Infusi Modernitas dan Craftmanship Heaven Tanudiredja

Mungkin belum banyak yang mengenal sosok desainer yang banyak menggarap segmen aksesoris ini. Setelah lebih dari sepuluh tahun tinggal dan berkarya di Antwerp, Belgia, Heaven Tanudiredja, desainer kelahiran Bali, kembali ke Tanah Air dengan karya teranyar yang ditampilkan dalam pagelaran bertajuk Collection One.

Koleksi pertama yang diluncurkan mengisahkan rangkuman perjalan hidup dan karir sosok Heaven, terutama tentang idealismenya dalam mengedepankan modern cutting, unexpected detail dan craftmanship. Menggelar peragaan busana pertamanya di Nusantara Room, The Dharmawangsa Jakarta, Heaven hadir dengan 30 koleksi pakaian dari gaya couture hingga streetwear. Rangkaian koleksi yang dipamerkan mencerminkan interpretasi tentang wanita modern di mata Heaven, berkesan sederhana, elegan dan independen.


Sempat malang melintang didunia aksesori, Heaven tertarik untuk kembali mendalami koleksi womenswear, sebagai cikal awalnya berkarya di industri fashion. Mantan asisten desainer Indonesia, Biyan ini telah beberapa kali bekerja sama dengan nama-nama tersohor. Ia pernah berkesempatan bekerja sama dengan Christian Dior Haute Couture atau juga dengan Iris Van Herpen, desainer asal Belanda dalam berkolaborasi dengan Swarovski.

Kesempatan untuk bekerja sama dengan panutannya John Galliano pada tahun 2006 dan Dries Van Noten pada tahun 2007 – 2010, seperti mimpi yang menjadi kenyataan, sekaligus menjadi titik balik dalam kariernya. Terbukti, ketika Heaven berkolaborasi dengan Dries Van Noten, dia berhasil meraih penghargaan Christine Mathijs Awards.

Meski demikian, lulusan Royal Academy of Fine Arts Antwerp ini tidak ingin tinggal dan terjebak dalam kenyamanan. Ia kembali ke Indonesia dengan tekad untuk tetap menjaga idealisme dan berusaha menyelaraskan kebutuhan pasar, sambil terus berusaha untuk mengembangkan kualitas sumber daya Indonesia.

Tidak hanya bercerita tentang dasar dalam pembuatan busana yang baik, Heaven juga berharap Asia bisa menjadi pasar yang lebih dinamis dari segi bisnis. Untuk mendukung hal tersebut, Heaven siap kembali terbang menuju Shibuya, Jepang untuk membawa koleksi pertamanya ini melenggang di Tokyo Fashion Week pada 21 Maret 2018 mendatang.


please login to comment.

RELATED NEWS

Motif New Art pada Batik untuk Koleksi Lebaran Alleira

Motif New Art pada Batik untuk Koleksi Lebaran Alleira

READ MORE
Cerita Para Nyonyah ala Yogiswari Pradjanti

Cerita Para Nyonyah ala Yogiswari Pradjanti

READ MORE