SPOTLIGHT Memberi Panggung Utama bagi Budaya Indonesia dalam Fashion
By modest.id - Dec 7, 2022SPOTLIGHT Indonesia, perhelatan fashion terbaru persembahan Indonesia Fashion Chamber (IFC) secara resmi digelar mulai tanggal 1 sampai 4 Desember 2022 di di Great Hall Pos Bloc Jakarta. Dengan mengangkat tema Celebrating Diversity (merayakan kebhinekaan), SPOTLIGHT menampilkan keragaman wastra dan budaya Indonesia sebagai inspirasi karya-karya fashion Indonesia.
Dalam seremoni pembukaan SPOTLIGHT Indonesia 2022, Ali Charisma selaku National Chairman Indonesian Fashion Chamber memaparkan dalam sambutannya, “SPOTLIGHT telah kami gagas sejak 2019 namun dapat diwujudkan di akhir tahun ini dengan tujuan melahirkan brand-brand fashion lokal yang menghargai budaya lokal, menghargai konsep sustainability dan bertanggung jawab, serta dapat mengangkat derajat wastra Indonesia di kancah global tetapi dipresentasikan secara kontemporer.”
"Fokus utama event ini adalah menampilkan kekuatan inspirasi lokal dalam produk ready-to-wear yang menjadi ciri khas fashion Indonesia. Wastra Nusantara atau konten budaya lokal yang dikemas dalam wujud kontemporer dan kekinian menjadi highlight perhelatan ini yang diharapkan dapat diterima oleh pasar global, bahkan dapat menarik perhatian dunia. Kultur Indonesia juga berpotensi menjadi sumber inspirasi dan tren bagi dunia,” lanjutnya.
Sesuai tema Celebrating Diversity, koleksi yang ditampilkan di SPOTLIGHT berdasarkan zonasi suku-suku bangsa Indonesia, antara lain Batak, Jawa, Melayu, Betawi, Minangkabau, Bugis, Bali, Papua, Nusa Tenggara, dan Dayak. Meskipun bertema tentang suku-suku bangsa Indonesia, namun produk fashionnya dibuat dengan desain kontemporer atau kekinian yang diharapkan dapat diterima oleh pasar skala global. Dengan mengekspos penggunaan wastra atau material lokal dan pengerjaan tangan (handmade) merupakan upaya konkret SPOTLIGHT untuk mendukung terwujudnya industri fashion yang keberlanjutan.
Parade pembukaan SPOTLIGHT Indonesia 2022
SPOTLIGHT bukan hanya sebuah fashion show, tapi juga presentasi koleksi dengan dukungan digitalisasi melalui format “See Now, Buy Now” yaitu model bisnis yang menjual produk fashion segera setelah ditampilkan di runway. Bagi desainer yang siap, karyanya yang diperagakan bisa langsung dibeli saat itu juga. Konsumen dapat berbelanja koleksinya melalui kode QR yang terhubung langsung ke e-catalog untuk melakukan pembelian koleksinya.
Penyelenggaraan SPOTLIGHT Indonesia 2022 didukung penuh oleh para sponsor yang berkomitmen untuk memajukan industri fashion tanah air, yaitu Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM): Road to IN2MOTIONFEST 2023, LaSalle College, YOU.C1000, serta Wardah selaku Official Makeup & Hairdo, Pos Bloc selaku Official Venue Partner, Ditali Cipta Kreatif selaku Organising Partner, dan Wastra Indonesia selaku Community Partner.
SPOTLIGHT Indonesia 2022 menghadirkan kegiatan meliputi fashion show koleksi dari 130 desainer, jenama serta sekolah mode dan exhibition produk dari 180 jenama fashion lokal. Koleksi yang ditampilkan mencakup kategori formal wear, casual/street wear, men’s wear, hingga modest wear dengan mengangkat wastra atau inspirasi budaya Indonesia.
Sebanyak 180 desainer Indonesia berpartisipasi dalam gelaran 4 hari ini. Seremoni pembukaan SPOTLIGHT Indonesian 2022 menampilkan parade koleksi dari andai by aldrie and L, Ika Butoni by Mardiana Ika, Kahfiati Kahdar, HoR x Gagne, Rueverse, Yunita Kosasih, REBORN by Fomalhaut Zamel, Jarum Hijau, dan Xander.G by Weda Githa. Kemudian dilanjutkan dengan gelaran koleksi dari Abebemooi by Retty Sellya, Nataoka, Wovlea Bags Indonesia, Oleanderbyribie, Andy Sugix X Hefi Rosid, SAMSUGA, Charlie Bravo, dan Maima.
See also:
--
Brand Fashion dan Kriya Indonesia Berpartisipasi di New York Now --
Rayakan Kebersamaan dalam Muslimah Creative Day 2022 --
Menuju Dekade Baru Art Jakarta --
Alive Fest 2019 Kampanyekan Hidup Sehat dan Meditasi --