Berdayakan Ibu Rumah Tangga dan Belanja Produk Segar di Chilibeli

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) , angka kemiskinan Indonesia per September 2019 tercatat sebesar 9,22 persen atau setara dengan 24,79 juta orang. Sedangkan, persentase penduduk miskin di kawasan perkotaan mencapai angka 6,56 persen atau 9,86 juta penduduk. Kelompok perempuan yang rentan akan kemiskinan teruji memiliki kemampuan untuk menjalankan berbagai tanggung jawab untuk menaikkan taraf kesejahteraan keluarga.

Lahir pada bulan Juli 2019, Chilibeli hadir menjadi solusi digital dengan fokus pokok untuk pemberdayaan Ibu Rumah Tangga (IRT) dengan kesempatan untuk mewujudkan aspirasi serta menaikkan taraf kesejahteraan keluarga. Chilibeli adalah sebuah platform social commerce cerdas terbaru yang memperkenalkan era baru berbelanja berbagai produk segar serta kebutuhan rumah tangga lainnya dengan nyaman, aman, mudah, dan cepat.

Chilibeli didirikan oleh Alex Feng, Damon Yue, dan Matt Li pada bulan Juli 2019, dan saat ini Chilibeli telah berhasil mengantongi pendanaan Seri-A dari Sequoia Capital, Golden Gate Ventures, Lightspeed Venture Partners, serta pendana terkemuka lainnya. Hal tersebut menggambarkan rasa percaya VC kepada konsep aplikasi social commerce yang memberikan solusi cermat yang menjadi angin segar bagi industri retail brick and mortar konvensional.

Chilibeli menempati warehouse yang berada di Kelapa Dua, Depok – menempati ruangan seluas 2000 meter persegi untuk berbagai fungsi logistik terpadu dan berkesinambungan, seperti titik kumpul semua produk kebutuhan rumah tangga, pusat forwarding produk pesanan Mitra Chilibeli, pengemasan sayur mayur dan buah-buahan setiap hari, serta penyimpanan produk segar dengan walk-in freezer dan walk-in chiller.


Yumir Syamsyah Lubis, Head of Marketing Communications, Chilibeli, menggarisbawahi bahwa sejak semula komitmen untuk menjadikan semua proses sederhana, mudah, dan cepat, dengan menciptakan situs dan aplikasi yang intuitif. “Bagi IRT yang hendak berbelanja kebutuhan rumah tangga, cukup mengunduh aplikasi Chilibeli yang telah tersedia untuk sistem operasi Android, masukkan kawasan tempat tinggal, lalu pilih Mitra Chilibeli terdekat. Setelah itu, mereka pun dapat klik produk kebutuhan rumah tangga yang hendak dibeli. Terdapat nomor kontak Mitra Chilibeli yang dapat berkomunikasi untuk konfirmasi pesanan, harga, dan jadwal produk pesanan tiba”.

“Sedangkan, untuk menjadi Mitra Chilibeli, IRT dianjurkan juga untuk mengunduh aplikasi Chilibeli, kemudian mengajukan pendaftaran di aplikasi tersebut. Aplikasi Chilibeli akan menjadi semacam panduan berbelanja dan pesanan bagi para Mitra Chilibeli dalam memonitor pesanan kebutuhan rumah tangga, data pemesan, tanggal pengantaran, serta data akuntansi sederhana,” jelas Yumir.

Unit Bisnis yang diterapkan oleh Chilibeli adalah:

● Mitra Chilibeli, sebagai ketua komunitas yang akan membantu para tetangga atau orang terdekat sekitar untuk berbelanja produk segar atau kebutuhan sehari-hari dengan lebih mudah dan nyaman.

● Mitra Chilibeli Warung juga merupakan ketua komunitas yang memiliki warung sebagai penghasilan utama. Dalam hal ini, Chilibeli dapat membantu para pemilik warung untuk mendapatkan barang-barang yang lebih banyak dengan harga terjangkau tanpa perlu keluar rumah.

● B2B merupakan bisnis unit Chilibeli yang menawarkan produk-produk Chilibeli kepada restoran, kafe atau usaha sederhana serupa warteg, baik sistem franchise maupun non-franchise.

Gabriela Davita Amelia, Brand Specialist, Chilibeli, menjelaskan, “Kami berdayakan jaringan luas dan kuat komunitas Ibu Rumah Tangga di Jakarta, Tangerang Selatan, dan Depok, dengan sistem keanggotaan berstruktur dimana setiap IRT dapat berperan sebagai kanal distribusi mandiri jajaran produk segar bermutu ke setiap rumah tangga di sekitar tempat tinggal mereka masing-masing.”

Kemudahan berbelanja, kenyamanan transaksi, serta jaminan kesegaran dan kebaikan produk menjadi kunci pokok Chilibeli dalam bersaing dengan supermarket. Beberapa fitur atau fasilitas yang didorong terus oleh Chilibeli antara lain total pengiriman selama 6 hari seminggu (Senin hingga Sabtu), pemesanan melalui aplikasi atau situs Chilibeli dan memilih area komunitas terdekat dari rumah yang tertera di dalam aplikasi. Mitra Chilibeli di masing-masing area komunitas akan menghubungi pemesan via aplikasi chatting untuk konfirmasi pesanan dan pemberitahuan jadwal pengiriman. Fasilitas CoD (Cash on Delivery) tanpa adanya minimum pesanan menjadi jaminan kualitas dan mutu produk yang Chilibeli tawarkan.


See also:
-- Kabulkan Keinginanmu di Lazada 12.12 -- Don't Miss Lazada Super Beauty Day 9-10 Oktober! -- Siap-siap Belanja Online Sambil Nonton TV Show Lazada "Pesta Menuju 12.12" -- Street Style Wear for Kids: ToffTop8 --

Tags

please login to comment.

RELATED NEWS

Meningkatkan Daya Kreativitas dan Aktivitas Anak dengan Mendongeng

Meningkatkan Daya Kreativitas dan Aktivitas Anak dengan Mendongeng

READ MORE
Sudah Coba Nestum, Bubur Sarapan Multigrain dari Nestle?

Sudah Coba Nestum, Bubur Sarapan Multigrain dari Nestle?

READ MORE