiliki nama besar, sebagai figur publik yang dikenal luas bukan saja sebagai desainer tapi juga entertainer. Ivan bisa dibilang sebagai seorang desainer yang multitalenta, Ia mampu menciptakan desain yang baik, sekaligus mampu mengkomunikasikan desain/karyanya tersebut dengan sangat piawai. Kemampuan tersebut akhirnya menghasilkan engagement yang tinggi pula pada karya-karyanya.

Ini terbukti ketika ia belum banyak menciptakan brand miliknya sendiri. Ivan menjadi brand ambassador dan desainer tamu dari sebuah brand fashion. Produk kolaborasi tersebut menjadi populer dan laku keras setiap kali rilis. Ivan sangat menguasai fashion, yang membedakannya adalah ia memiliki cara, gestur dan bahasanya sendiri untuk mengkomunikasikan fashion, dengan sangat akrab dan memikat.

Kini Ivan merupakan desainer/pengusaha produktif yang mengelola banyak labelnya sendiri. Khalif, merek busana pria ini adalah yang terbaru, yang merupakan buah pemikirannya dan tim yang telah digodok selama setahun lamanya. Sebelumnya Ivan sudah memiliki label busana pria 'Jajaka', yang fokus pada penggunaan kain nusantara.

Menurut Ivan, Khalif adalah busana pria ready-to-wear, yang mampu memenuhi kebutuhan berpakaian pria from Monday to Sunday, dengan beragam occasion, dari kota besar hingga pelosok desa. Khalif is literally made for every Indonesian men, dengan gaya yang sangat laki-laki dan tidak neko-neko. Rentang harganya sangat terjangkau, istilahnya 'UMR-able', yang menjamin bahwa harganya sangat ramah bagi para pria yang belum mapan sekalipun.


Sebagai seorang desainer, Ivan mengerti betul bagaimana kebutuhan berpakaian pria. Kebanyakan laki-laki selalu menginginkan gaya yang simpel, warna-warna dasar dan standar, dengan potongan yang nyaman dan menunjang fisik. Tidak fancy, walaupun memang ada pasarnya sendiri untuk busana pria yang sangat fashionable. Dengan definisi demikian, bukan berarti para pria betah dengan look pakaian yang monoton, konvensional dan membosankan. Artinya, tetap ada perkembangan dalam desain busana pria. Inilah yang secara cakap mampu dipahaminya. 

Ivan mengatakan merek Khalif ini akan diproduksi dalam jumlah yang besar, untuk memenuhi pasar daerah (yang jumlahnya sangat banyak). Untuk kebutuhan produksi ini, Ivan hanya menggunakan material kain lokal, karena pertimbangan kemudahan dan juga konsistensi untuk memajukan industri tekstil lokal. Kanal distribusi yang akan digenjotnya nanti adalah melalui online shopping, dan juga memperbanyak reseller di seluruh Indonesia.


Busana pria santun

Lebih dari tawaran busana pria untuk berbagai kalangan dan untuk beragam kebutuhan, Khalif juga merupakan interpretasi Ivan Gunawan atas fenomena eksistensi generasi Muslim Indonesia. Salah satu yang bisa kita lihat, adalah komunitas hijrah yang semakin banyak, dan sedikit banyak membawa pengaruh positif ke masyarakat lainnya. Gairah dan semangat untuk mengikuti gaya hidup yang lebih islami, salah satunya tentu saja dalam hal berpakaian.

(Untuk perempuan, tentu saja industri fashion kita sudah sangat sadar 'modest', dan kini modest fashion menjadi penggerak utama sektor ekonomi kreatif di Indonesia. Ivan Gunawan pun telah menjadi bagian dari industri ini dengan label Mandjha Hijab-nya.)

Ivan menangkap 'tren' dan kecenderungan ini dengan cerdas. Generasi muslim Indonesia, disebut oleh Yuswohady sebagai #GenM, memiliki karakteristik utama: relijius, sangat percaya pada universal goodness (Islam sebagai rahmatan lil alamin), modern, dan memiliki high buying power. Artinya, karakter ini akan sangat mempengaruhi pergeseran pola konsumsi, salah satunya dalam hal fashion.


Bergaya hidup yang lebih islami, tetapi dengan pola pikir yang lebih terbuka dan modern. Khalif menjawab kebutuhan ini, berpakaian yang lebih santun dan sesuai syariah, tetapi tidak terjebak pada simbol-simbol atau atribut eksplisit. Khalif menghadirkan 4 gaya yaitu Casual, Sporty, Special Occasion dan Smart/Formal, yang semuanya tampak melebur (tidak terkotak-kotak) dengan tetap bernapaskan santun. Sentuhan islami ini juga tampak secara implisit pada salah satu versi logonya, dengan desain yang simpel, on point, maskulin dan bergaya muda.

Ketajaman desain Ivan Gunawan tampak pada detail dan aksen yang meskipun kecil, namun sangat terasa. Ada baju berkerah ringan dengan desain yang modern dan beraksen patchwork. Setelan hoodie top dengan jogger pants sporty beraksen garis dan logo kecil, celana dengan hem diatas tumit, pemilihan material bertekstur kasar atau bahan yang lentur. Belum lagi diselingi dengan permainan gaya vintage, serta aroma preppy dalam deret koleksi, dan aksesori pelengkap seperti topi dan modifikasi peci.

Ivan menciptakan koleksi yang memberikan banyak pilihan opsi kepada semua pria, dengan memasukkan elemen-elemen gaya yang kekinian dan muda, menjaga kesantunan (menghindari potongan ketat & celana pendek, menjaga kesederhanaan pada material), dan sedikit membubuhkan identitas islami (isbal/celana diatas mata kaki, penutup kepala, dan beberapa aksen lainnya). 


Tags

please login to comment.

RELATED ARTICLES

Transformasi 'Kami'

Transformasi 'Kami'

READ MORE
The Ramadhan Edit, Gaya Ramadhan dan Lebaran dari ASOS.com

The Ramadhan Edit, Gaya Ramadhan dan Lebaran dari ASOS.com

READ MORE