WETAN Side, Koleksi Terbaru Zelmira Terinspirasi Arsitektur Kudus

Bukan Pengabdi Wetan, tapi koleksi Zelmira kali ini memang diberi judul WETAN Side, yang berarti sisi Timur, dalam bahasa Jawa.


Masih ingat Zelmira, brand busana muslim milik salah satu SMK di Kudus dan dirancang oleh siswi-siswi SMK? Label busana yang membanggakan dari Kudus ini terus membuktikan eksistensinya dan baru saja mengeluarkan koleksi baru yang ditampilkan dalam sebuah event fashion week di Bandung.

Zelmira merupakan brand modest wear karya siswa-siswi Program Tata Busana SMK NU Banat di Kudus, Jawa Tengah. Meskipun dibesut oleh siswa-siswi SMK, namun kiprah brand ini terbilang diperhitungkan dalam industri modest wear di Indonesia. Setelah debutnya tampil di panggung Indonesia Fashion Week 2015, Zelmira telah berhasil mencuri perhatian di pameran dagang dan fashion show taraf internasional, Centre Stage - Asia Fashion Spotlight 2016 di Hong Kong.

Eksistensi Zelmira semakin diperkuat melalui pengembangan yang meliputi segi desain, produksi, dan pemasaran. Tahun ini, jaringan penjualan produk Zelmira telah memasuki sejumlah gerai, yaitu Famogal, Fashionable Moslem Gallery di QBig BSD City dan d2-i Concept Store di Neo Soho Mall, serta market place online JD.id. Bahkan JD.id menerapkan sistem “beli putus” atau membeli produk Zelmira secara penuh di awal.

Zelmira baru saja menampilkan koleksi terbaru dalam ajang Evolusia Fashion Show & Expo yang diselenggarakan oleh Universitas Kristen Maranatha pada tanggal 17-19 Oktober 2017. Dalam acara Graduation Fashion Show yang berlangsung pada tanggal 19 Oktober 2017, Zelmira mempersembahkan 16 rancangan karya tiga desainer, yakni Rania, Nia Faradiska, dan Afifah Thohiroh yang merupakan siswi kelas 10 dan 13 SMK NU Banat.

Dengan memiliki DNA sebagai brand modest wear bergaya urban yang mengangkat inspirasi dari kekayaan kultur Nusantara, Zelmira konsisten mengusung elemen budaya Kudus. Dalam perhelatan yang turut diramaikan oleh penyanyi Yura ini, Zelmira mempersembahkan koleksi Spring Summer 2018 bertema WETAN Side dengan inspirasi utama yang diadaptasi dari simbolis bangunan Kudus yang ikonik yaitu menara Kudus.


Kekontrasan antar bentuk bangunan menara dan kubah masjid menginspirasi terbentuknya desain dengan komposisi aplikasi bidang kontras antara bentuk segi dan lingkaran. Selain itu, jalan-jalan kecil sebagai perluasan lingkungan disimbolkan dengan elemen tali-temali yang menghubungkan berbagai jalan di antara keduanya. Keunikannya adalah sisi kontras antar bangunan dan jalanan tidak menghalangi keteraturan letak keindahan budaya.

Untuk skema warna, koleksi WETAN Side terinspirasi dari warna pemandangan yang terpancar saat momen matahari terbit dan tenggelam (sunrise dan sunset) di menara Kudus. Dengan kombinasi gradasi warna langit berupa ungu-biru, warna paparan sinar matahari, serta warna bata yang menjadi cirikhas bangunan menara Kudus, menjadikan warna merah, ungu, biru, dan jingga sebagai warna utama koleksi ini.

Perkembangan Zelmira tentunya tak lepas dari peran Bakti Pendidikan Djarum Foundation yang berupaya menetaskan sumber daya manusia yang kompeten di bidang mode melalui lembaga pendidikan SMK dengan konsisten memperbaiki kurikulum, menyediakan infrastruktur, melatih tenaga pendidik, dan mendampingi secara berkelanjutan.


please login to comment.

RELATED NEWS

Cerita Para Nyonyah ala Yogiswari Pradjanti

Cerita Para Nyonyah ala Yogiswari Pradjanti

READ MORE
Menerjemahkan Keselarasan Semesta; Iwan Tirta Private Collection

Menerjemahkan Keselarasan Semesta; Iwan Tirta Private Collection

READ MORE