Perlindungan Optimal pada 1000 hari Paling Krusial pada Bayi

Memberi proteksi, perlindungan kepada anaknya merupakan salah satu naluri paling mendasar pada mamalia, terlebih manusia. Sebenarnya, apakah orangtua sudah memberikan perlindungan yang optimal kepada anak-anaknya? Dan kapan sebenarnya perlindungan itu dimulai?

Konsep perlindungan ini yang hendak diangkat oleh Sleek Baby, melalui kampanyenya #1000HariPerlindungan. Tentu saja sebagai orangtua pasti akan melindungi anak-anaknya, sejak sedini mungkin. 1000 hari ini merupakan siklus paling awal kehidupan seorang anak, yang dimulai bahkan sejak dari kehamilan ibu. Seribu hari pertama/golden moment dimulai sejak janin terbentuk, hingga ia lahir dan berusia 2 tahun. “Pada fase ini terjadi pertumbuhan otak yang sangat pesat, pematangan saluran cerna, dan pembentukan kognitif,” ujar dr. Natia Anjasari, Sp.A dari Brawijaya Women and Children Hospital, Jakarta.

Pada masa seribu hari pertama, dibutuhkan perlindungan secara menyeluruh. Selain nutrisi dan stimulasi, kebersihan (higienitas) pun harus sangat diperhatikan. “Apapun makanan yang kita berikan pada bayi, kebersihan adalah nomor satu. Baik kebersihan makanan bayi, maupun peralatan makannya,” ujar dr. Natia. Akibat kurangnya asupan nutrisi, stimulasi, dan kebersihan dalam seribu hari pertama, bayi berisiko mengalami gangguan pertumbuhan yang optimal.

Kebersihan yang kurang terpelihara, membuat bayi rentan mengalami diare dan ISPA (infeksi saluran napas atas). Keduanya termasuk penyakit yang paling sering menjangkiti bayi. Meski asupan nutrisi bayi bagus, semuanya percuma bila bayi sakit-sakitan, karena nutrisi yang masuk terbuang percuma, atau hanya dipakai untuk penyembuhan. Pada akhirnya, risiko stunting mengintai.

Dr. Natia menekankan, orangtua harus membiasakan diri cuci tangan sejak punya bayi. Biasakanlah mencuci tangan sebelum memegang bayi, setelah membersihkan bayi, sebelum dan setelah memberika makan bayi, setelah memasak, dan lain-lain.  Tidak perlu melarang anak bila ia memasukkan tangannya ke mulut, karena itu merupakan bagian dari tahapan tumbuh kembangnya. Ini adalah fase belajar normal. Yang penting, pastikan tangan anak selalu bersih.

Dr. Natia menyayangkan, banyak anak yang sakit hanya karena hal sepele. Misalnya karena orangtua lupa cuci tangan, atau anak memasukkan mainan/dot yang sudah jatuh ke mulutnya, tanpa dibersihkan dulu. “Itu yang paling sedih. Anak sudah dapat ASI dan MPASI bagus, tapi sakit-sakitan karena kebersihannya kurang,” tutur dr. Natia. 


Lidwina Natalia, Brand Manager Sleek menjelaskan, Sleek Baby mengutamakan ketenangan dan kenyamanan hati para ibu. Oleh karenanya, Sleek Baby meluncurkan kampanye Perlindungan Hari Pertama. “Perlindungan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para ibu mengenai 1000 hari pertama yang sangat berharga, apa perlindungan terbaik yang perlu dilakukan, serta rangkaian produk perlindungan yang paling tepat dan aman,” jelas Lidwina.

Produk Sleek menggunakan bahan-bahan alami untuk perlindungan, dan ada untuk mendukung setiap tahapan kebutuhan bayi. Rangkaian produk Sleek meliputi: Bottle, Nipple, & Accessories Cleanser, Baby Laundry Detergent, Antibacterial 2 in 1 Hair & Body Soap, Baby Diaper Clear, dan Foamy Hand Wash. “Bottle, Nipple, & Accessories Cleanser mengandung natural antibacterial, food grade, dan stain removal, untuk membersihkan peralatan bayi secara maksimal,” tutur Wina.

Sleek Baby Laundry Detergent menggunakan ekstrak kelapa dan antibakteri alami, yang lembut sehingga tidak membuat pakaian bayi jadi kasar. “Bisa dipakai untuk mesin cuci  maupun cuci dengan tangan. Tapi lebih disarankan cuci pakai tangan, karena mesin cuci kan kita pakai bersama dengan baju dewasa,” ujar Wina. Tersedia juga dalam kemasan traveling yang mudah dibawa.

Untuk memandikan bayi, ada Sleek Antibacterial 2 in 1 Hair & Body Soap. Yang berbentuk foam cocok untuk bayi baru lahir, dan yang liquid untuk bayi yang lebih besar. Semuanya dari bahan alami, dan hipoalergenik. Sleek Baby Diaper Clear mengandung bahan alami untuk mencegah diaper rash, dan Sleek Foamy Hand Wash penting untuk menjaga kebersihan tangan, tanpa membuat tangan menjadi kering.


1000 Perlindungan untuk 1000 Anak

Sleek menggencarkan produk 1000 Perlindungan untuk 1000 Anak. “Cukup buat foto dengan produk Sleek apa saja, lalu unggah ke Instagram atau Facebook. Tiap foto yang masuk akan kami kumpulkan, dan akan kita buat kegiatan penyuluhan dan produk perlindungan untuk anak. 1 foto berarti 1 perlindungan untuk anak,” tutur Wina. Jangan lupa mention foto ke @sleekbaby_id, dan silakan unggah foto sebanyak-banyaknya. 

Tags

healthy   kids   family   baby   produk   Sleek  
please login to comment.

RELATED NEWS

Keramas Ceria bersama My Baby Shampoo (dan Solusi untuk Problem Rambut Bayi & Balita)

Keramas Ceria bersama My Baby Shampoo (dan Solusi untuk Problem Rambut Bayi & Balita)

READ MORE
Menjadi Hair Stylist Professional dan Berdaya Secara Ekonomi

Menjadi Hair Stylist Professional dan Berdaya Secara Ekonomi

READ MORE