Koleksi 'TOBA' Merdi Sihombing Tampil Australia

Meskipun tak banyak disorot, Merdi Sihombing konsisten melestarikan tenun Sumatra Utara, dengan pewarna alam. Desainer senior ini bahkan pernah menerbitkan buku mengenai tenun dan songket Sumatra Utara, pada tahun 2015 lalu.

Kali ini, Merdi Sihombing memenuhi undangan khusus dari Eco Fashion Week Australia 2017 yang baru pertama kali akan dilaksanakan tanggal 23 – 26 November 2017 di Freemantle, Perth, Australia. “Perjalanan panjang untuk menjadikan rangkaian dunia Eco Fashion Week Autralia ini tidak gampang,” ujar Zuhal Kuvan-Mills CEO/Founder Eco Fashion Week Australia (www.ecofashionweekaustralia.com). Merdi Sihombing menjadi satu-satunya desainer dari Indonesia yang berpartipasi dalam event ini. 


Lulusan IKJ jurusan Kriya Tekstil ini mengakui betapa bangganya berada di line up designer eco fashion dunia satu-satunya dari Indonesia yang akan mempresentasikan hasil karyanya. Pada acara EFWA ini, selain akan menampilkan koleksi terbarunya, Merdi Sihombing juga akan menjadi salah satu pembicara workshop pada tanggal 26 November 2017. Berbekal keilmuan dan perjuangan bersama masyarakat pengrajin kain tradisional selama bertahun-tahun, Merdi sangat mengenal tenun tradisional Indonesia dengan pendalaman beberapa aspek khusus. Seperti teknik pewarnaan, teknik pengenalan bahan, teknik membuat motif dan sebagainya. Dalam lingkup pendalaman tersebut, pemahaman sejarah dan budaya adalah segalanya.

Dari teknik pewarnaan inilah Merdi menemukan banyak kekayaan alam yang menjadi sumber warna baru. Seperti di Batak ada harimontong untuk warna biru keungu-unguan, kulit pohon jabi-jabi (beringin) untuk warna coklat, dan tanaman salaon, itom, tom atau indigofera yang menghasilkan warna biru dan tersebar di wilayah Indonesia.

“Mimpi saya, produk tenunan dengan penwarnaan alam dapat dihidupkan kembali, melalui para penenun yang telah terdidik dan sejahtera”, ungkapnya. Koleksi-koleksi Merdi menampilkan ide yang diangkat dari budaya TOBA baik berupa warna-warna yang didapat dari alam sekitarnya, kain tenun ulos yang dikembangkan menjadi produk fesyen dan kerajinan yang lainnya seperti anyaman dan sulam. Koleksi berjudul TOBA (mystis dan Ancient) ini merupakan koleksi Merdi Sihombing SS 2018 Resort Collection.

please login to comment.

RELATED NEWS

Ria Miranda Membawa Modest Fashion ke Fashion Kode, Seoul Korea

Ria Miranda Membawa Modest Fashion ke Fashion Kode, Seoul Korea

READ MORE
Rinaldy Yunardi Menjadi Pemenang Utama dalam Kompetisi 'Wearable Art' Dunia

Rinaldy Yunardi Menjadi Pemenang Utama dalam Kompetisi 'Wearable Art' Dunia

READ MORE