5 Destinasi Liburan Ramadhan-Lebaran, Rekomendasi Traveloka

Pada bulan suci Ramadan sebagian besar orang tidak ingin melewatkan kesempatan untuk berlibur atau mudik ke kampung halaman. Berlibur saat bulan suci Ramadan bersama keluarga  untuk mengeksplorasi, menghargai, dan merangkul beberapa aspek budaya Ramadhan yang mungkin belum dikenal merupakan salah satu momen terbaik yang bisa dilakukan untuk menikmati bulan suci Ramadan.

Saat  ini, terdapat 50 negara mayoritas Muslim di dunia ini dengan populasi 1,8 miliar, lebih dari 20% penduduknya adalah Muslim. Dari data tersebut menunjukkan bahwa ada banyak hal yang dapat dieksplorasi mengenai berbagai cara merayakan Ramadan oleh saudara-saudari kita yang tinggal di berbagai belahan dunia. Oleh karena itu, Traveloka merangkum lima destinasi yang wajib dikunjungi selama bulan suci Ramadhan.

Sufintri Rahayu, Public Relations Director Traveloka mengatakan, “Ramadan merupakan bulan yang suci untuk merangkul satu sama lain dan mendekatkan diri dengan berbagai budaya dan umat Muslim di seluruh dunia. Kita dapat menikmati tradisi dan norma yang berbeda dari orang-orang yang berasal dari latar belakang yang berbeda, untuk memahami dan menikmati esensi sejati Ramadan.”

“Di Traveloka, kami berusaha untuk mengajak individu untuk mengeksplorasi dan menemukan berbagai pengalaman untuk menciptakan kisah, menciptakan kenangan, dan merayakan berbagai momen dengan orang yang disayangi. Melalui platform Traveloka Xperience, raih peluang, dan kagumi sepenuhnya beragam budaya, tradisi, dan perayaan yang terjadi di seluruh dunia dalam bulan suci Ramadan ini, ” kata Sufintri.

Pada bulan suci ini banyak dari kita tidak ingin melewatkan kesempatan untuk berlibur dan yang pastinya mudik ke kampung halaman. Berlibur saat bulan suci Ramadan bersama keluarga  untuk mengeksplorasi, menghargai, dan merangkul beberapa aspek budaya Ramadhan yang kita mungkin belum kenal dan terbiasa merupakan salah satu momen terbaik yang bisa kita lakukan untuk menikmati bulan suci Ramadan. Ini merupakan kesempatan yang tidak boleh dilewatkan!


Istanbul, Turki



Terletak di antara Asia dan Eropa - Turki, adalah negara dengan populasi Muslim yang luas dan paling unik di dunia, karena negara ini terbentang di dua benua. Budaya, tradisi, dan sejarahnya yang luas menyebabkan pengalaman Ramadan di Turki akan berbeda dari yang lainnya.

Selama Idul Fitri, banyak wisatawan berduyun-duyun ke Istanbul untuk mengunjungi kota yang kaya akan arsitektur Islam, seperti Masjid Biru yang ikonik dan Hagia Sophia untuk mendapatkan pengalaman spiritual yang berbeda dari biasanya. Tak hanya itu, jalan-jalan di Turki menjadi lebih menyenangkan dan tak terlupakan dikarenakan berbagai pertunjukan di jalanan seperti layaknya karnaval. Setelah berjalan-jalan pastikan untuk menikmati masakan halal yang paling terkenal seperti Simit, Sucuk, Lahmacun dan masih banyak lagi.

Dubai, UAE



Selama bulan suci Ramadan, pergi ke Dubai merupakan waktu yang ideal untuk merencanakan kunjungan ke negara ini karena tempat-tempat wisata populer tidak terlalu ramai. Turis tidak perlu menunggu antrian yang panjang untuk mengunjungi gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa. Bahkan yang lebih menarik, selama bulan Ramadhan hotspot untuk turis menawarkan berbagai acara yang diselenggarakan oleh pemerintah setempat untuk mendidik masyarakat mengenai pentingnya bulan suci Ramadan. Selain itu, tenda yang dijajarkan di sepanjang pantai digunakan untuk prasmanan berbuka puasa jangan sampai kita lewatkan! Penduduk setempat berkumpul untuk Iftar di tenda-tenda ini sambil menikmati permainan saat berbuka.

Maroko