Inovasi Pusat Grosir Modern Blok B Tanah Abang

Bila saat ini pusat-pusat perbelanjaan besar di Jakarta dan kota besar Indonesia lainnya sedang bergulat dan beradu strategi menghadapi penurunan daya beli konsumen, tidak demikian halnya yang terjadi di pusat grosir terbesar Asia Tenggara, pasar Tanah Abang. Pasar Tanah Abang terbukti mampu bertahan menghadapi krisis ekonomi besar yang melanda Indonesia pada tahun 1998 maupun krisis kecil-menengah setelahnya. 

Blok B Tanah Abang sebagai area terbaru dan paling modern dari pasar Tanah Abang menjadi area sentral dan lokomotif yang mampu menentukan wajah Tanah Abang kini dan kedepannya. Blok B Tanah Abang menjadi kebanggaan Presiden Jokowi yang hampir selalu tak pernah absen membawa para tamu negara untuk berkunjung pasar grosir ini. Bahkan CEO Facebook Mark Zukerberg pun menyempatkan untuk berkeliling Blok B Tanah Abang dalam kunjungan terbarunya ke Indonesia.



Pasar Tanah Abang menjadi pusat grosir terbesar untuk produk tekstil, pakaian muslim, dan produk fashion lainnya. Pembeli datang dari segala penjuru daerah, dan pengiriman produk dari Tanah Abang secara massal ke seluruh daerah di Indonesia dan negara tetangga berlangsung setiap hari. Dengan kategori produk-produk tersebut, permintaan untuk transaksi online pasti meningkat pesat, terutama sejak tahun 2015 lalu. Blok B Tanah Abang menjawab tantangan ini dengan beberapa inovasi dalam layanannya.

Menurut Iman Soemantri, Manajer Operasional Blok B Tanah Abang, kini sudah ada lebih dari 400 toko online di Blok B Tanah Abang. Ratusan toko online ini juga memiliki kios di Blok B Tanah Abang, termasuk dalam 4300 kios tenant yang aktif berdagang. Platform toko online ini bermacam-macam, ada yang ikut dalam marketplace besar, ada pula yang memiliki toko online sendiri, dan beberapa diantaranya hanya mengandalkan sosial media. Pengelola menyediakan WIFI gratis yang dapat diakses di seluruh area Blok B, sehingga para pemilik kios/toko online ini lancar dalam bertransaksi. Pengelola juga menyediakan layanan ekspedisi yang murah, yang berada di lantai 10 gedung Blok B Tanah Abang. 

Pengelola juga selalu terbuka dengan kerjasama dari pihak marketplace atau platform lainnya yang ingin bekerjasama dengan pedagang. Mereka akan dipertemukan dengan pedagang untuk memfasilitasi pedagang mendapatkan platform yang sesuai untuk produknya.

Transaksi online dan offline di Blok B Tanah Abang ini berjalan secara simultan dan beriringan. Meskipun tren belanja online ini meningkat, tetapi tidak mengurangi jumlah pengunjung yang datang dan belanja langsung di pasar Tanah Abang. Meskipun menurut Iman, beberapa pedagang memang mengeluhkan penurunan omset pada tahun ini, dibanding tahun-tahun sebelumnya. 

Sosialisasi Impor Bea & Cukai 

Pengelola Blok B Tanah Abang juga selalu tanggap dengan kebutuhan serta kesulitan yang dihadapi para pedagang. Seperti beberapa waktu terakhir, banyak pedagang Blok B mengeluhkan tentang kekosongan barang akibat kesulitan impor barang tekstil dari luar negeri. Ini secara langsung/tidak langsung terkait dengan adanya kebijakan pemerintah dalam penertiban masuknya impor barang beresiko tinggi. Penertiban ini berimbas pada potensi kelangkaan barang yang diimpor secara borongan.

  

Untuk itu manajemen Blok B Tanah Abang bekerjasama dengan Kementrian Keuangan Direktorat Jenderal Bea Cukai mengadakan kegiatan edukasi terkait penanganan dampak penertiban impor barang beresiko tinggi terutama bagi pengusaha UKM dan proses perijinan tata niaga ekspor impor. Pemerintah tengah menyiapkan kemudahan untuk pelaku usaha dalam melakukan kegiatan impor legal dan salah satunya melalui kemudahan perijinan. Kemudahan tersebut khususnya akan diberikan untuk komoditas prioritas yang dibutuhkan oleh industri kecil/UKM. Misalnya bahan kain sutera yang tidak bisa diproduksi di dalam negeri, agar pengusaha tekstil, batik dan baju muslim bisa tetap berproduksi.

Sosialisasi Impor oleh Ditjen Bea & Cukai ini dilaksanakan pada hari Rabu, 5 Oktober lalu di innercourt Blok B Tanah Abang, dan dihadiri oleh lebih dari 100 pedagang dan pemilik kios Tanah Abang. 



Tags

please login to comment.

RELATED NEWS

Latest Kids' Fashion at The Children Place Indonesia

Latest Kids' Fashion at The Children Place Indonesia

READ MORE
Koleksi Eksklusif Lebaran 2018 Central Department Store dari 10 Desainer

Koleksi Eksklusif Lebaran 2018 Central Department Store dari 10 Desainer

READ MORE