Bukittinggi Fashion Look Digelar 6-8 Oktober 2017

Sumatra Barat, khususnya Bukittinggi sedang bersiap-siap untuk event fashion terbesarnya, Bukittinggi Fashion Look 2017 yang tahun ini memasuki tahun ke dua penyelenggaraan. Ini merupakan wujud komitmen dan prioritas pemerintah daerah melalui Dekranasda Kota Bukittinggi dalam mengembangkan potensi kriya dan kain nusantara dan menggerakkan sektor ekonomi melalui fashion.

Bukittinggi Fashion Look (BFL) 2017 segera digelar pada tanggal 6-8 Oktober 2017 dengan tema It’s Minangkabau Now. Bukittinggi yang menjadi sentra kerajinan bordir sejak berpuluh tahun lalu tentu saja masih menjadikan bordir dan sulam Bukittinggi yang khas sebagai highlight pada BFL 2017 ini. 

Ketua Dekranasda Kota Bukittinggi, Ibu Yesi Endriani menyampaikan bahwa BFL 2017 bertujuan memberi ruang kepada generasi muda dan pelaku industri fashion di kota Bukittinggi dan sekitarnya untuk dapat mengembangkan kreatifitas dan kemudian berhasil menciptakan sebuah trend baru dalam dunia fashion.

Jajaran Dekranasda Kota Bukittinggi dalam konferensi pers BFL 2017

Penyelenggaraan Bukittinggi Fashion Look 2017 berangkat dari cita-cita besar Bukittinggi sebagai Cluster Fashion dan menjadi bagian dari Indonesia yang bervisi sebagai kiblat fashion muslim dunia di tahun 2020. 

Penyelenggaraan Bukittinggi Fashion Look 2017 tidak hanya sekedar event tapi merupakan wadah untuk menggali potensi daerah dari bebagai aspek, mulai dari desainer, heritage fashion kota ini melalui busana Basiba misalnya, busana wanita khas Minangkabau yang sarat akan makna filosofis serta ikut menyediakan ruang untuk pelaku ekonomi kreatif lainnya dalam menggembangkan usahanya. Tidak hanya itu, event ini juga akan mengedukasi masyarakat kota Bukittinggi melalui berbagai lomba yang ada dalam Bukittinggi Fashion Look 2017.

Bukittinggi Fashion Look 2017 digelar pada akhir pekan minggu pertama bulan Oktober, rangkaian ini diawali dengan Festival Bordir pada tanggal 6 Oktober di area Jam Gadang pada pukul 9 pagi yang diikuti oleh 500 perajin bordir, kemudian dilanjutkan dengan Fashion Fiesta On The Street yang berisikan ribuan peserta dari berbagai kalangan yang akan melakukan parade fashion show dari Lapangan Wira Braja hingga ke Jam Gadang.

Acara Bukittinggi Fashion Look 2017 akan resmi dibuka pada 7 Oktober 2017 pagi oleh Walikota Bukittinggi, setelah itu akan ada Talkshow dengan tema ‘Memunculkan Spirit Fashion Entrepreneurship Baru’ yang akan dihadiri berbagai kalangan mulai dari pelajar hingga pemilik UMKM menghadirkan pembicara dari kalangan akademisi, Dr. Sari Lenggogeni, Phd kemudian Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf dan Ketua Dekranasda Bukittinggi, Yesi Endriani yang juga memiliki latar belakang sebagai pengusaha sukses di Bukittinggi.

Lomba Basiba juga akan digelar setelah itu dengan peserta yang berasal dari kota Bukittinggi dan sekitarnya. Malam harinya, akan ada Penganugerahan untuk tokoh-tokoh yang menginspirasi di daerah Bukittinggi, sebuah gebrakan pemerintah untuk mengapresiasi masyarakat setelah pagelaran fashion show dari designer kota Bukittinggi, Sumatera Barat dan Designer Nasional.

Pada hari kedua, 8 Oktober 2017 acara akan diawali dengan Workshop untuk Fashion Design yang didukung penuh oleh VH (Fashion Design Acamedy), sebuah sekolah fashion design pertama dan satu-satunya yang berada di kota Bukittinggi, peserta workshop ini telah mencapai ratusan orang hanya dalam kurun waktu kurang dari satu minggu setelah resmi dibuka pendaftaran yang dilakukan secara gratis. Setelah itu akan ada Muslim Fashion Show Competition, Fashion Show Pengantin Minang dan juga Fashion Show dari sejumlah designer Bukittinggi dan sekitarnya termasuk seorang designer dari kota Makassar.

Di hari terakhir penyelenggaran Bukittinggi Fashion Look 2017, akan ada pengumuman pemenang beasiswa penuh selama satu tahun untuk menempuh pendidikan fashion design di VH Fashion Design Academy yang akan diberikan kepada tiga orang peraih design terbaik.

Pada akhirnya penyelenggaran Bukittinggi Fashion Look 2017 diharapkan akan mampu menaikan jumlah wisatawan ke kota Bukittinggi serta meningkatkan kesadaran masyarakatnya untuk mengejar cita-cita Bukittinggi sebagai Kiblat Fashion Muslim Indonesia di tahun 2020. 


please login to comment.

RELATED NEWS

PESONA Ramadhan Fashion Delight 2017 Tampilkan Koleksi Khusus Ramadhan dan Lebaran

PESONA Ramadhan Fashion Delight 2017 Tampilkan Koleksi Khusus Ramadhan dan Lebaran

READ MORE
Indonesia Fashion Week 2018 Dibuka Hari Ini

Indonesia Fashion Week 2018 Dibuka Hari Ini

READ MORE