Menuju Dekade Baru Art Jakarta

Tahun 2019 adalah dekade baru bagi Art Jakarta. Apa saja yang baru dan sedang dipersiapkan untuk perhelatan seni terbesar di Jakarta ini?


Art Jakarta yang awalnya bernama Bazaar Art Jakarta adalah art fair yang pertama hadir di Indonesia, berlangsung setahun sekali, sejak tahun 2009. Pada tahun ini, memasuki usianya yang ke-10, Art Jakarta telah berhasil memantapkan posisinya sebagai art fair penting di Indonesia dan juga di Asia Tenggara.

Di tahun depan, 2019, Art Jakarta akan memasuki dekade baru. Art Jakarta akan memantapkan posisinya untuk menjadi salah satu art fair terpenting di kawasan Asia. Untuk mencapainya, Art Jakarta kini bersiap dengan sejumlah pembaruan, dari penyusunan tim manajemen baru, hingga tempat penyelenggaraan yang lebih besar untuk art fair bertaraf internasional dengan visi-misi yang baru. 

Tom Tandio diperkenalkan sebagai Fair Director Art Jakarta 2019, yang menjelaskan beberapa program dan perubahan menuju perhelatan tahun depan, di hadapan sejumlah media, akhir Oktober lalu. Selanjutnya ia akan menyusun tim kerja yang terdiri dari para profesional yang berpengalaman dalam medan seni rupa kontemporer di kawasan ini untuk membantunya menjalankan visi-misi Art Jakarta yang baru. Tom Tandio adalah kolektor seni rupa yang berperan aktif dalam perkembangan seni rupa kontemporer Indonesia. Pada tahun 2011 ia memulai IndoArtNow, platform pengarsipan online yang merekam berbagai kegiatan seni rupa kontemporer Indonesia. Ia pernah terlibat sebagai anggota board Jogja Biennale (2011-2013). Sebagai kolektor, koleksinya berfokus pada karya seni rupa kontemporer Asia Tenggara dan pernah dipamerkan di Song Eun Art Space, sebuah institusi seni rupa terkemuka di Seoul, Korea Selatan.

Mengenai penunjukkan dirinya sebagai Fair Director Art Jakarta 2019, Tom Tandio menyatakan bahwa ia “merasa bangga atas kepercayaan ini”. Ia percaya bahwa “Indonesia, khususnya kota Jakarta, adalah salah satu pusat penting perkembangan seni rupa di kawasan Asia Tenggara, bahkan Asia. Ia juga menambahkan bahwa “Art Jakarta dapat menjadi forum pertemuan yang baik bagi galeri peserta, seniman, kolektor, kurator bahkan masyarakat umum untuk bersama-sama meningkatkan apresiasi seni. Art Jakarta dapat ikut memperkaya dinamika perkembangan seni rupa kontemporer di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara”.

Tom Tandio menjelaskan tentang Art Jakarta 2019


Logo Baru Art Jakarta

Pada kesempatan tersebut juga diperkenalkan secara resmi logo baru Art Jakarta, yang tampak sangat simpel, praktis hanya berupa kata 'Jakarta' dengan ketiga huruf 'art' yang lebih menonjol dan fokus. Tidak banyak menjelaskan apa latar belakang perubahan ini, Tom Tandio mewakili tim Art Jakarta menyampaikan bahwa idenya memang sesederhana itu, there's always ART in JAKARTA. Juga sebagai penanda dekade baru, sekaligus untuk terus memperbaru diri dan menjadi relevan dengan perkembangan seni rupa kontemporer. Selanjutnya, merupakan tugas utama bagi tim untuk mensosialisasikan logo baru ini agar masyarakat langsung mengetahui dan familiar dengan logo ini. 

Setelah bertahun-tahun menempati lokasi yang sama, di hotel Ritz Carlton Pacific Place, tahun depan event ini akan memiliki lokasi baru, yaitu di Jakarta Convention Center, tepatnya di Hall A-B. Perubahan ini juga dimaksudkan agar Art Jakarta menjadi semakin dekat bagi seluruh lapisan masyarakat, dan membuka diri bagi komunitas-komunitas yang mungkin sebelumnya belum pernah menikmati Art Jakarta. Event ini akan berlangsung pada tanggal 30 Agustus–1 September 2019. Di tempat ini, Art Jakarta akan menghadirkan beragam karya seni rupa dengan melibatkan galeri seni rupa baik dari dalam dan luar negeri, di area pameran seluas (lebih dari) 6.000 m2.

Nantikan update dan perkembangan selanjutnya menuju Art Jakarta 2019, dan ini merupakan langkah awal memasuki dekade yang baru, untuk dapat menjadikan kota Jakarta sebagai salah satu pusat acara seni rupa kontemporer di Asia, dan sekaligus menempatkan Indonesia sebagai salah satu pusat perkembangan seni rupa kontemporer dunia di Asia.

Tags

please login to comment.

RELATED NEWS

The Coolest Design Festival in Town, CASA Indonesia

The Coolest Design Festival in Town, CASA Indonesia

Bagi pecinta seni, desain dan arsitektur di Jakarta dan sekitarnya, pameran desain ini tidak boleh dilewatkan.

READ MORE
Live Art Installation karya Seniman Dunia dihadirkan di Neo Soho

Live Art Installation karya Seniman Dunia dihadirkan di Neo Soho

READ MORE