Beragam Konten, Sama-Sama di Tiktok

Bagaimana sebuah video singkat dapat mengubah hidup kita? Lihat fenomena Tiktok saat ini, yang bahkan belum ada (belum dikenal) di 3-4 tahun lalu. Platform berisi video singkat dengan beragam konten yang bisa membawa kesenangan, hiburan dan inspirasi lainnya. Kini Tiktok menjadi rumah baru bagi kreativitas dalam format video, yang menghibur, menginspirasi dan membawa dampak positif bagi penggunanya.

Indonesia memiliki 175.4 juta user internet, dan 99%-nya melihat video online, dan trennya semakin tampak bahwa format video singkat yang paling diminati dan menginspirasi. TikTok bukan sosial media, melainkan content distribution platform. Sehingga setiap kreator di TikTok memiliki tools yang sama, kesempatan yang sama untuk memperoleh exposure. TikTok juga memiliki aturan dan sistem pengawasan yang ketat sehingga semua kontennya aman untuk pengalaman online penggunanya.

Dengan jumlah kreator dan user yang semakin banyak, konten TikTok pun semakin beragam jenisnya. Mulai dari hiburan, komedi, gaya hidup sehat, olahraga, traveling, fashion dan kecantikan, edukasi, dan lainnya, TikTok menjadi media bagi para kreator untuk berbagi kesenangan, kreativitas, hingga belajar percaya diri. Untuk merayakan keberagaman kreator dan konten ini, TikTok meluncurkan program “Sama-Sama di TikTok”, dengan sederet aktivitas.


“Selama lebih dari dua tahun ini sejak TikTok pertama masuk ke Indonesia, semakin beragam kreator dan konten yang muncul di TikTok, layaknya keragaman yang ada di Indonesia. Dan itulah yang menginspirasi kami untuk mengadakan program ini, di mana para kreator ini sama-sama beda, tapi sama-sama ada di TikTok,” kata Angga Anugrah Putra, Head of Content and User Operations, TikTok Indonesia.

Program ini meliputi beberapa rangkaian kegiatan seperti #SamaSamaBelajar, dimana TikTok bekerjasama dengan beberapa universitas ternama di berbagai kota di Indonesia termasuk Bandung, Surabaya dan Yogyakarta untuk mengajak generasi muda untuk berkreatifitas melalui video pendek secara aman.

Selain itu, TikTok akan menyelenggarakan kerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia bertajuk #SamaSamaBelajar, sebagai rangkaian dari program #SamaSamadiTikTok, untuk memberdayakan generasi muda di Indonesia untuk terus berkarya dan belajar di era digital.

para kreator TikTok dari berbagai segmen

Melalui teknologi, TikTok menghadirkan filter, stiker, tantangan, hingga pustaka musik yang lengkap untuk mempermudah kreator dalam membuat video. Hal inilah yang mendukung mereka berkreasi sesuai dengan bakat dan ketertarikan masing-masing. Tidak heran, akhir tahun 2019 lalu, TikTok merilis data mengenai keragaman konten TikTok, dimana komedi menjadi konten yang paling digemari, dilanjutkan oleh fashion & beauty, travel, kuliner, dan edukasi.

“Melalui fitur-fitur menarik dan komunitas TikTok yang sangat luas, saya bisa membagikan video edukasi tentang BISINDO atau Bahasa Isyarat Indonesia kepada orang banyak. Keterbatasan ini tidak membuat saya berhenti membagikan hal yang positif untuk orang lain di TikTok, dan ini menjadi semangat dan motivasi tersendiri untuk saya bisa terus produktif. Saya juga berusaha mengajak masyarakat belajar bahasa isyarat, agar akses komunikasi bagi teman tuli lebih mudah, karena kita semua setara”, ujar Amanda Farliany, salah satu kreator TikTok Indonesia.

Peluncuran program Sama-Sama di TikTok ini berlangsung selama tiga hari, mulai dari 28 Februari hingga 1 Maret 2020, dengan rangkaian kegiatan di berbagai booth dan panggung utama di Main Atrium, Kota Kasablanka, Jakarta. Kegiatan ini akan diisi oleh para kreator TikTok, seperti Dien Limano & Natasha Limano dari segmen edukasi dan olahraga, NonaMarten dari edukasi, SimplyBananass dari segmen Fashion & Beauty, Nengayie dari segmen kuliner, hingga penampilan dari musisi hits seperti Ardhito Pramono, Brisia Jodie dan Arsy Widianto, Aaliyah Masaid, Mario Ginanjar, dan masih banyak lagi.

See also:
-- ElectroluckAttackCare, Paduan Sempurna Untuk Solusi Perawatan Pakaian Keluarga -- Mengenal Teknologi Gimbal dalam Vivo X50 Pro -- Smart Watch-Phone Anak Imoo, Kini dengan Fitur Video Call -- Pengalaman Memotret yang Tak Tertandingi dengan Fujifilm X-Pro3 --

Tags

please login to comment.

RELATED NEWS

Business = Pleasure with Lenovo V310 Stylish Notebook

Business = Pleasure with Lenovo V310 Stylish Notebook

READ MORE
Work, Play, Collaborate; Tren Bekerja di Coworking Space

Work, Play, Collaborate; Tren Bekerja di Coworking Space

READ MORE