Mengajar dengan Empati, Pesan dari Wardah Inspiring Teacher 2019

Setelah orangtua, guru merupakan sosok-sosok utama yang menjadi inspirasi semua orang yang belajar, semua murid. Guru yang telah menjadi bagian dari kehidupan seseorang sejak usia dininya, mampu menancapkan inspirasi yang terus dibawa baik sadar maupun tidak sadar oleh seseorang seumur hidupnya. 

Sedemikian penting peran guru yang menjadi ujung tombak pendidikan di Indonesia, namun pada kenyataannya persoalan di sekitar pendidikan dan guru pun luar biasa banyaknya. Perlu langkah dan terobosan bersama dari banyak pihak (di luar pemerintah) yang mau turun tangan mengambil sedikit peran menangani permasalahan dan mempercepat kemajuan bidang pendidikan.

Wardah sebagai sebuah brand terpercaya di Indonesia berkomitmen untuk ikut berperan menebarkan inspirasi kebaikan melalui payung kampanye sosialnya, Wardah Inspiring Movement. Gerakan ini melibatkan serta mengundang partisipasi individu, kelompok, maupun organisasi untuk bersama-sama berkontribusi terhadap pembangunan Indonesia di 4 pilar : Pendidikan, Kesehatan, Pemberdayaan Perempuan, dan Lingkungan.


Di bidang pendidikan ini, sejak tahun 2017, Wardah menginisiasi program Wardah Inspiring Teacher yang bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada para guru inspiratif hasil rekomendasi dari siswa maupun masyarakat umum. Apresiasi diberikan dalam bentuk pelatihan untuk meningkatkan kapabilitas para guru dengan menggandeng pakar-pakar pendidikan sebagai narasumber.

Di tahun 2019 ini, Wardah Inspiring Teacher diselenggarakan di 4 kota, yaitu : Yogyakarta, Bandung, Surabaya, dan Jakarta. Sebanyak lebih dari 900 rekomendasi guru yang masuk, dan terpilih 200 guru dari keempat kota tersebut yang mendapatkan pelatihan. Pelatihan yang diberikan berfokus pada pengembangan desain inovasi pengajaran yang dibagi ke dalam beberapa tahapan pelatihan, mulai dari pelatihan tatap muka maupun daring yang semuanya bersifat dua arah. Dalam pelatihan ini, para guru dilatih untuk meningkatkan empati pada kebutuhan murid, tujuannya adalah agar mereka dapat menghasilkan produk inovasi media ajar yang dapat digunakan untuk membuat proses belajar mengajar menjadi lebih menarik dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh murid.

Setelah melalui berbagai rangkaian pelatihan dan melihat antusias para guru dalam menimba ilmu, Wardah juga memberikan kesempatan kepada dua orang perwakilan guru Wardah Inspiring Teacher 2019 untuk melihat praktik pendidikan di negara maju, tahun ini Wardah memilih New Zealand sebagai negara tujuan. Selama di New Zealand, guru-guru diajak berkunjung ke berbagai jenjang sekolah, mulai dari primary school, high school, vocational school, dan juga berkesempatan untuk berkunjung ke salah satu universitas terbaik dunia di New Zealand.

Analisa Widyaningrum, spokesperson Wardah yang juga seorang penggiat pendidikan, mengatakan bahwa salah satu yang disampaikan selama pelatihan tersebut, adalah mengembangkan empati terhadap murid. Kondisi murid, lingkungan dan pembelajaran di setiap sekolah pasti berbeda-beda, dengan kebutuhan yang berbeda pula. Karena itu, empati menjadi skill yang ditekankan, sehingga guru lebih paham pada kondisi muridnya. Dari pemahaman ini, kemudian dikembangkan media pembelajaran yang kreatif, solutif dan customize yang membuat suasana dan hasil belajar pun menjadi lebih baik.  

Bertepatan dengan momentum Hari Guru Nasional, melalui program ini diharapkan guru-guru para alumni dari Wardah Inspiring Teacher 2019 dapat menyebarluaskan ilmu yang diperoleh dari berbagai tahapan pelatihan dan menularkan inspirasi kebaikan kepada masyarakat di sekitarnya, terutama kepada para guru yang tentunya memiliki peran sangat besar dalam memajukan pendidikan di Indonesia dan mengembangkan sumber daya manusia Indonesia yang unggul.

See also:
-- Temukan Karakter Makeup-mu dengan Y.O.U Vanesha's Series -- Make Over MUA Hunt 2018 Showcase & Make Up Inspo, Straight from JFW Runway -- Mengajar dengan Empati, Pesan dari Wardah Inspiring Teacher 2019 -- Unjuk Karya, Eksposisi Produk dan Tebar Inspirasi dalam Wardah Days 2018 --

Tags

please login to comment.

RELATED NEWS

100 Brand Lokal Ramaikan LOCA Market Akhir Pekan Ini

100 Brand Lokal Ramaikan LOCA Market Akhir Pekan Ini

READ MORE
It's Happening! Brightspot 10 Years Anniversary

It's Happening! Brightspot 10 Years Anniversary

READ MORE