Piala Citrapreneur untuk Karya Kreatif UMKM Perempuan

Sebuah penghargaan bagi UMKM kreatif yang digawangi perempuan-perempuan Indonesia, digagas oleh Citra. Piala Citrapreneur ini diberikan bagi 20 UMKM Perempuan Terbaik, pada event SEMASA Piknik 2024, 31 Mei-2 Juni 2024 di Taman Lapangan Banteng.

Dari 60,5% kontribusi UMKM terhadap PDB Nasional, hampir 65% pelaku UMKM dimotori tangan-tangan cantik perempuan Indonesia. Kontribusi mereka bahkan diproyeksi akan mencapai USD 135 miliar pada 2025 1 . Namun di balik itu, masih ada banyak tantangan yang mereka hadapi, salah satunya adalah keterbatasan modal yang dialami oleh 40% UMKM perempuan. Demi mendorong sepak terjang mereka, dibutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak.

Untuk itu, Citra menjadikan program “Tangan-Tangan Cantik Citra” sebagai bentuk dukungan bagi para UMKM perempuan di bidang kreatif agar mereka mampu mengatasi berbagai tantangan sehingga menjadi semakin berdaya dan mandiri. Inisiatif Citra disambut dan diapresiasi oleh Kemenparekraf RI karena sejalan dengan misi Pemerintah untuk membuka peluang yang makin inklusif pada industri ekonomi kreatif.


SEMASA sebagai salah satu event Top 10 Karisma Event Nusantara (KEN) adalah acara yang sangat spesial. Tahun ini juga jumlah tenant-nya meningkat, menunjukan bahwa ini event yang sangat strategis. Jadi saya mengapresiasi kerja sama SEMASA selaku inisiator dan penyelenggara ‘SEMASA Piknik’ dan Citra sebagai kolabolator utama. Semoga event ini berdampak pada ekonomi bangsa dan berkontribusi positif dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.”

Ajang “Piala Citrapreneur” telah dimulai sejak Maret 2024 dan diikuti lebih dari 400 peserta. Setelah proses penjurian, 20 UMKM perempuan terpilih memiliki kesempatan untuk bertu mbuh melalui peningkatan kompetensi serta dana dan media usaha senilai total lebih dari Rp650 juta.

Puncak penghargaan “Piala Citrapreneur” diadakan di “Citra SEMASA Piknik 2024”, dimana 20 pemenang berkesempatan memamerkan dan memasarkan produk andalan mereka. Yang tidak kalah istimewa, sejalan dengan value Citra sebagai produk yang natural dan ramah lingkungan, terdapat kategori spesifik yaitu “Ecopreneur”; apresiasi kepada pelaku UMKM perempuan yang mengedepankan bahan natural, atau menjalankan bisnisnya dengan prinsip sustainability. Para pemenang Piala Citrapreneur, diantaranya @rajoet.id @pottaruu @filltheblankspace @smittenbypattern @apricotmayor @popsiklus @sancraftid dan @macaroni.idn.

rajoet.id

Sebagai bentuk lain dari purpose ‘women support women’, program “Tangan-tangan Cantik Citra”, juga mengajak para perempuan untuk senantiasa merawat kulit mereka sambil mendukung kemajuan UMKM perempuan, dimana selama bulan Juni-Agustus 2024, sebagian keuntungan penjualan produk Citra akan dikonversi menjadi berbagai bentuk bantuan bagi UMKM perempuan.

Termasuk rangkaian produk Citra Body Lotion limited edition hasil kolaborasi Citra bersama tiga ilustrator perempuan kenamaan: Yessiow (varian Bengkoang Natural Glow UV); Dinda Puspitasari (varian Sakura Glow UV), dan Erin Dwia (varian Pearly Glow UV).



See also:
-- Opening Up Possibilities For Girls Everywhere -- Seamless Underwear Super Nyaman dan Lebih Sehat dari MK Wear -- Langkah Konkret Jenius & Komunitas Untuk Semua Perempuan -- (Ditunda) HeForShe Run 2020 --

Tags

please login to comment.

RELATED NEWS

Gerakan #HarusPeduli dan Evermos Bantu Tenaga Medis

Gerakan #HarusPeduli dan Evermos Bantu Tenaga Medis

READ MORE
Unjuk Karya, Eksposisi Produk dan Tebar Inspirasi dalam Wardah Days 2018

Unjuk Karya, Eksposisi Produk dan Tebar Inspirasi dalam Wardah Days 2018

READ MORE