Mempromosikan Gaya Hidup Halal melalui IIHLEC 2016

Indonesia dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, tetapi hingga kini belum pernah menyelenggarakan perhelatan terkait gaya hidup halal secara internasional. IIHLEC 2016 akan menjadi langkah pertama menuju gerakan internasional gaya hidup halal in


Mempromosikan gaya hidup halal dan menjadikannya sebagai sebuah gerakan nasional, merupakan sebuah keniscayaan bagi Indonesia yang berpenduduk muslim terbesar di dunia. Sudah seharusnya Indonesia menjadi pionir dan menjadi lokomotif bagi awareness dunia mengenai gaya hidup yang disyariatkan bagi kaum muslim ini.

Pengetahuan dan kepedulian terhadap gaya hidup halal secara kolektif akan mendorong dan menjadi stimulan bagi tumbuhnya ekosistem industri yang memasukkan faktor halal dan thoyib (baik) dalam seluruh proses industrinya. Kepedulian semacam ini bahkan sudah banyak difasilitasi oleh negara-negara besar dunia, seperti Rusia yang sudah beberapa tahun menyelenggarakan HalalExpo internasional, Korea, Hongkong dan Jepang.  Negara-negara ini saling berlomba untuk menarik devisa dengan menawarkan pariwisata halal, yang ramah wisatawan muslim, mulai dengan menyediakan makanan yang terjamin halal, hingga kemudahan fasilitas ibadah bagi muslim.

Halal Lifestyle Center, sebuah organisasi yang dibentuk atas kesadaran menguatkan gaya hidup halal di Indonesia, akan menyelenggarakan Indonesia International Halal Lifestyle Expo & Conference (IIHLEC) 2016, sebagai event halal bertaraf internasional di Indonesia. IIHLEC akan diselenggarakan di Ciputra Artpreneur, Jakarta pada 6-8 Oktober 2016.

IIHLEC diselenggarakan sebagai tanggapan atas persaingan global di sektor industri halal. Ajang ini akan menunjukkan Indonesia sebagai negara berpenduduk mayoritas muslim tak sekedar menjadi konsumen industri halal, tetapi juga pemain atau produsen.  Adanya acara ini diharapkan Indonesia juga akan menjadi salah satu negara yang tercatat sebagai penyelenggara Halal Expo di dunia, dan masuk agenda global pada tahun 2017 atau 2018. 

IIHLEC mencoba untuk mengisi kesenjangan di bidang pengembangan bisnis halal dengan menampilkan expo showcase produk halal, dan konferensi untuk membahas tren global dan kesempatan bisnis di sektor industri halal hingga menampilkan seni dan budaya bernuansa religi yang dikemas dalam nuansa kolaborasi musik etnik dan modern.

Secara keseluruhan expo akan mencakup 10 sektor yang menjadi bagian dari gaya hidup halal, yakni makanan, pariwisata, fashion, kosmetik, pendidikan, finansial, farmasi, media dan rekreasional, layanan kesehatan & kebugaran, seni dan budaya.

Penyelenggaraan ini juga sebagai wujud solusi atas kurangnya informasi dan pemahaman mengenai industri halal di Indonesia. Sebuah inisiatif untuk membentuk sistem dukungan untuk komunitas muslim agar bisa mengakses layanan dari pemerintah dan produk halal berdasarkan hukum Islam. 

Rangkaian kegiatan IIHLEC yaitu konferensi 'Halal Lifestyle; Global Trend and Business Opportunity' pada hari pertama, Kamis 6 Oktober, kemudian pada tanggal 7-8 Oktober akan diadakan fashion show dan pemutaran film. Showcase produk halal akan berlangsung sepanjang hari. Untuk jadwal lengkap dan pendaftaran sebagai peserta konferensi, silakan menuju ke www.ihalalifecentre.com.

please login to comment.

RELATED NEWS

Join The Happiest 5K on the Planet!

Join The Happiest 5K on the Planet!

READ MORE
Cantiknya Instalasi Bunga Segar & Ilustrasi Fashionable pada Perayaan Ulang Tahun Central

Cantiknya Instalasi Bunga Segar & Ilustrasi Fashionable pada Perayaan Ulang Tahun Central

READ MORE